TAHAPAN IMPLEMENTASI P5BK
TAHAPAN IMPLEMENTASI P5BK
SMK NEGERI 1 SINGKAWANG
TEMA PILIHAN | TEMA WAJIB | ||||||||||||||||
Tema 1 Gaya Hidup Berkelanjutan (68 JP) | Tema 2 Kearifan Lokal (62 JP)
| Tema 3 Bhineka Tunggal Ika (20 JP)
| Tema 4 Bangunlah Jiwa raganya (72 JP) | Tema 5 Suara Demokrasi (57 JP)
| Tema 6 Berekayasa dan berteknologi (55 JP) | Tema 7 Kewirausahaan (72 JP)
| Tema 8 Kebekerjaan (172 JP)
| Tema 9 Budaya Kerja (96 JP)
| |||||||||
Tahap Pengenalan | JP | Tahap Temukan: | JP | Aktivitas 1 | JP | Tahapan Pengenalan | JP | Tahapan Pengenalan | JP | Berempati: | JP | Tahap Pengenalan | JP | 1. /Kenali Diri Membangun Impian | 24 | 1a. Kontrak Belajar | 8 |
1. Pengenalan terhadap Perubahan iklim: realitas dan miskonsepsinya | 3 | 1 Pengantar Materi Kearifan Lokal | 2 | Berkenalan dengan Teman Baru: (Bagian I) | 2 | 1 Kenali perundungan dunia maya | 2 | 1. Membuat Mandala | 2 | 1. Kegiatan provokasi: Argumented Reality Project. | 1 | 1. Mengenal Wirausaha
| 4 | 2. Bekali Diri/ Literasi Digital | 24 | 1b. Komitmen Belajar | 8 |
2. Pengenalan terhadap gas efek rumah kaca: baik atau buruk? | 3 | 2 Bentuk dan Fungsi Kearifan Lokal | 2 | Aktivitas 2: |
| 2 Luaskan wawasan dan perdalam pemahamanmu | 3 | 2. Wacana Setara | 2 | 2. Curah pendapat tentang minat, inspirasi dan masalah. | 1 | 2. Menggali Potensi Diri
| 4 | 3. Eksplorasi Potensi Lokal | 24 | 2a. Membangun kerjasama meraih sukses (outbond) | 18 |
3. Pengenalan terhadap jejak karbon (carbon footprint) | 3 | 3 Pengaruh Identitas Kelompok pada Identitas Diri | 2 | Memahami Hukum dan Praktek Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan | 2.5 | 3 Jika aku menjadi kamu
| 2 | 3. Bermain Peran “Jalan Privelese” | 2 | 3. Pengenalan proses berpikir design. | 3 | 3. Menumbuhkan Sikap Wirausaha
| 4 | 4. Kemampuan Komunikasi Efektif (Public Speaking) | 24 | 2b. Membangun kerjasama meraih sukses (kerjasama membuat proyek barang) | 18 |
4. Sumber-sumber kontributor jejak karbon | 4 | 4 Identitas Diri dan Kelompok | 4 | Aktivitas 3 |
| 4 Aku belajar dari kamu (pembicara tamu) | 2 | 4. Presentasi dan Diskusi kritis | 4 | Membuat Definisi: |
| Tahap Kontekstualisasi |
| 5. Kolaborasi dalam dunia kerja | 16 | 3a. Membangun Kepercayaan Diri (kesamaptaan ringan) | 36 |
5. Sebab akibat yang dihasilkan jejak karbon | 4 | 5 Tantangan di Sekitarku | 2 | Kunjungan Ke Berbagai Rumah Ibadah | 5 | Tahapan Kontekstualisasi |
| 5. Pembicara Tamu | 4 | 4. Memilih masalah. | 1 | 4. Mengenal Potensi Daerah
| 8 | 6. Membangun Kreativitas dan Proaktif | 16 | 3b. Membangun Kepercayaan Diri (kesamaptaan berat) | 36 |
Tahap Kontekstualisasi |
| Tahap Bayangkan: |
| Aktivitas 4 |
| 5 Temukan perundungan di sekolah | 2 | Tahapan Kontekstual |
| 5. Membuat pertanyaan Bagaimana Kita Bisa? | 1 | 5. Analisis Sumberdaya Daerah
