ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN DAN DOMAIN CAPAIAN PEMBELAJARAN

 ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN DAN DOMAIN CAPAIAN PEMBELAJARAN

 

Fase                                                       : E

Kelas                                                     : X

Program Keahlian                            : Teknik Konstruksi dan Perumahan

Mata Pelajaran                                  : Dasar-dasar Teknik Konstruksi dan Perumahan

Capaian Pembelajaran                  : 1. Peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian yang dipilihnya sehingga mampu menumbuhkan

     passion dan vision untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar (Soft skills)

2.    Peserta didik mampu memahami elemen-elemen kompetensi pada mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Konstruksi dan Perumahan (hard skills)

Pengajar                                              : Samto,

 

Elemen:

1.       Proses bisnis pada pekerjaan konstruksi dan perumahan

2.       Perkembangan teknologi dan dunia kerja konstruksi dan perumahan

3.       Profesi dan kewirausahaan (job- profile dan technopreneurship) serta peluang usaha pada pekerjaan konstruksi dan perumahan

4.       Teknik dasar pekerjaan konstruksi dan perumahan

5.       Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industry

6.       Perhitungan statika bangunan

7.       Dasar konstruksi bangunan dan perumahan

8.       Ukur tanah

9.       Gambar teknik

 

Elemen

Capaian pembelajaran

Konpetensi yang harus dikuasai sebelumnya

Konpetensi yang harus dikuasai diakhir fase-E

Profil pelajar pancasila

Tujuan pembelajaran

Materi

Jumlah jam pelajaran

Asesmen

1.       Proses bisnis pada pekerjaan konstruksi dan perumahan

Pada akhir fase E,

peserta didik mampu memahami proses bisnis pada pekerjaan konstruksi dan perumahan meliputi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan perumahan.

 

 

Memahami peluang bisnis konstruksi dan perumahan

bernalar kritis

Peserta didik menemukan ide pokok serta menjelaskan kembali isi materi dengan kata-kata sendiri  tentang peluang bisnis konstruksi dan perumahan

E.01.

Peluang dan Proses Bisnis Jasa Konstruksi dan Perumahan

360 menit

Asesmen tidak tertulis (formatif):

·  Pertanyaan dan Diskusi kelas

 

Memahami perencanaan pembangunan perumahan

bernalar kritis, dan kreatif

Peserta didik mampu mengidentiffikasi  perencanaan pembangunan perumahan

E.02.

Perencanaan pembangunan perumahan

360 menit

Asesmen  tertulis (surmatif):

·  Kuis pertanyaan

·  Menerapkan umpan balik

 

Memahami pelaksanaan pembangunan perumahan

Kreatif dan mandiri

Peserta didik mampu merinci

pelaksanaan pembangunan perumahan

E.03.

Pelaksanaan pembangunan perumahan

360 menit

Asesmen  tertulis (sumatif):

·  Kuis pertanyaan

·  Menerapkan umpan balik

2.       Perkembangan teknologi dan dunia kerja konstruksi dan perumahan

Pada akhir fase E,

peserta didik mampu memahami berbagai jenis pekerjaan di bidang konstruksi dan perumahan, perkembangan teknologi dalam bidang konstruksi dan perumahan, isu-isu global terkait green building dan sustainable building, serta spesifikasi dan karakteristik bahan bangunan sesuai dengan perkembangan teknologi berbasis green material.

 

 

memahami berbagai jenis pekerjaan di bidang konstruksi dan perumahan,

bernalar kritis

Peserta didik mampu merinci

jenis pekerjaan di bidang konstruksi dan perumahan,

E.04.

Jenis-jenis  pekerjaan di bidang konstruksi dan perumahan,

360 menit

Asesmen tidak tertulis (formatif):

·  Pertanyaan dan Diskusi kelas

 

memahami perkembangan teknologi dalam bidang konstruksi dan perumahan

bernalar kritis

Peserta didik mmengerti makna informasi dan fakta perkembangan teknologi dalam bidang konstruksi dan perumahan

E.05.

Perkembangan teknologi dalam bidang konstruksi dan perumahan

360 menit

Asesmen  tertulis (surmatif):

·  Kuis pertanyaan

·  Menerapkan umpan balik

 

memahami isu-isu global terkait green building dan sustainable building

bernalar kritis

Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta  tentang isu-isu global terkait green building dan sustainable building

E.06.

Green building dan sustainable building

360 menit

Asesmen  tertulis (sumatif):

·  Kuis pertanyaan

·  Menerapkan umpan balik

3.       Profesi dan kewirausahaan (job- profile dan technopreneurship) serta peluang usaha pada pekerjaan konstruksi dan perumahan

Pada akhir fase E,

peserta didik mampu memahami profesi dan kewirausahaan (job- profile dan technopreneurship), serta peluang berwirausaha dalam bidang konstruksi dan perumahan, dengan melaksanakan pembelajaran berbasis proyek nyata sebagai simulasi proyek kewirausahaan.

