RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) P5BK

 RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN BUDAYA KERJA (P5BK)

SMK NEGERI 1 SINGKAWANG

Nama Sekolah                  : SMKN 1 Singkawang

Bidang Keahlian               : Semua Bidang Keahlian

Program Keahlian                        : Semua Program Keahlian

Kelas/Semester                : X / Genap

Tahun Pelajaran               : 2021/2022

Nama Pengajar                : …………………………

Hari/tgl/

Bulan

Tema / Materi

Metode mengajar

Kegiatan

Belajar Siswa

Alat dan bahan

Tagihan/ Produk

Sumber belajar

Perayaan hasil belajar

 

Tema 2. Kearifan Lokal

(62 JP)

 

 

 

 

 

 

 

Tahap Temukan:

 

 

 

 

 

 

Minggu pertama bulan Januari 2022

1 Pengantar Materi Kearifan

Lokal (2 JP)

Projeck Base Learning (PBL)

Eksplorasi diri:

1). menulis pepatah / peribahasa / nasihat-nasihat orang tua atau orang dewasa yang masih diingat sampai saat ini.

2). Presentasi pepatah / peribahasa / nasihat-nasihat orang tua.

1. Kertas A4/F4

2. Alat Tulis

3. Infocus,

4. Laptop, dll

Kumpulan pepatah / peribahasa / nasihat-nasihat orang tua.

1.       Modul Tema 2

2.       Internet

 

Presentasi antar kelas  (the best)

“pepatah / peribahasa / nasihat-nasihat orang tua” 

Minggu pertama bulan Januari 2022

2 Bentuk dan Fungsi Kearifan

Lokal (2 JP)

Resitasi (Penugasan resume) isi video “Nandong Smong”.

 

1). Menggali informasi tentang “Nandong Smong”.

2). menceritakan hasil temuan mereka dari tugas aktivitas tentang “Nandong Smong”

1. Kertas A4/F4

2. Alat Tulis

3. Infocus,

4. Laptop,

5. Video, dll

Dokumen resume isi video “Nandong Smong”.

 

1.       Modul Tema 2

2.       Video “Nandong Smong”.

3.       Internet/ Youtube.

https://www.youtube.com/watch?v= gN0YBkSROK4&t=2s

https://www.youtube.com/watch?v= s5_zs050Ztk

https://www.youtube.com/watch?v= Pj9J4x_Jado

Presentasi antar kelas (the best)

“menceritakan hasil aktivitas tentang isi video Nandong Smong.”

Minggu Kedua bulan Januari 2022

3 Pengaruh Identitas

Kelompok pada Identitas

Diri (2 JP)

Role play (bermain peran) Good Talent

Eksplorasi Kelompok:

1). mengidentifikasi identitas kelompok yang melekat pada identitas diri (minat, bakat, hobby).

2). mengenal identitasnya

3). Eksplorasi minat, bakat, dan hobby dibidang seni.

1. Kertas A4/F4

2. Alat Tulis

3. Infocus,

4. Laptop.

5. Alat kesenian,

6. Lembar kenali diri dll

1). Lembar kenali diri “Siapa Aku”

2). Kumpulan daftar kelompok (minat, bakat, hobby)

 

1.       Modul Tema 2

2.       Internet/ youtube

 

Pementasan Good Talenta  (the best)

(Seni Pertunjukan minat, bakat, hobby.)

Minggu Kedua/ ketiga bulan Januari 2022

4 Identitas Diri dan

Kelompok (4 JP)

Projeck Base Learning (PBL)

Eksplorasi Kelompok:

1). mengenali dan

mengidentifikasi bentuk

sebuah kelompok

2).memetakan identitas kelompok (minat, bakat, hobby) spt kelompok paskibra, basket, sepak bola, bola voly, mading, badminton, dll.

3). merefleksikan video yang

telah ditonton

1. Kertas A4/F4

2. Alat Tulis

3. Infocus,

4. Laptop.

5, Video,

6. lembar kerja dll

Dokumentasi lembar kerja (mapping kelompok ahli)

1.       Modul Tema 2

2.       Internet/ youtube

https://www.youtube.com/watch?v=

w43mH71TnuI

https://www.youtube.com/watch?v= 3BxH_pu00XM

 

Pementasan Good Talenta dibidang Olah Raga

(the best)

(minat, bakat, hobby.)

Minggu Ketiga bulan Januari 2022

5 Tantangan di Sekitarku

(2 JP)

Resitasi (Penugasan resume) tantangan dan masalah yang terjadi di lingkungan sekitar sekolah

 

Eksplorasi Kelompok:

1). merasakan tantangan atau

masalah yang terjadi di lingkungan sekitar sekolah dengan menggunakan inderanya.

2). mendokumentasikan tantangan atau masalah yang dirasakan.

