SILABUS MATA PELAJARAN DASAR-DASAR DESAIN (C.1 DASAR BIDANG KEAHLIAN SENI RUPA DAN KRIYA)
17. Silabus Mata Pelajaran Dasar Bidang Keahlian Seni Rupa dan Kriya Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan
17.1 Silabus Mata Pelajaran Dasar-dasar Desain
SILABUS MATA
PELAJARAN DASAR-DASAR DESAIN
(DASAR BIDANG
KEAHLIAN SENI RUPA DAN KRIYA)
Satuan Pendidikan : SMK NEGERI 1
SAJINGAN BESAR
Kelas : X
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, prosedural dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan prosedur, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
1.1. Menghayati
mata pelajaran dasar-dasar desain sebagai sarana untuk kesejahteraan dan
kelangsungan hidup umat manusia.
|
|||||
2.1 Menghayati sikap cermat, teliti dan tanggungjawab dalam
mengindentifikasi kebutuhan, pengembangan alternatif dan desain dalam
pelajaran dasar-dasar desain
2.2. Menghayati pentingnya menjaga
kelestarian lingkungan dalam pengembangan desain secara menyeluruh
2.3. Menghayati pentingnya kolaborasi dan
jejaring untuk menemukan solusi dalam pengembangan desain
2.4. Menghayati pentingnya bersikap jujur,
disiplin serta bertanggung jawab sebagai hasil dari pembelajaran dasar-dasar
desain
|
|||||
3.1 Memahami pengertian, fungsi, dan lingkup desain
|
Pengertian, fungsi, dan lingkup desain
|
·
Mengamati
Gambar,
desain, elemen-elemen senirupa organik dan
nonorganik, obyek-obyek artifisial
dalam
bentuk 2D dan 3D
dari berbagai sumber
·
Menanya
Pengertian dan fungsi, elemen-elemen senirupa
organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, material,
simetris dan asimetris, dari alam dan
buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang terkait dengan konsep penciptaan
karya/ desain
·
Mengumpulkan data
Elemen-elemen
senirupa organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D,
material,
simetris dan asimetris, alam dan buatan,
komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang terkait dengan konsep penciptaan
karya/ desain
dari berbagai sumber
·
Mengasosiasi
Mendiskusikan dan
merumuskan konsep elemen-elemen senirupa organik dan
nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, material,
simetris dan asimetris, alam dan buatan,
komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang terkait dengan konsep penciptaan
karya/ desain
·
Mengkomunikasikan
Menyajikan konsep
penciptaan karya/desain
dari berbagai elemen-elemen senirupa organik
dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, denngan
berbagai material, disusun secara
simetris dan asimetris, dari alam dan buatan
dengan komposisi, fungsi, manfaat,
pelestarian serta penggabungan yang terkait
dengan konsep penciptaan
karya/ desain dari berbagai sumber
melalui berbagai cara dan media
Melaporkan
hasil pembelajaran
elemen-elemen
senirupa organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, denngan
berbagai material yang disusun secara
simetris dan asimetris, yang berasal
dari alam dan buatan dengan komposisi,
fungsi, manfaat, pelestarian serta penggabungan yang terkait dengan
konsep penciptaan
karya/ desain
melalui berbagai media
|
· Penugas
an
· Tes tertulis
· Tes praktek
· Portofo
lio
|
36 x 2 x 45 menit
|
1. Gombrich, E.H (1978) The Story of Art, London, Phaidon.
2. Jaxtheimer, Bodo W.(1982) How to Paint and Draw, London, Thames and Hudson
3. Parson, J. Michael
( 1987) How We Understand Art, New
York, Cambridge University Press
4. Feldman, Edmund Burke (1967) Art As Image and Idea, Englewood Cliffs, Prentice-Hall, INC.
5. Broudy, Harry S. (1987) “Theory and Practice
inAesthetic Education. Studies in Art Education, Chicago, Rand McNally & Co.
6.
Barrer,
Chris (2005) Cultural Studies: Teori & Praktik. Terj. Nurhadi.