 

 

memahami profesi kewirausahaan (job- profile dan technopreneurship),

bernalar kritis

Peserta didik  mengerti makna informasi dan fakta  profesi kewirausahaan (job- profile dan technopreneurship),

E.07.

Profesi kewirausahaan (job- profile dan technopreneurship),

360 menit

Asesmen tidak tertulis (formatif):

·  Pertanyaan dan Diskusi kelas

 

memahami peluang berwirausaha dalam bidang konstruksi dan perumahan,

bernalar kritis

Peserta didik  mengerti makna informasi dan fakta   peluang berwirausaha dalam bidang konstruksi dan perumahan,

E.08.

Peluang berwirausaha dalam bidang konstruksi dan perumahan,

360 menit

Asesmen  tertulis (surmatif):

·  Kuis pertanyaan

·  Menerapkan umpan balik

 

melaksanakan kewirausahaan berbasis proyek nyata.

Mandiri dan gotong royong

Peserta didik  mampu melaksanakan kewirausahaan

E.09.

Kewirausahaan berbasis proyek nyata.

360 menit

Asesmen  tertulis (sumatif):

·  Kuis pertanyaan

·  Menerapkan umpan balik

4.       Teknik dasar pekerjaan konstruksi dan perumahan

Pada akhir fase E,

peserta didik mampu memahami teknik dasar konstruksi dan perumahan melalui pengenalan dan praktik dasar secara menyeluruh pada penggunaan peralatan dan teknologi yang digunakan di bidang konstruksi dan perumahan.

 

 

memahami  peralatan dan teknologi yang digunakan di bidang konstruksi dan perumahan.

Mandiri dan bernalar kritis

Peserta didik  mengerti makna informasi dan fakta  peralatan dan teknologi yang digunakan di bidang konstruksi dan perumahan.

E.10.

Peralatan dan teknologi di bidang konstruksi dan perumahan.

360 menit

Asesmen tidak tertulis (formatif):

·  Pertanyaan dan Diskusi kelas

 

Melakukan  praktik dasar penggunaan peralatan dan teknologi yang digunakan di bidang konstruksi dan perumahan.

Mandiri dan kreatif

Peserta didik  mampu melaksanakan konsep dan ide  praktik dasar penggunaan peralatan dan teknologi yang digunakan di bidang konstruksi dan perumahan.

E.11.

Peralatan dan teknologi di bidang konstruksi dan perumahan.

540 menit

Asesmen  tertulis (surmatif):

·  Kuis pertanyaan

·  Menerapkan umpan balik

5.       Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industry

Pada akhir fase E,

peserta didik mampu menerapkan K3LH dan budaya kerja industri, antara lain: praktik-praktik kerja yang aman, bahaya-bahaya di tempat kerja, prosedur-prosedur dalam keadaan darurat, dan penerapan budaya kerja industri (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin).

 

 

Memahami K3LH dan budaya kerja industri,

Bernalar kritis

Peserta didik  mengerti makna informasi dan fakta   K3LH dan budaya kerja industri,

E.12.

K3LH dan budaya kerja industri,

270 menit

Asesmen tidak tertulis (formatif):

·  Pertanyaan dan Diskusi kelas

 

Memahami  bahaya-bahaya di tempat kerja

Bernalar kritis

Peserta didik  mengerti makna informasi dan fakta    bahaya-bahaya di tempat kerja

E.13.

Dasar-dasar K3 ditempat kerja  (bahaya-bahaya di tempat kerja)

180 menit

Asesmen  tertulis (surmatif):

·  Kuis pertanyaan

·  Menerapkan umpan balik

 

Memahami  prosedur-prosedur dalam keadaan darurat,

Mandiri dan bernalar kritis

Peserta didik  mengerti makna informasi dan fakta    prosedur-prosedur dalam keadaan darurat,

E.14.

Dasar-dasar K3 ditempat kerja  (prosedur-prosedur dalam keadaan darurat,)

180 menit

Asesmen  tertulis (sumatif):

·  Kuis pertanyaan

·  Menerapkan umpan balik

 

menerapkan K3LH dan budaya kerja industri,

Mandiri

Peserta didik  mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide K3LH dan budaya kerja industri,

E.15.

Dasar-dasar K3 ditempat kerja

180 menit

Asesmen  tertulis (surmatif):

·  Kuis pilihan ganda

·  Kuis pertanyaan

·  Menerapkan umpan balik

6.       Perhitungan statika bangunan

Pada akhir fase E,

peserta didik mampu memahami elemen-elemen struktur bangunan, perhitungan keseimbangan gaya pada struktur bangunan, dan perhitungan gaya batang pada rangka sederhana.