3). perwakilan tiap kelompok

menceritakan masalah yang paling dirasa meresahkan.

1. Kertas A4/F4

2. Alat Tulis

3. Infocus,

4. Laptop.

5. lembar kerja, dll

Lembar kerja/ refleksi

“Sungai Rasa”

1.       Modul Tema 2

2.       Internet

 

-

Jum’at, 28 /01/2022

Minggu Keempat bulan Januari 2022

 

Perayaan Hasil Belajar Semua Kelas/ Program Keahlian (lokasi Aula)

Jam ke 3 - 4

SDA

(sub tema 1,2,3)

 

Tahap Bayangkan:

 

 

 

 

 

 

Minggu pertama – kedua bulan Februari 2022

6 Menelusur Warisan Masa

Lampau (25 JP)

Karya Wisata

(Studi Observasi)

“Destinasi Budaya Lokal”

(Kunjungan Museum)

Eksplorasi diri:

1). Melakukan kunjungan destinasi budaya local

2). Menelusuri bentuk-bentuk kearifan local

3). Mencari tahu tujuan /manfaat /fungsi dari kearifan local

4). Menemukan kekuatan atau potensi

masyarakat

1. Kertas A4/F4/ buku tulis

2. Alat Tulis

3. Sarana transportasi

4. Lokasi destinasi, dll

Resume

1). bentuk-bentuk kearifan local

2). tujuan /manfaat /fungsi dari kearifan local

3). kekuatan   atau potensi masyarakat

1.       Modul Tema 2

2.       Lokasi destinasi budaya

3.       Nara sumber  destinasi budaya

 

Presentasi perwakilan antar kelas tentang hasil kunjungan destinasi budaya lokal

Minggu ketiga bulan Februari 2022

7 Benang Merah

Keberlanjutan (4 JP)

Latihan Keterampilan

 identifikas, analisis, dan kritisi kearifan

Local.

Eksplorasi diri:

1). mengidentifikasi bentuk kearifan lokal yang ada di wilayahnya beserta fungsinya bagi masyarakat

2). menganalisis bentuk kearifan lokal yang ada dan bagaimana hubungannya dengan struktur

geografi, demografi, dan psikografis di sekitarnya

3). Mengkritisi kekuatan atau potensi masyarakat

1. Kertas A4/F4

2. Alat Tulis

3. Infocus,

4. Laptop.

5. lembar kerja, dll

Lembar kerja

1). APA (bentuk kearifan lokal

yang ditemui)

2). MENGAPA

(makna / asal muasal dari bentuk kearifan lokal yang ditemui)

1.       Modul Tema 2

2.       Internet

3.       Lingkungan sekitar

 

Presentasi kelas tentang:

1). bentuk kearifan lokal beserta fungsinya

2). Kekuatan/ potensi masyarakat

Jum’at, 25 /02/2022

Minggu Keempat bulan Februari 2022

Perayaan Hasil Belajar Semua Kelas/ Program Keahlian (lokasi Aula)

Jam ke 3 - 4

SDA

(sub tema 6,7)

Minggu pertama bulan Maret 2022

8 Kondisi Impian (2 JP)

Tanya Jawab

Eksplorasi diri:

menuliskan /

menggambarkan kondisi

ideal / harapan terkait

tantangan / masalah yang

ia temui.

1. Kertas A4/F4

2. Alat Tulis

3. Infocus,

4. Laptop.

5. kolase, dll

Catatan temuan tentang kondisi

ideal / harapan terkait tantangan / masalah.

1.       Modul Tema 2

2.       Internet

3.       Lingkungan sekitar

4.       gambar, kolase, atau bentuk bangunan 3D

 

-

Minggu pertama bulan Maret 2022

9 Sesi Berbagi (2 JP)

Latihan Keterampilan

Karya visi peserta didik dan refleksi pada lembar

“Sungai Rasa”

Eksplorasi Kelompok:

1). Membuat hasil karya visi tiap

kelompok dan menceritakannya 2). melakukan refleksi pada lembar “Sungai Rasa”

1. Kertas A4/F4

2. Alat Tulis

3. Infocus,

4. Laptop.

5. lembar visi, dll

Lembar

visi peserta didik

1.       Modul Tema 2

2.       Internet

3.       Lingkungan sekitar

 

Presentasi kelas tentang:

hasil karya visi tiap

kelompok belajar

 

Tahap Lakukan:

 

 

 

 

 

 

Minggu kedua bulan Maret 2022

10 Lestari Budaya Lokalku:

Identifikasi Potensi Diri

dan Kelompok (2JP)

Latihan Keterampilan

mengidentifikasi

potensi diri dan

kelompok di sekolah

Eksplorasi Kelompok:

1). menuliskan kembali kemampuan / keterampilan/ kebisaan / hobi diri setiap anggota kelompok pada lembar kerja yang baru

