TAHAPAN IMPLEMENTASI P5BK

 TAHAPAN IMPLEMENTASI P5BK

              SMK NEGERI 1 SINGKAWANG

 

TEMA PILIHAN

TEMA WAJIB

Tema 1

Gaya Hidup Berkelanjutan

(68 JP)

Tema 2

Kearifan Lokal

(62 JP)

 

Tema 3

Bhineka Tunggal Ika

(20 JP)

 

Tema 4

Bangunlah Jiwa raganya

(72 JP)

Tema 5

Suara Demokrasi

(57 JP)

 

Tema 6

Berekayasa dan berteknologi

(55 JP)

Tema 7

Kewirausahaan

(72 JP)

 

Tema 8

Kebekerjaan

(172 JP)

 

Tema 9

Budaya Kerja

(96 JP)

 

Tahap Pengenalan

JP

Tahap Temukan:

JP

Aktivitas 1

JP

Tahapan Pengenalan

JP

Tahapan Pengenalan

JP

Berempati:

JP

Tahap Pengenalan

JP

1. /Kenali Diri Membangun Impian

24

1a. Kontrak Belajar

8

1. Pengenalan terhadap Perubahan

iklim: realitas dan miskonsepsinya

3

1 Pengantar Materi Kearifan

Lokal

2

Berkenalan dengan Teman Baru: (Bagian I)

2

1 Kenali perundungan dunia maya

2

1. Membuat Mandala

2

1. Kegiatan provokasi: Argumented

Reality Project.

1

1. Mengenal Wirausaha

 

4

2. Bekali Diri/ Literasi Digital

24

1b. Komitmen Belajar

8

2. Pengenalan terhadap gas efek

rumah kaca: baik atau buruk?

3

2 Bentuk dan Fungsi Kearifan

Lokal

2

Aktivitas 2:

 

2 Luaskan wawasan dan perdalam pemahamanmu

3

2. Wacana Setara

2

2. Curah pendapat tentang minat,

inspirasi dan masalah.

1

2. Menggali Potensi Diri

 

4

3. Eksplorasi Potensi Lokal

24

2a. Membangun kerjasama meraih sukses (outbond)

18

3. Pengenalan terhadap jejak

karbon (carbon footprint)

3

3 Pengaruh Identitas

Kelompok pada Identitas

Diri

2

Memahami Hukum dan Praktek

Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan

2.5

3 Jika aku menjadi kamu

 

2

3. Bermain Peran “Jalan Privelese”

2

3. Pengenalan proses berpikir

design.

3

3. Menumbuhkan Sikap Wirausaha

 

4

4. Kemampuan Komunikasi Efektif

(Public Speaking)

24

2b. Membangun kerjasama meraih sukses

(kerjasama membuat proyek barang)

18

4. Sumber-sumber kontributor

jejak karbon

4

4 Identitas Diri dan

Kelompok

4

Aktivitas 3

 

4 Aku belajar dari kamu (pembicara tamu)

2

4. Presentasi dan Diskusi kritis

4

Membuat Definisi:

 

Tahap Kontekstualisasi

 

5. Kolaborasi dalam dunia kerja

16

3a. Membangun Kepercayaan Diri (kesamaptaan ringan)

36

5. Sebab akibat yang dihasilkan jejak

karbon

4

5 Tantangan di Sekitarku

2

Kunjungan Ke Berbagai Rumah Ibadah

5

Tahapan Kontekstualisasi

 

5. Pembicara Tamu

4

4. Memilih masalah.

1

4. Mengenal Potensi Daerah

 

8

6. Membangun Kreativitas dan Proaktif

16

3b. Membangun Kepercayaan Diri (kesamaptaan berat)

36

Tahap Kontekstualisasi

 

Tahap Bayangkan:

 

Aktivitas 4

 

5 Temukan perundungan di sekolah

2

Tahapan Kontekstual

 

5. Membuat pertanyaan

Bagaimana Kita Bisa?

1

5. Analisis Sumberdaya Daerah

 

4

7. Aktualisasi Diri

16

3c. Membangun Kepercayaan Diri (Pidato/ Presentasi)

36

6. Melihat perubahan iklim di

lingkungan sekitar dari video disertai

diskusi

2

6 Menelusur Warisan Masa

Lampau

25

Nobar dan Bedah Film Keberagaman Keyakinan

3

6 Lihatlah sekitarmu

 

3

6. Gaya Penggunaan Media Sosial Dalam

Mengekspresikan Pendapat

4

6. Memahami masalah.

1

6. Kearifan Lokal dan Etika Berwirausaha

 

4

8. Penerapan Komunikasi dalam Wawancara

12

4. Training 5R

(Pemahaman Konsep dan Praktik 5R/

Konsep value stream and hiden factory.

18

 

7. Melihat Indonesia sebagai

contributor jejak karbon dari video

disertai diskusi dan penulisan

intisari video

2

7 Benang Merah

Keberlanjutan

4

Aktivitas 5

 

7 Apakah aku seorang perundung?

 

2

7. Gallery Walk

4

7. Diskusi 5 mengapa

1

Tahap Perencanaan

 

9. Personal Branding (Menuju Dunia Kerja)

14

5. Penerapan 5R di sekolah

(benchmarking)

 

16

8. Penjelasan variasi jenis

sumber penyumbang jumlah

jejak karbon negatif beserta

alternatifnya

2

8 Kondisi Impian

2

Berkenalan dengan Teman Baru: (Bagian II)

2

8 Apakah aku seorang korban?

 

2

8.Pengumpulan Dokumentasi

Pembelajaran (Portfolio)

4

8. Pembagian kelompok

1

7. Menggali dan Mengembangkan Ide

 