| 4 | 7. Aktualisasi Diri | 16 | 3c. Membangun Kepercayaan Diri (Pidato/ Presentasi) | 36 |
6. Melihat perubahan iklim di lingkungan sekitar dari video disertai diskusi | 2 | 6 Menelusur Warisan Masa Lampau | 25 | Nobar dan Bedah Film Keberagaman Keyakinan | 3 | 6 Lihatlah sekitarmu
| 3 | 6. Gaya Penggunaan Media Sosial Dalam Mengekspresikan Pendapat | 4 | 6. Memahami masalah. | 1 | 6. Kearifan Lokal dan Etika Berwirausaha
| 4 | 8. Penerapan Komunikasi dalam Wawancara | 12 | 4. Training 5R (Pemahaman Konsep dan Praktik 5R/ Konsep value stream and hiden factory. | 18
|
7. Melihat Indonesia sebagai contributor jejak karbon dari video disertai diskusi dan penulisan intisari video | 2 | 7 Benang Merah Keberlanjutan | 4 | Aktivitas 5 |
| 7 Apakah aku seorang perundung?
| 2 | 7. Gallery Walk | 4 | 7. Diskusi 5 mengapa | 1 | Tahap Perencanaan |
| 9. Personal Branding (Menuju Dunia Kerja) | 14 | 5. Penerapan 5R di sekolah (benchmarking)
| 16 |
8. Penjelasan variasi jenis sumber penyumbang jumlah jejak karbon negatif beserta alternatifnya | 2 | 8 Kondisi Impian | 2 | Berkenalan dengan Teman Baru: (Bagian II) | 2 | 8 Apakah aku seorang korban?
| 2 | 8.Pengumpulan Dokumentasi Pembelajaran (Portfolio) | 4 | 8. Pembagian kelompok | 1 | 7. Menggali dan Mengembangkan Ide
| 4 | 10. Rencana Tindak Lanjut (RTL dan Change Project) | 2 |
|
|
9. Menghitung jumlah jejak karbon pribadi | 4 | 9 Sesi Berbagi | 2 | Aktivitas 6 |
| Tahapan Aksi |
| 9. Pembicara Tamu | 4 | Mengembangkan Ide: |
| 8. Merencanakan Usaha
| 4 |
|
|
|
|
10. Mengelompokan dan riset mengenai jejak karbon diri sendiri | 2 | Tahap Lakukan: |
| Refleksi Mengenai Identitas Agama, Positionality (Posisi), Privilege (Hak Istimewa), dan Injustices (KetidakadilaN) | 2 | 9 Latih dirimu
| 2 | Tahapan Aksi |
| 9. Menyamakan persepsi kelompok. | 1 | 9. Berkolaborasi dan Bekerja sama
| 4 |
|
|
|
|
11. Mengumpulkan hasil hitungan jejak karbon 1 kelas | 2 | 10 Lestari Budaya Lokalku: Identifikasi Potensi Diri dan Kelompok | 2 | Aktivitas 7 |
| 10 Proses persiapan pementasan drama
| 15 | 10. Rumah Pintar Pemilu | 6 | 10. Curah pendapat ide | 1 | Tahap Aksi |
|
|
|
|
|
Tahap Aksi |
| 11 Lestari Budaya Lokalku: Menentukan Bentuk Aksi | 2 | Ikrar Merawat Keberagaman dan Rencana Aksi Bersama untuk Melawan Ketidakadilan | 3 | 11 Proses persiapan (pembuatan poster)
| 5 | 11.Perencanaan Pemilihan Ketua Osis | 2 | 11. Memilih ide untuk dikembangkan. | 1 | 10. Strategi dan Inovasi dalam Berwirausaha
| 4 |
|
|
|
|
12. Membuat hasil riset dalam bentuk poster (Asesmen formatif) | 5 | 12 Lestari Budaya Lokalku: Persiapan Aksi | 2 |
|
| 12 Proses latihan
| 18 | 12.Perencanaan Pemungutan Suara Untuk Pemilihan Ketua Osis | 2 | 12 Membuat tujuan yang spesifik dan timeline | 2 | 11. Penyempurnaan Karya dan Strategi
| 12 |
|
|
|
|