2). merajut identitas anggota kelompok menjadi potensi kelompok

1. Kertas A4/F4

2. Alat Tulis

3. Infocus,

4. Laptop.

5. lembar kerja, dll

Lembar kerja “Identitas Diri

dan Sosial”,

1.       Modul Tema 2

2.       Internet

3.       Lingkungan sekitar

 

Presentasi kelas tentang:

kemampuan / keterampilan/ kebisaan / hobi diri setiap anggota kelompok

Minggu kedua bulan Maret 2022

11 Lestari Budaya Lokalku:

Menentukan Bentuk Aksi

(2 JP)

Perancangan

“Menentukan aksi apa yang paling mungkin peserta didik lakukan saat ini dengan melihat potensi diri

dan kelompok”

Eksplorasi Kelompok:

1). mengumpulkan ide aksi

sebanyak-banyaknya dalam upaya melestarikan kearifan local dengan cara yang paling mungkin ia lakukan berdasarkan

kemampuan kelompok

2). melakukan voting terhadap ide-ide yang dihasilkan

dan memilih 1-2 ide aksi yang paling mungkin diwujudkan

3). merancang drama pertunjukan,poster, membuat lagu, membuat video, membuat galeri foto, membuat komik, atau membuat produk

1.   Kertas A4/F4

2.   Kertas Karton

3.   Alat Tulis

4.   Spidol,

5.   Banner, dll

·      poster,

·      karya lagu,

·      video pendek,

·      galeri foto,

·      komik, atau

·      produk lainnya.

1.       Modul Tema 2

2.       Internet

http://www.byebyeplasticbags.org/team/

Presentasi kelas tentang:

·         poster,

·         karya lagu,

·         video pendek,

·         galeri foto,

·         komik, atau

·          produk lainnya.

Minggu tiga bulan Maret 2022

12 Lestari Budaya Lokalku:

Persiapan Aksi (2 JP)

Perancangan

“mempersiapkan aksi pelestarian budaya local”

Eksplorasi diri/Kelompok:

mengerjakan persiapan aksi pelestarian budaya lokal secara

mandiri dengan teman kelompok,

1.   Kertas A4/F4

2.   Kertas Karton

3.   Alat Tulis

4.   Spidol,

5.   Banner, dll

·      poster,

·      karya lagu,

·      video pendek,

·      galeri foto,

·      komik, atau

·      produk lainnya.

1.       Modul Tema 2

2.       Internet

http://www.byebyeplasticbags.org/team/

Presentasi kelas tentang:

·         poster,

·         karya lagu,

·         video pendek,

·         galeri foto,

·         komik, atau

·          produk lainnya.

Minggu ketiga bulan Maret 2022

13 Lestari Budaya Lokalku:

Simulasi Aksi (2 JP)

Resitasi (Penugasan resume) tentang refleksi pada lembar

“Sungai Rasa”

dan Tanya jawab

Eksplorasi Kelompok:

Tiap kelompok bergantian

melakukan simulasi aksi mereka dan menjawab pertanyaan

 

1.   Kertas A4/F4

2.   Kertas Karton

3.   Alat Tulis

4.   Spidol,

5.   Banner, dll

Lembar pengamatan

1.       Modul Tema 2

2.       Internet

 

Simulasi aksi antar kelompok kelas

Jum’at, 1/04/2022

Minggu keempat bulan Maret 2022

Perayaan Hasil Belajar Semua Kelas/ Program Keahlian (lokasi Aula)

Jam ke 3 - 4

Simulasi Aksi

antar kelas

 

Tahap Bagikan:

 

 

 

 

 

 

Minggu pertama bulan April 2022

14 Lestari Budaya Lokalku!

(4 JP)

Asesmen/

Latihan Keterampilan

Individu/Kelompok:

1). mempersiapkan

artefak-artefak hasil kerja

peserta didik selama satu semester dan mengatur ruangan untuk pameran

2). aksi berupa penampilan drama, lagu, atau dongeng,

1.   Kertas A4/F4

2.   Kertas Karton

3.   Alat Tulis

4.   Spidol,

5.   Banner, dll

Lembar Asesmen

Lembar evaluasi/ feedback

Modul Tema 2

 

·         Pameran karya

·         Pentas seni

Minggu pertama bulan April 2022

15 Evaluasi Aksi

(1 JP)

Diskusi

1). mengumpulkan umpan balik yang diberikan oleh pengunjung

2). bersama-sama mendiskusikan umpan balik

1.   Kertas A4/F4

2.   Alat Tulis

3.   Spidol,

4.   Infocus

5.   Laptop, dll

Lembar Asesmen

Lembar evaluasi/ feedback

Modul Tema 2

 

-

Minggu kedua bulan April 2022

16 Refleksi

(2 JP)

Mind Mapping

Refleksi

1). menuliskan refleksi pribadi akan perjalanan projek dari awal

hingga akhir.