4

10. Rencana Tindak Lanjut (RTL dan Change Project)

2

 

 

9. Menghitung jumlah jejak

karbon pribadi

4

9 Sesi Berbagi

2

Aktivitas 6

 

Tahapan Aksi

 

9. Pembicara Tamu

4

Mengembangkan Ide:

 

8. Merencanakan Usaha

 

4

 

 

 

 

10. Mengelompokan dan riset

mengenai jejak karbon diri sendiri

2

Tahap Lakukan:

 

Refleksi Mengenai Identitas Agama, Positionality (Posisi),

Privilege (Hak Istimewa), dan Injustices (KetidakadilaN)

2

9 Latih dirimu

 

2

Tahapan Aksi

 

9. Menyamakan persepsi kelompok.

1

9. Berkolaborasi dan Bekerja sama

 

4

 

 

 

 

11. Mengumpulkan hasil hitungan

jejak karbon 1 kelas

2

10 Lestari Budaya Lokalku:

Identifikasi Potensi Diri

dan Kelompok

2

Aktivitas 7

 

10 Proses persiapan pementasan drama

 

15

10. Rumah Pintar Pemilu

6

10. Curah pendapat ide

1

Tahap Aksi

 

 

 

 

 

Tahap Aksi

 

11 Lestari Budaya Lokalku:

Menentukan Bentuk Aksi

2

Ikrar Merawat Keberagaman dan Rencana Aksi

Bersama untuk Melawan Ketidakadilan

3

11 Proses persiapan (pembuatan poster)

 

5

11.Perencanaan Pemilihan

Ketua Osis

2

11. Memilih ide untuk

dikembangkan.

1

10. Strategi dan Inovasi dalam Berwirausaha

 

4

 

 

 

 

12. Membuat hasil riset dalam bentuk

poster (Asesmen formatif)

5

12 Lestari Budaya Lokalku:

Persiapan Aksi

2

 

 

12 Proses latihan

 

18

12.Perencanaan Pemungutan Suara

Untuk Pemilihan Ketua Osis

2

12 Membuat tujuan yang spesifik

dan timeline

2

11. Penyempurnaan Karya dan Strategi

 

12

 

 

 

 

13. Penilaian poster jejak karbon

(Asesmen formatif)

5

13 Lestari Budaya Lokalku:

Simulasi Aksi

2

 

 

13 Pelaksanaan pementasan drama

 

8

13.Pemungutan suara untuk

pemilihan ketua OSIS

4

13. Presentasi tujuan kelompok

2

12. Wirausaha Mandiri dan Berkelanjutan

 

12

 

 

 

 

14. Membuat kuesioner tentang

jejak karbon

4

Tahap Bagikan:

 

 

 

Tahapan Refleksi

 

14. Evaluasi Simulasi pemungutan suara

untuk pemilihan ketua OSIS

4

14. Membuat pertanyaan survey

4

Tahap Refleksi

 

 

 

 

 

15. Pembagian kuesioner

kepada warga sekolah

5

14 Lestari Budaya Lokalku!

4

 

 

14 Seberapa jauh aku melangkah?

 

3

15. Persiapan Pameran

2

15. Membuat pertanyaan

wawancara

4

13.Refleksi

 

4

 

 

 

 

16. Pengumpulan hasil wawancara:

kontributor umum dan paling banyak.

Presentasi setiap siswa dalam

kelompok

2

15 Evaluasi Aksi

1

 

 

15 Tindak lanjut (menjadi upstanders)

3

16. Pameran dan Formative

Assessment

4

16. Diskusi kelompok hasil

pencarian informasi.

2

 

 

 

 

 

 

17. Riset mengenai solusi

pengurangan jumlah karbon yang

telah dijalankan kelompok atau

institusi tertentu

3

16 Refleksi

2

 

 

 

 

17. Ikrar Pelajar Menyuarakan

Demokrasi

2

17. Presentasi kelompok dari hasil

diskusi

2

 

 

 

 

 

 

Tahap Refleksi dan Tindak lanjut

 

17 Cerita Perjalanan Aksiku

2

 

 

 

 

18. Refleksi dan Summative

Assessment

1

18.Mengembangkan ide.

4

 

 

 

 

 

 

18. Solusi cara mengurangi carbon

footprint

2

 

 

 

 

 

 

 

 

Membuat Prototype

 

 

 

 

 

 

 

19. Asesmen sumatif:

Kampanye mengurangi jumlah

jejak karbon

8

 

 

 

 

 

 

 

 

19.Mengembangkan ide menjadi

draft atau gambar coretan.

2

 

 

 

 

 

 

20. Evaluasi akhir peserta didik

dan kerja kelompok

3

 

 

 

 

 

 

 

 

20. Membuat alur simulasi.

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

21. Latihan animasi atau

Augmented Reality

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

22. Membuat prototype

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Uji Coba & Peluncuran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

23. Presentasi prototype dikelas.

Diskusi dan tanya jawab..

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

24. Perbaikan prototipe.

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

25 Membuat presentasi atau video

simulasi.

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

26. Menyiapkan pameran karya.

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

27. Pameran karya

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

28. Refleksi

2

 

 

 

 

 

 

 

68

 

62

 

20

 

72

 

57

 

55

 

72

 

172

 

96

IPA / IPS

 

SEJARAH

 

AGAMA

 

BAHASA/ SENI

 

PKn

 

IPA / IPS/IT

 

EKONOMI

 

KWU

 

TEKNIK

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SK PENGURUS KOPERASI

SOAL TEORI PRODUKTIF KRIA KAYU

Soal Latihan Tes TWK seleksi CPNS part: 2