ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN DAN DOMAIN CAPAIAN PEMBELAJARAN
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN DAN DOMAIN CAPAIAN PEMBELAJARAN
Fase : E
Kelas : X
Program Keahlian : Teknik Konstruksi dan Perumahan
Mata Pelajaran : Dasar-dasar Teknik Konstruksi dan Perumahan
Capaian Pembelajaran : 1. Peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian yang dipilihnya sehingga mampu menumbuhkan
passion dan vision untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar (Soft skills)
2. Peserta didik mampu memahami elemen-elemen kompetensi pada mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Konstruksi dan Perumahan (hard skills)
Pengajar : Samto,
Elemen:
1. Proses bisnis pada pekerjaan konstruksi dan perumahan
2. Perkembangan teknologi dan dunia kerja konstruksi dan perumahan
3. Profesi dan kewirausahaan (job- profile dan technopreneurship) serta peluang usaha pada pekerjaan konstruksi dan perumahan
4. Teknik dasar pekerjaan konstruksi dan perumahan
5. Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industry
6. Perhitungan statika bangunan
7. Dasar konstruksi bangunan dan perumahan
8. Ukur tanah
9. Gambar teknik
Elemen | Capaian pembelajaran | Konpetensi yang harus dikuasai sebelumnya | Konpetensi yang harus dikuasai diakhir fase-E | Profil pelajar pancasila | Tujuan pembelajaran | Materi | Jumlah jam pelajaran | Asesmen |
1. Proses bisnis pada pekerjaan konstruksi dan perumahan | Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami proses bisnis pada pekerjaan konstruksi dan perumahan meliputi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan perumahan.
|
| Memahami peluang bisnis konstruksi dan perumahan | bernalar kritis | Peserta didik menemukan ide pokok serta menjelaskan kembali isi materi dengan kata-kata sendiri tentang peluang bisnis konstruksi dan perumahan | E.01. Peluang dan Proses Bisnis Jasa Konstruksi dan Perumahan | 360 menit | Asesmen tidak tertulis (formatif): · Pertanyaan dan Diskusi kelas |
| Memahami perencanaan pembangunan perumahan | bernalar kritis, dan kreatif | Peserta didik mampu mengidentiffikasi perencanaan pembangunan perumahan | E.02. Perencanaan pembangunan perumahan | 360 menit | Asesmen tertulis (surmatif): · Kuis pertanyaan · Menerapkan umpan balik | ||
| Memahami pelaksanaan pembangunan perumahan | Kreatif dan mandiri | Peserta didik mampu merinci pelaksanaan pembangunan perumahan | E.03. Pelaksanaan pembangunan perumahan | 360 menit | Asesmen tertulis (sumatif): · Kuis pertanyaan · Menerapkan umpan balik | ||
2. Perkembangan teknologi dan dunia kerja konstruksi dan perumahan | Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami berbagai jenis pekerjaan di bidang konstruksi dan perumahan, perkembangan teknologi dalam bidang konstruksi dan perumahan, isu-isu global terkait green building dan sustainable building, serta spesifikasi dan karakteristik bahan bangunan sesuai dengan perkembangan teknologi berbasis green material.
|
| memahami berbagai jenis pekerjaan di bidang konstruksi dan perumahan, | bernalar kritis | Peserta didik mampu merinci jenis pekerjaan di bidang konstruksi dan perumahan, | E.04. Jenis-jenis pekerjaan di bidang konstruksi dan perumahan, | 360 menit | Asesmen tidak tertulis (formatif): · Pertanyaan dan Diskusi kelas |
| memahami perkembangan teknologi dalam bidang konstruksi dan perumahan | bernalar kritis | Peserta didik mmengerti makna informasi dan fakta perkembangan teknologi dalam bidang konstruksi dan perumahan | E.05. Perkembangan teknologi dalam bidang konstruksi dan perumahan | 360 menit | Asesmen tertulis (surmatif): · Kuis pertanyaan · Menerapkan umpan balik | ||
| memahami isu-isu global terkait green building dan sustainable building | bernalar kritis | Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta tentang isu-isu global terkait green building dan sustainable building | E.06. Green building dan sustainable building | 360 menit | Asesmen tertulis (sumatif): · Kuis pertanyaan · Menerapkan umpan balik | ||
3. Profesi dan kewirausahaan (job- profile dan technopreneurship) serta peluang usaha pada pekerjaan konstruksi dan perumahan | Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami profesi dan kewirausahaan (job- profile dan technopreneurship), serta peluang berwirausaha dalam bidang konstruksi dan perumahan, dengan melaksanakan pembelajaran berbasis proyek nyata sebagai simulasi proyek kewirausahaan.
