Asesmen Diagnostik
Rancangan Asesmen Diagnostik
Jenjang/ Kelas | X |
Capaian Pembelajaran | 1. peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian yang dipilihnya sehingga mampu menumbuhkan passion dan vision untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar (Soft skills) 2. peserta didik mampu memahami elemen-elemen kompetensi pada mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Konstruksi dan Perumahan (hard skills)
|
1. Tujuan Pembelajaran | 1. Peserta didik menemukan ide pokok serta menjelaskan kembali isi materi dengan kata-kata sendiri tentang peluang bisnis konstruksi dan perumahan 2. Peserta didik mampu mengidentiffikasi perencanaan pembangunan perumahan 3. Peserta didik mampu merinci pelaksanaan pembangunan perumahan |
A. Asesmen Non-Kognitif
Informasi apa saja yang ingin digali? | Pertanyaan kunci yang ingin ditanyakan |
Kesejahteraan psikologi dan sosial emosi siswa | Bagaimana perasaan anda selama mengikuti kegiatan pembelajaran dari rumah? |
Aktivitas belajar siswa selama di rumah | Apa saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar dari rumah? |
Kondisi keluarga dan pergaulan siswa | Bagaimana keadaan keluarga anda? |
Langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan? | Alat bantu apa yang dibutuhkan? |
Persiapan | 1. Siapkan alat bantu berupa gambar ekspresi emosi 2. Buat daftar pertanyaan kunci, seperti: |
Pelaksanaan | 1. Berikan gambar emosi ke siswa 2. Minta siswa mengekspresikan perasaannya selama belajar di rumah dengan bercerita, membuat tulisan atau menggambar |
Tindak lanjut | 1. Identifikasi siswa dengan ekspresi emosi negatif dan ajak berdiskusi empat mata 2. Menentukan tindak lanjut dan mengkomunikasikan dengan siswa serta orang tua bila diperlukan 3. Ulangi pelaksanaan asesmen nonkognitif pada awal pembelajaran |
B. Asesmen Kognitif
Waktu Asesmen | 20 Juli 2021 | Durasi Asesmen | 45 menit |
Identifikasi materi yang akan diujikan | Pertanyaan | Kemungkinan Jawaban | Skor (Katego ri) | Rencana Tindak Lanjut |
Peluang dan Proses Bisnis Jasa Konstruksi dan Perumahan | 1. Apa saja peluang usaha, kareir dan lapangan pekerjaan di bidang teknik konstruksi dan perumahan… | 1) Pengembang/developer perumahan 2) Pelaksana/ kontraktor 3) Pengawas pekerjaan konstruksi dan perumahan 4) Perencana pekerjaan konstruksi dan perumahan 5) Jasa penyedia tenaga kerja/tukang 6) Supplier bahan bangunan 7) Agen penjualan perumahan 8) Jasa sewa alat pekerjaan konstruksi | 4
| 1. Melakukan pengolahan hasil asesmen o Melakukan penilaian untuk masing-masing murid, dengan memberikan nilai 1 apabila jawaban benar, dan nilai 0 apabila jawaban salah. Jadi, seorang murid yang bisa menjawab dengan benar 10 soal akan mendapatkan nilai 10. o Menghitung rata-rata kelas, dengan menambahkan nilai total semua murid, dan membagi dengan jumlah murid yang mengikuti asesmen awal. 2. Berdasarkan hasil penilaian, membagi siswa menjadi 3 kelompok o Siswa dengan rata-rata kelas akan diajar oleh guru o Siswa 1 semester di bawah rata-rata mendapatkan pelajaran tambahan dari guru o Siswa 2 semester di bawah rata-rata akan dititipkan ke kelas di bawah, atau dibuatkan kelompok belajar yang didampingi orang tua, anggota keluarga, dan pendamping lainnya yang relevan 3. Melakukan penilaian pembelajaran topik yang sudah diajarkan sebelum memulai topik pembelajaran baru 4. Mengulangi proses yang sama, sampai siswa mencapai tingkat kompetensi yang diharapkan.
|
Perencanaan pembangunan perumahan | 2. Siapa saja yang boleh menjadi pengembang atau developer perumahan .... | Badan usaha maupun perorangan. | 4 | |
3. Apa saja tugas konsultan perencana ...
| merencanakan struktur, mekanikan elektrikal, arsitektur, lanscape, rencana anggaran biaya (RAB) serta dokumen-dokumen pelengkap lainnya. | 4 | ||
Pelaksanaan pembangunan perumahan | 4. Suatu pekerjaan konstruksi dilaksanakan melalui beberapa tahapan, Apa saja tahapan proyek konstruksi dan perumahan tersebut … | 1) Tahap perencanaan (planning ) 2) Tahap perancangan (design ) 3) Tahap pengadaan/pelelangan (tender) 4) Tahap pelaksanaan (construction ) | 4 | |
5. Apa saja ruang lingkup pengawasan penyelenggaraan pekerjaan konstruksi …
| 1) Pengawasan terhadap pengendalian pelaksanaan kontrak; 2) Pengawasan terhadap pelaksanaan fisik konstruksi (tahap penyiapan, pengerjaan & pengakhiran); 3) Pengawasan terhadap tertib administrasi keuangan; | 4 |
Langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan? | Alat bantu apa yang dibutuhkan? |
Persiapan | 1. Membuat jadwal pelaksanaan asesmen 2. Mengidentifikasi materi asesmen berdasarkan penyederhanaan kompetensi dasar yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 3. Menyusun 10 soal sederhana: |
Pelaksanaan | Memberikan soal asesmen untuk semua siswa di kelas, baik secara tatap muka ataupun Belajar dari Rumah |
Tindak lanjut | 1. Melaakukan diagnosis penilaian hasil asesmen 2. Berdasarkan hasil diagnosis penilaian, bagi siswa menjadi 3 kelompok: o Siswa dengan rata-rata kelas akan diajar oleh guru kelas o Siswa 1 semester di bawah rata-rata, mendapatkan pelajaran tambahan dari guru kelas o Siswa 2 semester di bawah rata-rata, akan dititipkan ke guru kelas di bawah atau membuat kelompok belajar yang didampingi orang tua, anggota keluarga atau pendamping lainnya yang relevan 3. Melakukan penilaian pembelajaran topik yang sudah diajarkan sebelum memulai topik pembelajaran baru 4. Mengulangi proses yang sama di setiap awal pembelajaran selama masa pandemi untuk melakukan adaptasi materi pembelajaran sesuai tingkat kemampuan siswa |
Komentar
Posting Komentar