Yogyakarta, Kreasi Wacana.
|
1.1 Mengklasifikasi berbagai jenis desain yang
ada di lingkungan kerja
|
Berbagai jenis desain yang ada di lingkungan kerja
|
·
Mengamati
Gambar,
desain, elemen-elemen senirupa organik dan
nonorganik, obyek-obyek artifisial
dalam
bentuk 2D dan 3D
dari berbagai sumber
·
Menanya
Pengertian dan fungsi, elemen-elemen senirupa
organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, material,
simetris dan asimetris, dari alam dan
buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang terkait dengan konsep penciptaan
karya/ desain
·
Mengumpulkan data
Elemen-elemen
senirupa organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D,
material,
simetris dan asimetris, alam dan buatan,
komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang terkait dengan konsep penciptaan karya/ desain
dari berbagai sumber
·
Mengasosiasi
Mendiskusikan dan
merumuskan konsep elemen-elemen senirupa organik dan
nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, material,
simetris dan asimetris, alam dan buatan,
komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang terkait dengan konsep penciptaan karya/ desain
·
Mengkomunikasikan
Menyajikan konsep
penciptaan karya/desain
dari berbagai elemen-elemen senirupa
organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, denngan
berbagai material, disusun secara
simetris dan asimetris, dari alam dan buatan
dengan komposisi, fungsi, manfaat,
pelestarian serta penggabungan yang terkait
dengan konsep penciptaan karya/ desain
dari berbagai sumber
melalui berbagai cara dan media
|
|||
3.2
Aspek-aspek desain produksi
|
·
Aspek-aspek desain
produksi
|
·
Mengamati
Produksi
desain, elemen-elemen senirupa organik dan
nonorganik, obyek-obyek artifisial
dalam
bentuk 2D dan 3D
dari berbagai sumber
·
Menanya
Menghasilkan
elemen-elemen
senirupa organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, material, simetris
dan asimetris, dari alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian
dan penggabungan yang terkait
dengan konsep penciptaan karya/ desain
·
Mengumpulkan data
Elemen-elemen
senirupa organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D,
material,
simetris dan asimetris, alam dan buatan,
komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang terkait dengan mencipta
konsep penciptaan
karya/ desain
dari berbagai sumber
·
Mengasosiasi
Mendiskusikan dan
merumuskan memproduksi
konsep elemen-elemen senirupa organik dan
nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, material, simetris
dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan
penggabungan yang terkait
dengan penciptaan karya/ desain
·
Mengkomunikasikan
Menyajikan konsep
penciptaan karya/desain
dari berbagai elemen-elemen senirupa
organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, denngan
berbagai material, disusun secara
simetris dan asimetris, dari alam dan buatan
dengan komposisi, fungsi, manfaat,
pelestarian serta penggabungan yang terkait
dengan penciptaan karya/ desain
dari berbagai sumber melalui berbagai cara dan media.
|
|||
1.2 Mengklasifikasi berbagai jenis desain yang
ada di lingkungan kerja
|
·
Jenis desain yang ada
di lingkungan kerja
|
·
Mengamati
Desain, elemen-elemen senirupa organik dan
nonorganik, obyek-obyek artifisial
dalam
bentuk 2D dan 3D di lingkungan kerja
dari berbagai sumber
·
Menanya
Menghasilkan
elemen-elemen
senirupa organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, material, simetris
dan asimetris, dari alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian
dan penggabungan yang terkait
dengan penciptaan karya/ desain di lingkungan kerja
·
Mengumpulkan data
Elemen-elemen
senirupa organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D,
material, simetris dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi,
manfaat, pelestarian dan penggabungan yang
terkait dengan mencipta
penciptaan karya/ desain di lingkungan kerja
dari berbagai sumber
·
Mengasosiasi
Mendiskusikan dan
merumuskan memproduksi
konsep elemen-elemen senirupa organik dan
nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, material, simetris
dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan
penggabungan yang terkait
dengan penciptaan karya/ desain di lingkungan kerja
·
Mengkomunikasikan
Menyajikan konsep
penciptaan karya/desain
dari berbagai elemen-elemen senirupa
organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, denngan
berbagai material, disusun secara
simetris dan asimetris, dari alam dan buatan
dengan komposisi, fungsi, manfaat,
pelestarian serta penggabungan yang terkait
dengan penciptaan karya/ desain dari berbagai sumber
melalui berbagai cara dan media di lingkungan kerja
Melaporkan
hasil pembelajaran
elemen-elemen
senirupa organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, dengan
berbagai material yang disusun secara
simetris dan asimetris, yang berasal
dari alam dan buatan dengan komposisi,
fungsi, manfaat, pelestarian serta penggabungan yang terkait dengan penciptaan karya/
desain melalui berbagai media di lingkungan kerja
|
|||
3.3
Memahami elemen desain terkait dengan garis, bidang, ruang, bentuk,
warna , tekstur dan pencahayaan
|
·
Elemen desain terkait
dengan garis, bidang, ruang, bentuk, warna , tekstur dan pencahayaan
|
·
Mengamati
Elemen-elemen
senirupa dalam bentuk 2D dan 3D
dari berbagai sumber
·
Menanya
Menghasilkan
elemen-elemen
senirupa organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, material, simetris
dan asimetris, dari alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian
dan penggabungan yang terkait
dengan penciptaan karya/ desain
·
Mengumpulkan data
Elemen-elemen
senirupa organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D,
material, simetris dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi,
manfaat, pelestarian dan penggabungan yang
terkait dengan mencipta
penciptaan karya/ desain dari berbagai sumber
·
Mengasosiasi
Mendiskusikan dan
merumuskan memproduksi
konsep elemen-elemen senirupa organik dan
nonorganik, dalam bentuk 2D dan 3D,
material, simetris dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi,
manfaat, pelestarian dan penggabungan yang
terkait dengan penciptaan karya/
desain
·
Mengkomunikasikan
Menyajikan konsep
penciptaan karya/desain
dari berbagai elemen-elemen senirupa
organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, denngan
berbagai material, disusun secara simetris dan asimetris, dari alam dan
buatan dengan komposisi, fungsi,
manfaat, pelestarian serta penggabungan yang
terkait dengan penciptaan karya/
desain dari berbagai sumber melalui
berbagai cara dan media
|
|||
4.3 Membuat berbagai elemen
desain untuk mengembangkan produk karya seni
|
·
Elemen desain untuk
mengembangkan produk
karya seni
|
·
Mengamati
Pengembangan
elemen-elemen senirupa dalam bentuk 2D
dan 3D
dari berbagai sumber
·
Menanya
Menghasilkan
elemen-elemen
senirupa organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, material, simetris
dan asimetris, dari alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian
dan penggabungan yang terkait
dengan penciptaan karya/ desain
·
Mengumpulkan data
Elemen-elemen
senirupa organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D,
material, simetris dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi,
manfaat, pelestarian dan penggabungan yang
terkait dengan mencipta
penciptaan karya/ desain dari berbagai sumber
·
Mengasosiasi
Mendiskusikan dan
merumuskan memproduksi
konsep elemen-elemen senirupa organik dan
nonorganik, dalam bentuk 2D dan 3D,
material, simetris dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi,
manfaat, pelestarian dan penggabungan yang
terkait dengan penciptaan karya/
desain
·
Mengkomunikasikan
Menyajikan konsep
penciptaan karya/desain
dari berbagai elemen-elemen senirupa
organik dan nonorganik, dalam bentuk 2D dan 3D, denngan berbagai material,
disusun secara simetris dan asimetris, dari alam dan buatan dengan komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian
serta penggabungan yang terkait
dengan penciptaan karya/ desain dari berbagai sumber melalui berbagai cara dan media
|
|||
3.4
Memahami regulasi yang terkait dalam pengembangan
desain produk
|
· Regulasi yang terkait dalam
pengembangan desain produk
|
·
Mengamati
Regulasi
pengembangan elemen-elemen senirupa
dalam bentuk 2D dan 3D ke dalam desain dari berbagai sumber
·
Menanya
Regulasi
elemen-elemen
senirup, organik dan nonorganik, dalam bentuk 2D dan 3D, material, simetris
dan asimetris, dari alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian
dan penggabungan yang terkait
dengan penciptaan karya/ desain
·
Mengumpulkan data
Elemen-elemen
senirupa, organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D,