2). mengungkapan perasaan

dan pikiran yang terjadi di

sepanjang projek

1.   Kertas A4/F4

2.   Alat Tulis

3.   Spidol,

4.   Infocus

5.   Laptop, dll

Lembar refleksi

 

Modul Tema 2

 

-

Minggu kedua  bulan April 2022

17 Cerita Perjalanan Aksiku

(2 JP)

Global Tagar “open display online”

1). memilih beberapa

foto atau video dokumentasi perjalanan satu semester

dari awal hingga akhir

2). memberikan keterangan

penjelasan dari foto atau video tersebut untuk menjadi

konten di media sosial

1.   Kertas A4/F4

2.   Alat Tulis

3.   Spidol,

4.   Infocus

5.   Laptop, dll

unggahan foto/ video ke medsos/ youtube

 

Modul Tema 2

 

mengunggah foto dan keterangan projek di media sosial pribadi dengan menambahkan tagar dan

menandai akun media sosial lain

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tema 8. Kebekerjaan

(24 JP X 4 = 96 JP)

 

 

 

 

 

 

Minggu ketiga bulan April 2022

1. /Kenali Diri Membangun Impian (24 JP)

Inquiry

gambar sungai kehidupan/ River of life

Eksplorasi Diri:

1). Mendeskripsikan impian kesuksesan yang diharapkan

2). Membuat langkah-langkah untuk mewujudkan impian kesuksesannya.

3). mengidentifikasi profesi dunia kerja yang bisa menjadi pekerjaan setelah lulus SMK sesuai  bidang keahlian.

1.   Kertas A4/F4

2.   Alat Tulis

3.   Spidol,

4.   Infocus

5.   Laptop, dll

Lembar Kerja River of Life

Modul Tema 8

 

Presentasi kelas:

Peta “impian” Hidup

Jum’at, 29/04/2022

Minggu keempat bulan April 2022

Perayaan Hasil Belajar Semua Kelas/ Program Keahlian (lokasi Aula)

Jam ke 3 - 4

Simulasi Aksi

antar kelas tema 2

(sub tema 14, 17)

Minggu pertama bulan mei 2022

2. Bekali Diri/ Literasi Digital

(24 JP)

Ceramah dan diskusi

Guru Tamu

Eksplorasi Diri:

1.  Mempelajari proses bisnis pengusaha/ guru tamu

2.  mempelajari sikap dan nilai-nilai untuk menjadi seorang wirausaha  (entrepreuneur

3.  menginventarisir peluang usaha

1.   Kertas A4/F4

2.   Alat Tulis

3.   Spidol,

4.   Infocus

5.   Laptop, dll

Resume

proses bisnin, sikap dan nilai wirausahawan, dan peluan bisnis

1.       Modul Tema 8

2.       Internet

3.       Guru tamu

 

-

Minggu kedua bulan Mei 2022

3. Eksplorasi Potensi Lokal (24 JP)

Mind Mapping

 

Eksplorasi Diri:

1.  Mengenali potensi lokal.

2.  Mengenali potensi sumber daya setempat (SDM,dan SDA).

3.  Mengidentifikasi potensi local dan sumber daya.

4.  Memetakan potensi local dan sumber daya.

5.  Memanfaatkan peluang dan potensi lokal

1.   Kertas A4/F4

2.   Alat Tulis

3.   Spidol,

4.   Infocus

5.   Laptop, dll

Mapping potensi local dan memanfaatkannya

1.       Modul Tema 8

2.       Internet

 

-

Minggu ketiga bulan Mei 2022

4. Kemampuan Komunikasi Efektif (Public Speaking)

(24 JP)

Latihan Keterampilan

(Public Speaking)

 

1.   Kertas A4/F4

2.   Alat Tulis

3.   Spidol,

4.   Infocus

5.   Laptop, dll

 

1.       Modul Tema 8

2.       Internet

 

Presentasi kelas:

Public Speaking

Jum’at, 27/05/2022

Minggu keempat bulan Mei 2022

Perayaan Hasil Belajar Semua Kelas/ Program Keahlian (lokasi Aula)

Jam ke 3 - 4

Public Speaking

antar kelas tema 8

(sub tema 4)

Catatan: Bulan Juni 2022 dapat dimanfaatkan untuk penyampaian materi sub tema yang perlu penguatan/ materi belum tercapai/penyelesaian penilaian/penyusunan raport P5BK.            

Singkawang, ……Januari 2022

Waka. Kurikulum                                                                                                                                                                                                                                      Fasilitator

 

 

 

…………………………………..                                                                                                                                                                                                                          …………………………………..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SK PENGURUS KOPERASI

SOAL TEORI PRODUKTIF KRIA KAYU

Soal Latihan Tes TWK seleksi CPNS part: 2