 

 

memahami elemen-elemen struktur bangunan

Bernalar kritis

Peserta didik  mengerti makna informasi dan fakta     elemen-elemen struktur bangunan

E.16.

Struktur bangunan

450 menit

Asesmen tidak tertulis (formatif):

·  Pertanyaan dan Diskusi kelas

 

Memahami  perhitungan keseimbangan gaya pada struktur bangunan

Bernalar kritis, mandiri, dan kreatif

Peserta didik  mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide  perhitungan keseimbangan gaya pada struktur bangunan

E.17.

Mekanika teknik

540 menit

Asesmen  tertulis (surmatif):

·  Kuis pertanyaan

·  Menerapkan umpan balik

 

Memahami perhitungan gaya batang pada rangka sederhana.

Bernalar kritis, mandiri, dan kreatif

Peserta didik  mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide   perhitungan gaya batang pada rangka sederhana.

E.18.

Mekanika teknik

540 menit

Asesmen  tertulis (sumatif):

·  Kuis pertanyaan

·  Menerapkan umpan balik

7.       Dasar konstruksi bangunan dan perumahan

Pada akhir fase E,

peserta didik mampu memahami spesifikasi dan karakteristik bahan bangunan, jenis pekerjaan konstruksi yang mendasari pelaksanaan pekerjaan konstruksi dan perumahan.

 

 

mampu memahami spesifikasi dan karakteristik bahan bangunan.

Bernalar kritis, dan mandiri

Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta  tentang spesifikasi dan karakteristik bahan bangunan

E.19.

Ilmu bahan bangunan

360 menit

Asesmen tidak tertulis (formatif):

·  Pertanyaan dan Diskusi kelas

 

mampu memahami  jenis pekerjaan konstruksi  yang mendasari pelaksanaan pekerjaan konstruksi dan perumahan.

Bernalar kritis, mandiri, dan kreatif

Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta  tentang  jenis pekerjaan konstruksi  yang mendasari pelaksanaan pekerjaan konstruksi dan perumahan.

E.20.

Ruang lingkup pekerjaan konstruksi

450 menit

Asesmen  tertulis (surmatif):

·  Kuis pertanyaan

·  Menerapkan umpan balik

8.       Ukur tanah

Pada akhir fase E,

peserta didik mampu memahami jenis-jenis alat ukur, cara pengoperasian dan perawatan alat ukur sederhana maupun profesional (manual/digital) serta menghitung data hasil pengukuran untuk evaluasi.

 

 

mampu memahami jenis-jenis alat ukur

Bernalar kritis,

Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta  tentang   jenis-jenis alat ukur.

E.21.

Ilmu ukur  (jenis-jenis alat ukur,)

450 menit

Asesmen tidak tertulis (formatif):

·  Pertanyaan dan Diskusi kelas

 

mampu memahami  cara pengoperasian dan perawatan alat  ukur sederhana maupun profesional (manual/digital)

Bernalar kritis, mandiri, dan kreatif

Peserta didik  mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide cara pengoperasian dan perawatan alat  ukur sederhana maupun profesional (manual/digital)

E.22.

Ilmu ukur (cara pengoperasian dan perawatan alat ukur)

630 menit

Asesmen  tertulis (surmatif):

·  Kuis pertanyaan

·  Menerapkan umpan balik

 

mampu menghitung data hasil pengukuran untuk evaluasi.

Bernalar kritis, mandiri, dan kreatif

Peserta didik  mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide  menghitung data hasil pengukuran untuk evaluasi.

E.23.

Ilmu ukur   (menghitung data hasil pengukuran)

540 menit

Asesmen  tertulis (sumatif):

·  Kuis pertanyaan

·  Menerapkan umpan balik

9.       Gambar teknik

Pada akhir fase E,

peserta didik mampu menggambar teknik dasar, termasuk penggunaan alat gambar, pemahaman standar gambar teknik, gambar proyeksi orthogonal dan proyeksi piktoral, dan gambar 2D serta 3D.

 

 

mampu memahami penggunaan alat gambar  dan standar menggambar gambar teknik

 

Peserta didik  mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide   penggunaan alat gambar  dan standar menggambar gambar teknik

E.24.

Dasar-dasar arsitektur  (alat dan standar menggambar teknik)

540 menit

Asesmen tidak tertulis (formatif):

·  Pertanyaan dan Diskusi kelas

 

mampu menggambar teknik dasar,

Bernalar kritis, mandiri, dan kreatif

Peserta didik  mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide  menggambar teknik dasar,

E.25.

Dasar-dasar arsitektur  (menggambar teknik dasar,)

630 menit

Asesmen  tertulis (surmatif):

·  Kuis pertanyaan

·  Menerapkan umpan balik

 

mampu menggambar proyeksi orthogonal dan proyeksi piktoral

Bernalar kritis, mandiri, dan kreatif

Peserta didik  mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide   menggambar proyeksi orthogonal dan proyeksi piktoral.