material, simetris dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi,
manfaat, pelestarian dan penggabungan yang
terkait dengan penciptaan karya/ desain dari berbagai sumber
·
Mengasosiasi
Mendiskusikan dan
merumuskan memproduksi
konsep elemen-elemen senirupa organik dan
nonorganik, dalam bentuk 2D dan 3D,
material, simetris dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi,
manfaat, pelestarian dan penggabungan yang
terkait dengan penciptaan karya/
desain
·
Mengkomunikasikan
Menyajikan konsep
penciptaan karya/desain dari berbagai elemen-elemen senirupa organik dan
nonorganik, dalam bentuk 2D dan 3D, denngan berbagai material, disusun secara
simetris dan asimetris, dari alam dan buatan dengan komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian
serta penggabungan yang terkait dengan penciptaan karya/ desain dari berbagai sumber melalui berbagai cara dan media
|
|||
4.4
Menyajikan aplikasi desain produksi secara komprehensif
|
·
Aplikasi desain
produksi secara komprehensif
|
·
Mengamati
Pengembangan
elemen-elemen senirupa dalam bentuk 2D
dan 3D ke dalam desain secara komprehensif dari berbagai sumber
·
Menanya
Produksi
elemen-elemen
senirupa, organik dan nonorganik, dalam bentuk 2D dan 3D, material, simetris
dan asimetris, dari alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian
dan penggabungan yang terkait
dengan penciptaan karya/ desain
·
Mengumpulkan data
Elemen-elemen
senirupa, organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D,
material, simetris dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi,
manfaat, pelestarian dan penggabungan yang
terkait dengan penciptaan karya/ desain dari berbagai sumber
·
Mengasosiasi
Mendiskusikan dan
merumuskan memproduksi
konsep elemen-elemen senirupa, organik dan
nonorganik, dalam bentuk 2D dan 3D,
material, simetris dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi,
manfaat, pelestarian dan penggabungan yang
terkait dengan penciptaan karya/
desain
·
Mengkomunikasikan
Menyajikan konsep
penciptaan karya/desain dari berbagai elemen-elemen senirupa organik dan
nonorganik, dalam bentuk 2D dan 3D, denngan berbagai material, disusun secara
simetris dan asimetris, dari alam dan buatan dengan komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian
serta penggabungan yang terkait dengan penciptaan karya/ desain dari berbagai sumber melalui berbagai cara dan media
|
SILABUS MATA
PELAJARAN DASAR-DASAR DESAIN
(DASAR BIDANG
KEAHLIAN SENI RUPA DAN KRIYA)
Satuan Pendidikan : SMK NEGERI 1
SAJINGAN BESAR
Kelas : XI
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
Kompetensi
dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
belajar
|
1.1 Menghayati
mata pelajaran dasar-dasar desain sebagai sarana untuk kesejahteraan dan
kelangsungan hidup umat manusia.
|
|||||
2.1 Menghayati sikap cermat, teliti dan
tanggungjawab dalam mengindentifikasi kebutuhan, pengembangan alternatif dan
desain dalam pelajaran dasar-dasar desain
2.2 Menghayati pentingnya
menjaga kelestarian lingkungan dalam pengembangan desain secara menyeluruh
2.3 Menghayati pentingnya
kolaborasi dan jejaring untuk menemukan solusi dalam pengembangan desain
2.4 Menghayati pentingnya
bersikap jujur, disiplin serta bertanggung jawab sebagai hasil dari
pembelajaran dasar-dasar desain
|
|||||
3.1
Memahami teknik ilustrasi
|
§ Teknik ilustrasi
|
· Mengamati Mengidentifikasi macam-macam keteknikan
ilustrasi
·
Menunjukan fungsi, ciri, jenis dan karakter ilustrasi
·
Membanding
kan gambar bentuk dengan
ilustrasi
· Menjelaskan media dalam ilustrasi
· Menyebutkan
gaya dalam ilustrasi
§ Menanya
Mendiskusikan tentang teknik illustrasi
Mendiskusikan tentang perbandingan illustrasi dengan gambar
Lain.
§ Mengeksplor
Mengumpulkan data tentang teknik illustarsi
Dari berbagai sumber
§ Mengasosiasi:
menentukan alur kerja teknik ilustrasi
§ Mengkomunikasikan:
Menyajikan hasil teknik ilustrasi dari berbagai metode dan media
|
Penugasan
Tes tertulis
Tes praktek
Portofolio
|
36X2X45 JP
|
1.Buku teks pelajaran
2.Sumber lain:
3.Buku yang relevan,dan
internet
|
4.1 Membuat gambar ilustrasi
|
. gambar ilustrasi
|
||||
3.2
Memahami fungsi, ciri, jenis dan cara membuat gambar karakter
|
§ fungsi, ciri, jenis dan cara membuat gambar karakter
|
Mengamati:
Mengamati
cara membuat karakter
§ Menanya:
.
Mendiskusikan cara membuat gambar karakter
.