13. Penilaian poster jejak karbon (Asesmen formatif) | 5 | 13 Lestari Budaya Lokalku: Simulasi Aksi | 2 |
|
| 13 Pelaksanaan pementasan drama
| 8 | 13.Pemungutan suara untuk pemilihan ketua OSIS | 4 | 13. Presentasi tujuan kelompok | 2 | 12. Wirausaha Mandiri dan Berkelanjutan
| 12 |
|
|
|
|
14. Membuat kuesioner tentang jejak karbon | 4 | Tahap Bagikan: |
|
|
| Tahapan Refleksi |
| 14. Evaluasi Simulasi pemungutan suara untuk pemilihan ketua OSIS | 4 | 14. Membuat pertanyaan survey | 4 | Tahap Refleksi |
|
|
|
|
|
15. Pembagian kuesioner kepada warga sekolah | 5 | 14 Lestari Budaya Lokalku! | 4 |
|
| 14 Seberapa jauh aku melangkah?
| 3 | 15. Persiapan Pameran | 2 | 15. Membuat pertanyaan wawancara | 4 | 13.Refleksi |
4 |
|
|
|
|
16. Pengumpulan hasil wawancara: kontributor umum dan paling banyak. Presentasi setiap siswa dalam kelompok | 2 | 15 Evaluasi Aksi | 1 |
|
| 15 Tindak lanjut (menjadi upstanders) | 3 | 16. Pameran dan Formative Assessment | 4 | 16. Diskusi kelompok hasil pencarian informasi. | 2 |
|
|
|
|
|
|
17. Riset mengenai solusi pengurangan jumlah karbon yang telah dijalankan kelompok atau institusi tertentu | 3 | 16 Refleksi | 2 |
|
|
|
| 17. Ikrar Pelajar Menyuarakan Demokrasi | 2 | 17. Presentasi kelompok dari hasil diskusi | 2 |
|
|
|
|
|
|
Tahap Refleksi dan Tindak lanjut |
| 17 Cerita Perjalanan Aksiku | 2 |
|
|
|
| 18. Refleksi dan Summative Assessment | 1 | 18.Mengembangkan ide. | 4 |
|
|
|
|
|
|
18. Solusi cara mengurangi carbon footprint | 2 |
|
|
|
|
|
|
|
| Membuat Prototype |
|
|
|
|
|
|
|
19. Asesmen sumatif: Kampanye mengurangi jumlah jejak karbon | 8 |
|
|
|
|
|
|
|
| 19.Mengembangkan ide menjadi draft atau gambar coretan. | 2 |
|
|
|
|
|
|
20. Evaluasi akhir peserta didik dan kerja kelompok | 3 |
|
|
|
|
|
|
|
| 20. Membuat alur simulasi. | 2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| 21. Latihan animasi atau Augmented Reality | 2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| 22. Membuat prototype | 2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| Uji Coba & Peluncuran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| 23. Presentasi prototype dikelas. Diskusi dan tanya jawab.. | 2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| 24. Perbaikan prototipe. | 2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| 25 Membuat presentasi atau video simulasi. | 2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| 26. Menyiapkan pameran karya. | 2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| 27. Pameran karya | 4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| 28. Refleksi | 2 |
|
|
|
|
|
|
| 68 |
| 62 |
| 20 |
| 72 |
| 57 |
| 55 |
| 72 |
| 172 |
| 96 |
IPA / IPS |
| SEJARAH |
| AGAMA |
| BAHASA/ SENI |
| PKn |
| IPA / IPS/IT |
| EKONOMI |
| KWU |
| TEKNIK |
|
Komentar
Posting Komentar