E.26.

Dasar-dasar arsitektur (menggambar proyeksi orthogonal dan proyeksi piktoral)

630 menit

Asesmen  tertulis (sumatif):

·  Kuis pertanyaan

·  Menerapkan umpan balik

 

mampu menggambar 2D serta 3D.

 

Bernalar kritis, mandiri, dan kreatif

Peserta didik  mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide    menggambar 2D serta 3D.

E.27.

Teknik Menggambar 2D serta 3D.

630 menit

Asesmen  tertulis (surmatif):

·  Kuis pilihan ganda

·  Kuis pertanyaan

·  Menerapkan umpan balik

 

 

 

 

DOMAIN                                :

Dasar-dasar Teknik Konstruksi dan Perumahan  (DTKP)

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

Pada akhir fase E (kelas X SMK), peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian yang dipilihnya sehingga mampu menumbuhkan passion dan vision untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. Selain itu pada akhir fase E pada aspek hard skills peserta didik mampu memahami elemen-elemen kompetensi pada mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Konstruksi dan Perumahan.

 

Materi

Komponen Dasar-dasar Teknik Konstruksi dan Perumahan  (DTKP)

Modul

JP

E.01.

Peserta didik menemukan ide pokok serta menjelaskan kembali isi materi dengan kata-kata sendiri  tentang peluang bisnis konstruksi dan perumahan.

X

8

E.02.

Peserta didik mampu mengidentiffikasi  perencanaan pembangunan perumahan

X

8

E.03.

Peserta didik mampu merinci

pelaksanaan pembangunan perumahan

X

8

E.04.

Peserta didik mampu merinci

jenis pekerjaan di bidang konstruksi dan perumahan,

X

8

E.05.

Peserta didik mmengerti makna informasi dan fakta perkembangan teknologi dalam bidang konstruksi dan perumahan

X

8

E.06.

Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta  tentang isu-isu global terkait green building dan sustainable building

X

8

E.07.

Peserta didik  mengerti makna informasi dan fakta  profesi kewirausahaan (job- profile dan technopreneurship),

X

8

E.08.

Peserta didik  mengerti makna informasi dan fakta   peluang berwirausaha dalam bidang konstruksi dan perumahan,

X

8

E.09.

Peserta didik  mampu melaksanakan kewirausahaan

X

8

E.10.

Peserta didik  mengerti makna informasi dan fakta  peralatan dan teknologi yang digunakan di bidang konstruksi dan perumahan.

X

8

E.11.

Peserta didik  mampu melaksanakan konsep dan ide  praktik dasar penggunaan peralatan dan teknologi yang digunakan di bidang konstruksi dan perumahan.

X

12

E.12.

Peserta didik  mengerti makna informasi dan fakta   K3LH dan budaya kerja industri,

X

6

E.13.

Peserta didik  mengerti makna informasi dan fakta    bahaya-bahaya di tempat kerja

X

4

E.14.

Peserta didik  mengerti makna informasi dan fakta    prosedur-prosedur dalam keadaan darurat,

X

4

E.15.

Peserta didik  mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide K3LH dan budaya kerja industri,

X

4

E.16.

Peserta didik  mengerti makna informasi dan fakta     elemen-elemen struktur bangunan

X

10

E.17.

Peserta didik  mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide  perhitungan keseimbangan gaya pada struktur bangunan

X

12

E.18.

Peserta didik  mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide   perhitungan gaya batang pada rangka sederhana.

X

12

E.19.

Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta  tentang spesifikasi dan karakteristik bahan bangunan

X

8

E.20.

Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta  tentang  jenis pekerjaan konstruksi  yang mendasari pelaksanaan pekerjaan konstruksi dan perumahan.

X

10

E.21.

Peserta didik mengerti makna informasi dan fakta  tentang   jenis-jenis alat ukur.

X

10

E.22.

Peserta didik  mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide cara pengoperasian dan perawatan alat  ukur sederhana maupun profesional (manual/digital)

X

14

E.23.

Peserta didik  mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide  menghitung data hasil pengukuran untuk evaluasi.

X

12

E.24.

Peserta didik  mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide   penggunaan alat gambar  dan standar menggambar gambar teknik

X

12

E.25.

Peserta didik  mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide  menggambar teknik dasar,

X

14

E.26.

Peserta didik  mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide   menggambar proyeksi orthogonal dan proyeksi piktoral.

X

14

E.27.

Peserta didik  mampu melaksanakan fakta, konsep dan ide    menggambar 2D serta 3D.

X

14

Jumlah JP

252


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SK PENGURUS KOPERASI

SOAL TEORI PRODUKTIF KRIA KAYU

Soal Latihan Tes TWK seleksi CPNS part: 2