Merefleksikan hasil gambar karakter
§ Mengeksplor : gambar karakter
§ Mengasosiasi:
menentukan alur kerja gambar karakter
§ Mengkomunikasikan
Menyajikan hasil bambar karakter dari berbagai metode dan media
|
Penugasan
Tes tertulis
Tes praktek
Portofolio
|
36X2X45 JP
|
1.Buku teks pelajaran
2.Sumber lain:
3.Buku yang relevan,dan internet
|
4.2 Membuat gambar karakter
|
gambar karakter
|
||||
3.3
Memahami proporsi, anatomi, karakter, jenis dan komposisi tipografi dengan
warna
|
§ Proporsi,
Anatomi,
Karakter,
Jenis dan
Komposisi
tipografi dengan warna
|
§ Mengamati :
Me ngamati jenis
dan bentuk tipografi dengan warna
§ Menanya:
. Mendiskusikan cara membuat
tipografi dengan warna
.
Merefleksikan hasil tipografi dengan warna
§ Mengumpulkan data
Tipografi dengan warna
§ Mengasosiasi:
menentukan alur kerja tipografi dengan warna
§ Mengkomunikasikan
Menyajikan hasil tipografi dengan warna dari berbagai metode dan media
|
Penugasan
Tes tertulis
Tes praktek
Portofolio
|
36X2X45 MENIT
|
1.Buku teks pelajaran
2.Sumber lain
3.Buku yang relevan,dan internet
4. Gombrich, E.H (1978) The Story of Art, London, Phaidon.
5. Jaxtheimer, Bodo W.(1982) How to Paint and Draw, London, Thames and Hudson
6. Parson, J. Michael
( 1987) How We Understand Art, New
York, Cambridge University Press
7. Feldman, Edmund Burke (1967) Art As Image and Idea, Englewood Cliffs, Prentice-Hall, INC.
5. Broudy, Harry S. (1987) “Theory and Practice
inAesthetic Education. Studies in Art Education, Chicago, Rand McNally & Co.
8.
Barrer,
Chris (2005) Cultural Studies: Teori & Praktik. Terj. Nurhadi.
Yogyakarta, Kreasi Wacana.
|
4.3 Membuat tipografi dengan warna
|
§ Tipografi dengan warna
|
||||
3.4
Memahami cara mengevaluasi produk desain dilihat dari aspek nilai bahan,
nilai alat , nilai teknik, nilai pakai, nilai estetik, nilai budaya, nilai
ekonomi.
|
§ Evaluasi produk desain berdasarkan aspek: Nilai bahan,
Nilai alat ,
teknik,pakai,iestetik,
ibudaya, ekonomi.
|
§ Mengamati:
Me ngamati
jenis dan bentuk prodak desain berdasarkan aspek:
Nilai bahan,
Nilai alat ,
teknik,pakai,iestetik,
ibudaya, ekonomi.
§ Menanya:
.
Mendiskusikan cara membuat prodak desain berdasarkan
aspek: Nilai bahan,
Nilai alat ,
teknik,pakai,iestetik,
ibudaya, ekonomi.
. Merefleksikan hasil prodak desain berdasarkan aspek: Nilai bahan,
Nilai alat ,
teknik,pakai,iestetik,
ibudaya, ekonomi.
§ Mengeksplor:
prodak desain berdasarkan
aspek: Nilai bahan,
Nilai alat ,
teknik,pakai,iestetik,
ibudaya, ekonomi.
§ Mengasosiasi:
menentukan alur kerja pembuatan prodak desain berdasarkan aspek: Nilai bahan,
Nilai alat ,
teknik,pakai,iestetik,
ibudaya, ekonomi.
§ Mengkomunikasikan:
Menyajikan hasil prodak
desain berdasarkan aspek: Nilai bahan,
Nilai alat ,
teknik,pakai,iestetik,
ibudaya, ekonomi.
|
Penugasan
Tes tertulis
Tes praktek
Portofolio
|
36X2X45 JP
|
|
4.4 Mengevaluasi produk disain terkait dengan nilai bahan, nilai
alat , nilai teknik, nilai pakai, nilai estetik, nilai budaya, nilai ekonomi.