|
| memahami profesi kewirausahaan (job- profile dan technopreneurship), | bernalar kritis | Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta profesi kewirausahaan (job- profile dan technopreneurship), | E.07. Profesi kewirausahaan (job- profile dan technopreneurship), | 360 menit | Asesmen tidak tertulis (formatif): · Pertanyaan dan Diskusi kelas |
| memahami peluang berwirausaha dalam bidang konstruksi dan perumahan, | bernalar kritis | Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta peluang berwirausaha dalam bidang konstruksi dan perumahan, | E.08. Peluang berwirausaha dalam bidang konstruksi dan perumahan, | 360 menit | Asesmen tertulis (surmatif): · Kuis pertanyaan · Menerapkan umpan balik | ||
| melaksanakan kewirausahaan berbasis proyek nyata. | Mandiri dan gotong royong | Peserta didik mampu melaksanakan kewirausahaan | E.09. Kewirausahaan berbasis proyek nyata. | 360 menit | Asesmen tertulis (sumatif): · Kuis pertanyaan · Menerapkan umpan balik | ||
4. Teknik dasar pekerjaan konstruksi dan perumahan | Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami teknik dasar konstruksi dan perumahan melalui pengenalan dan praktik dasar secara menyeluruh pada penggunaan peralatan dan teknologi yang digunakan di bidang konstruksi dan perumahan.
|
| memahami peralatan dan teknologi yang digunakan di bidang konstruksi dan perumahan. | Mandiri dan bernalar kritis | Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta peralatan dan teknologi yang digunakan di bidang konstruksi dan perumahan. | E.10. Peralatan dan teknologi di bidang konstruksi dan perumahan. | 360 menit | Asesmen tidak tertulis (formatif): · Pertanyaan dan Diskusi kelas |
| Melakukan praktik dasar penggunaan peralatan dan teknologi yang digunakan di bidang konstruksi dan perumahan. | Mandiri dan kreatif | Peserta didik mampu melaksanakan konsep dan ide praktik dasar penggunaan peralatan dan teknologi yang digunakan di bidang konstruksi dan perumahan. | E.11. Peralatan dan teknologi di bidang konstruksi dan perumahan. | 540 menit | Asesmen tertulis (surmatif): · Kuis pertanyaan · Menerapkan umpan balik | ||
5. Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industry | Pada akhir fase E, peserta didik mampu menerapkan K3LH dan budaya kerja industri, antara lain: praktik-praktik kerja yang aman, bahaya-bahaya di tempat kerja, prosedur-prosedur dalam keadaan darurat, dan penerapan budaya kerja industri (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin).
|
| Memahami K3LH dan budaya kerja industri, | Bernalar kritis | Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta K3LH dan budaya kerja industri, | E.12. K3LH dan budaya kerja industri, | 270 menit | Asesmen tidak tertulis (formatif): · Pertanyaan dan Diskusi kelas |
| Memahami bahaya-bahaya di tempat kerja | Bernalar kritis | Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta bahaya-bahaya di tempat kerja | E.13. Dasar-dasar K3 ditempat kerja (bahaya-bahaya di tempat kerja) | 180 menit | Asesmen tertulis (surmatif): · Kuis pertanyaan · Menerapkan umpan balik | ||
| Memahami prosedur-prosedur dalam keadaan darurat, | Mandiri dan bernalar kritis | Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta prosedur-prosedur dalam keadaan darurat, | E.14. Dasar-dasar K3 ditempat kerja (prosedur-prosedur dalam keadaan darurat,) | 180 menit | Asesmen tertulis (sumatif): · Kuis pertanyaan · Menerapkan umpan balik | ||
| menerapkan K3LH dan budaya kerja industri, | Mandiri | Peserta didik mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide K3LH dan budaya kerja industri, | E.15. Dasar-dasar K3 ditempat kerja | 180 menit | Asesmen tertulis (surmatif): · Kuis pilihan ganda · Kuis pertanyaan · Menerapkan umpan balik | ||
6. Perhitungan statika bangunan | Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami elemen-elemen struktur bangunan, perhitungan keseimbangan gaya pada struktur bangunan, dan perhitungan gaya batang pada rangka sederhana.