|
Produk desain
|
17.2 Silabus Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan
SILABUS MATA
PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN
(DASAR BIDANG
KEAHLIAN SENI RUPA DAN KRIYA)
Satuan Pendidikan : SMK
Kelas : X
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, prosedural dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan prosedur, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1 Mengidentifikasi jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari
tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya
4.1 Memilih
bahan alam dari tanaman untuk karya seni rupa dan kriya
|
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
· Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari tanaman
· Spesifikasi bahan
alam dari tanaman
· Proses identifikasi bahan alam dari tanaman
· Teknik penyajian hasil identifikasi jenis-jenis
dan spesifikasi bahan alam dari
tanaman melalui berbagai metode dan media
|
Mengamati:
·
Mengamati Jenis, bahan alam
dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya
Menanya:
·
Menanyakan hal-hal yang
terkait Jenis, sifat dan fungsi bahan
alam dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya
Mengumpulkan data
· Mendokumentasi jenis-jenis dan spesifikasi bahan
alami dan buatan dari berbagai sumber
Mengasosiasi
· Mendiskusikan dan merumuskan jenis-jenis dan
spesifikasi bahan alami dan buatan
Mengkomunikasikan
· Menyajikan hasil identifikasi bahan alami dan
buatan melalui berbagai cara dan media
|
Tes tertulis
Penugasan: mengamati dan
pembuatan laporan tentang Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari tanaman
untuk produk karya seni rupa dan kriya
Mendemonstrasikan praktek
Memilih Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari tanaman untuk produk karya
seni rupa dan kriya
|
4 JP
|
·
Buku teks pelajaran
·
Sumber lain: buku yang
relevan dan internet
|
3.2 Memahami jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari tanah , semen dan
pasir untuk produk karya seni rupa dan kriya
4.2 Memilih bahan alam dari tanah, semen, dan pasir untuk karya seni
rupa dan kriya
|
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
· Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari tanah , semen dan pasir
· Proses eksperimen bahan alam dari tanah , semen dan pasir
· Teknik penyajian hasil identifikasi sifat, fungsi, dan eksperimen bahan alam dari tanah , semen dan pasir dengan
berbagai metode dan media
|
Mengamati:
· Mengamati Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari
tanah , semen dan pasir untuk produk karya seni rupa dan kriya
Menanya:
· Ruang lingkup jenis, sifat dan fungsi bahan alam
dari tanah , semen dan pasir untuk produk karya seni rupa dan kriya
Mengumpulkan data
· Mengumpulkan
data Sifat dan fungsi bahan
alam dari tanah , semen dan pasir dari berbagai sumber
Mengasosiasi
· Mendiskusikan dan merumuskan eksperimen
bahan
Mengkomunikasikan
· Menyajikan hasil identifikasi sifat, fungsi, dan eksperimen bahan dengan
berbagai metode dan media
|
Tes tertulis
Penugasan: mengamati dan
pembuatan laporan tentang Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari tanah ,
semen dan pasir untuk produk karya seni rupa dan kriya
Mendemonstrasikan praktek
Memilih
Jenis, sifat dan fungsi
bahan alam dari tanah , semen dan pasir untuk produk karya seni rupa dan
kriya
|
4 JP
|
·
Buku teks pelajaran
·
Sumber lain: buku yang
relevan dan internet
|
3.3 Memahami jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari hewan untuk
produk karya seni rupa dan kriya
4.3 Memilih bahan alam dari hewan untuk karya seni rupa dan kriya
|
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
· Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari hewan
· Proses pengolahan bahan alam dari hewan
· Teknik pengkombina-sian bahan alam dari hewan
· Teknik pengolahan bahan alam dari hewan
· Teknik penyajian hasil pengolahan,
pengkombinasian bahan alam dari hewan
dengan berbagai metode dan media
|
Mengamati:
·
Mengamati Jenis, sifat dan
fungsi bahan alam dari hewan untuk produk karya seni rupa dan kriya
Menanya:
·
Ruang lingkup Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari
hewan untuk produk karya seni rupa dan kriya
Mengumpulkan data
· Mengumpulkan
data Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari hewan untuk produk karya
seni rupa dan kriya dari berbagai sumber
Mengasosiasi
· Mendiskusikan
Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari hewan untuk produk karya seni
rupa dan kriya
Mengkomunikasikan
· Menyajikan hasil indentifikasi Jenis, sifat dan
fungsi bahan alam dari hewan melalui berbagai cara dan media
|
Tes tertulis
Penugasan: mengamati dan
pembuatan laporan tentang Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari hewan untuk
produk karya seni rupa dan kriya
Mendemonstrasikan praktek
Memilih