|
| memahami elemen-elemen struktur bangunan | Bernalar kritis | Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta elemen-elemen struktur bangunan | E.16. Struktur bangunan | 450 menit | Asesmen tidak tertulis (formatif): · Pertanyaan dan Diskusi kelas |
| Memahami perhitungan keseimbangan gaya pada struktur bangunan | Bernalar kritis, mandiri, dan kreatif | Peserta didik mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide perhitungan keseimbangan gaya pada struktur bangunan | E.17. Mekanika teknik | 540 menit | Asesmen tertulis (surmatif): · Kuis pertanyaan · Menerapkan umpan balik | ||
| Memahami perhitungan gaya batang pada rangka sederhana. | Bernalar kritis, mandiri, dan kreatif | Peserta didik mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide perhitungan gaya batang pada rangka sederhana. | E.18. Mekanika teknik | 540 menit | Asesmen tertulis (sumatif): · Kuis pertanyaan · Menerapkan umpan balik | ||
7. Dasar konstruksi bangunan dan perumahan | Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami spesifikasi dan karakteristik bahan bangunan, jenis pekerjaan konstruksi yang mendasari pelaksanaan pekerjaan konstruksi dan perumahan.
|
| mampu memahami spesifikasi dan karakteristik bahan bangunan. | Bernalar kritis, dan mandiri | Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta tentang spesifikasi dan karakteristik bahan bangunan | E.19. Ilmu bahan bangunan | 360 menit | Asesmen tidak tertulis (formatif): · Pertanyaan dan Diskusi kelas |
| mampu memahami jenis pekerjaan konstruksi yang mendasari pelaksanaan pekerjaan konstruksi dan perumahan. | Bernalar kritis, mandiri, dan kreatif | Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta tentang jenis pekerjaan konstruksi yang mendasari pelaksanaan pekerjaan konstruksi dan perumahan. | E.20. Ruang lingkup pekerjaan konstruksi | 450 menit | Asesmen tertulis (surmatif): · Kuis pertanyaan · Menerapkan umpan balik | ||
8. Ukur tanah | Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami jenis-jenis alat ukur, cara pengoperasian dan perawatan alat ukur sederhana maupun profesional (manual/digital) serta menghitung data hasil pengukuran untuk evaluasi.
|
| mampu memahami jenis-jenis alat ukur | Bernalar kritis, | Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta tentang jenis-jenis alat ukur. | E.21. Ilmu ukur (jenis-jenis alat ukur,) | 450 menit | Asesmen tidak tertulis (formatif): · Pertanyaan dan Diskusi kelas |
| mampu memahami cara pengoperasian dan perawatan alat ukur sederhana maupun profesional (manual/digital) | Bernalar kritis, mandiri, dan kreatif | Peserta didik mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide cara pengoperasian dan perawatan alat ukur sederhana maupun profesional (manual/digital) | E.22. Ilmu ukur (cara pengoperasian dan perawatan alat ukur) | 630 menit | Asesmen tertulis (surmatif): · Kuis pertanyaan · Menerapkan umpan balik | ||
| mampu menghitung data hasil pengukuran untuk evaluasi. | Bernalar kritis, mandiri, dan kreatif | Peserta didik mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide menghitung data hasil pengukuran untuk evaluasi. | E.23. Ilmu ukur (menghitung data hasil pengukuran) | 540 menit | Asesmen tertulis (sumatif): · Kuis pertanyaan · Menerapkan umpan balik | ||
9. Gambar teknik | Pada akhir fase E, peserta didik mampu menggambar teknik dasar, termasuk penggunaan alat gambar, pemahaman standar gambar teknik, gambar proyeksi orthogonal dan proyeksi piktoral, dan gambar 2D serta 3D.
|
| mampu memahami penggunaan alat gambar dan standar menggambar gambar teknik |
| Peserta didik mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide penggunaan alat gambar dan standar menggambar gambar teknik | E.24. Dasar-dasar arsitektur (alat dan standar menggambar teknik) | 540 menit | Asesmen tidak tertulis (formatif): · Pertanyaan dan Diskusi kelas |
| mampu menggambar teknik dasar, | Bernalar kritis, mandiri, dan kreatif | Peserta didik mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide menggambar teknik dasar, | E.25. Dasar-dasar arsitektur (menggambar teknik dasar,) | 630 menit | Asesmen tertulis (surmatif): · Kuis pertanyaan · Menerapkan umpan balik | ||
| mampu menggambar proyeksi orthogonal dan proyeksi piktoral | Bernalar kritis, mandiri, dan kreatif | Peserta didik mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide menggambar proyeksi orthogonal dan proyeksi piktoral. | E.26. Dasar-dasar arsitektur (menggambar proyeksi orthogonal dan proyeksi piktoral) | 630 menit | Asesmen tertulis (sumatif): · Kuis pertanyaan · Menerapkan umpan balik | ||
| mampu menggambar 2D serta 3D.
| Bernalar kritis, mandiri, dan kreatif | Peserta didik mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide menggambar 2D serta 3D. | E.27. Teknik Menggambar 2D serta 3D. | 630 menit | Asesmen tertulis (surmatif): · Kuis pilihan ganda · Kuis pertanyaan · Menerapkan umpan balik |
DOMAIN : | Dasar-dasar Teknik Konstruksi dan Perumahan (DTKP) | |||
CAPAIAN PEMBELAJARAN: | Pada akhir fase E (kelas X SMK), peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian yang dipilihnya sehingga mampu menumbuhkan passion dan vision untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. Selain itu pada akhir fase E pada aspek hard skills peserta didik mampu memahami elemen-elemen kompetensi pada mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Konstruksi dan Perumahan. | |||
Materi | Komponen Dasar-dasar Teknik Konstruksi dan Perumahan (DTKP) | Modul | JP | |
E.01. | Peserta didik menemukan ide pokok serta menjelaskan kembali isi materi dengan kata-kata sendiri tentang peluang bisnis konstruksi dan perumahan. | X | 8 | |
E.02. | Peserta didik mampu mengidentiffikasi perencanaan pembangunan perumahan | X | 8 | |
E.03. | Peserta didik mampu merinci pelaksanaan pembangunan perumahan | X | 8 | |
E.04. | Peserta didik mampu merinci jenis pekerjaan di bidang konstruksi dan perumahan, | X | 8 | |
E.05. | Peserta didik mmengerti makna informasi dan fakta perkembangan teknologi dalam bidang konstruksi dan perumahan | X | 8 | |
E.06. | Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta tentang isu-isu global terkait green building dan sustainable building | X | 8 | |
E.07. | Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta profesi kewirausahaan (job- profile dan technopreneurship), | X | 8 | |
E.08. | Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta peluang berwirausaha dalam bidang konstruksi dan perumahan, | X | 8 | |
E.09. | Peserta didik mampu melaksanakan kewirausahaan | X | 8 | |
E.10. | Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta peralatan dan teknologi yang digunakan di bidang konstruksi dan perumahan. | X | 8 | |
E.11. | Peserta didik mampu melaksanakan konsep dan ide praktik dasar penggunaan peralatan dan teknologi yang digunakan di bidang konstruksi dan perumahan. | X | 12 | |
E.12. | Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta K3LH dan budaya kerja industri, | X | 6 | |
E.13. | Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta bahaya-bahaya di tempat kerja | X | 4 | |
E.14. | Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta prosedur-prosedur dalam keadaan darurat, | X | 4 | |
E.15. | Peserta didik mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide K3LH dan budaya kerja industri, | X | 4 | |
E.16. | Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta elemen-elemen struktur bangunan | X | 10 | |
E.17. | Peserta didik mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide perhitungan keseimbangan gaya pada struktur bangunan | X | 12 | |
E.18. | Peserta didik mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide perhitungan gaya batang pada rangka sederhana. | X | 12 | |
E.19. | Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta tentang spesifikasi dan karakteristik bahan bangunan | X | 8 | |
E.20. | Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta tentang jenis pekerjaan konstruksi yang mendasari pelaksanaan pekerjaan konstruksi dan perumahan. | X | 10 | |
E.21. | Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta tentang jenis-jenis alat ukur. | X | 10 | |
E.22. | Peserta didik mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide cara pengoperasian dan perawatan alat ukur sederhana maupun profesional (manual/digital) | X | 14 | |
E.23. | Peserta didik mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide menghitung data hasil pengukuran untuk evaluasi. | X | 12 | |
E.24. | Peserta didik mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide penggunaan alat gambar dan standar menggambar gambar teknik | X | 12 | |
E.25. | Peserta didik mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide menggambar teknik dasar, | X | 14 | |
E.26. | Peserta didik mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide menggambar proyeksi orthogonal dan proyeksi piktoral. | X | 14 | |
E.27. | Peserta didik mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide menggambar 2D serta 3D. | X | 14 | |
Jumlah JP | 252 | |||
Komentar
Posting Komentar