bahan alam dari Jenis, sifat
dan fungsi bahan alam dari hewan untuk produk karya seni rupa dan kriya
|
4 JP
|
·
Buku teks pelajaran
·
Sumber lain: buku yang
relevan dan internet
|
3.4 Memahami jenis, sifat dan
fungsi bahan alam dari logam
4.4 Memilih bahan alam dari logam untuk karya seni rupa dan kriya
|
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
· Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari logam
· Spesifikasi
bahan alam dari logam
· Proses identifikasi bahan alam dari logam
· Teknik penyajian hasil pengujian bahan alam dari
logam dengan berbagai metode dan media
|
Mengamati:
· Mengamati jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari
logam
Menanya:
· Hal-hal yang terkait dengan jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari
logam
Mengumpulkan data
· Mengumpulkan data
jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari logam
Mengasosiasi
· Mendiskusikan hasil bahan alam dari logam
Mengkomunikasikan
· Menyajikan
hasil diskusi bahan alam dari
logam
|
Tes tertulis
Penugasan: mengamati dan
pembuatan laporan tentang jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari logam
Mendemonstrasikan praktek
Memilih
jenis, sifat dan fungsi
bahan alam dari logam
|
4 JP
|
·
Buku teks pelajaran
·
Sumber lain: buku yang
relevan dan internet
|
3.5 Memahami jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari kulit
4.5 Memilih bahan alam dari kulit untuk karya seni rupa dan kriya
|
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
· Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari kulit
· Spesifikasi
bahan alam dari kulit
· Proses identifikasi bahan alam dari kulit
· Teknik penyajian hasil pengujian bahan alam dari kulit dengan berbagai metode dan
media
|
Mengamati:
·
Mengamati jenis, sifat dan
fungsi bahan alam dari kulit
Menanya:
· Hal-hal yang terkait jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari
kulit
Mengumpulkan data
·
Mengumpulkan data jenis,
sifat dan fungsi bahan alam dari kulit
Mengasosiasi
· Mendiskusikan
jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari kulit
Mengkomunikasikan
· Menyajikan hasil
diskusi tentang bahan alam dari kulit
|
Tes tertulis
Penugasan: mengamati dan
pembuatan laporan tentang jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari kulit
Mendemonstrasikan praktek
Memilih jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari kulit
|
4 JP
|
·
Buku teks pelajaran
·
Sumber lain: buku yang
relevan dan internet
|
3.6 Memahami jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari plastic
4.6 Memilih bahan buatan dari plastic untuk karya seni rupa dan kriya
|
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
· Jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari plastic
· Spesifikasi
bahan buatan dari plastic
· Proses identifikasi bahan buatan dari plastic
· Teknik penyajian hasil pengujian bahan buatan dari plastic dengan berbagai metode
dan media
|
Mengamati:
·
Mengamati jenis, sifat dan
fungsi bahan buatan dari plastic
Menanya:
·
Hal-hal yang terkait jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari
plastic
Mengumpulkan data
·
Mengumpulkan sifat dan
fungsi bahan buatan dari plastic
Mengasosiasi
·
Mendiskusikan jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari
plastic
Mengkomunikasikan
· Menyajikan hasil diskusi tentang bahan buatan dari plastici melalui
berbagai cara dan media
|
Tes tertulis
Penugasan: mengamati dan
pembuatan laporan tentang jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari plastic
Mendemonstrasikan praktek
Memilih jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari plastic
|
4 JP
|
·
Buku teks pelajaran
·
Sumber lain: buku yang
relevan dan internet
|
3.7 Memahami jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari kain
4.7 Memilih bahan buatan dari kain untuk karya seni rupa dan kriya
|
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
· Jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari kain
· Spesifikasi
bahan buatan dari kain
· Proses identifikasi bahan
buatan dari kain
· Teknik penyajian hasil pengujian bahan
buatan dari kain dengan berbagai metode dan media
|
Mengamati:
·
Mengamati jenis, sifat dan
fungsi bahan buatan dari kain
Menanya:
·
Hal-hal yang terkait jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari
kain
Mengumpulkan data
·
Mengumpulkan data jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari
kain
Mengasosiasi
·
Mendiskusikan jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari
kain
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan hasil
diskusi tentang bahan buatan dari Kain
melalui berbagai cara dan media
|
Tes tertulis
Penugasan: mengamati dan
pembuatan laporan jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari kain
Mendemonstrasikan memilih
dan menentukan, sifat dan fungsi bahan buatan dari kain
|
4 JP
|
·
Buku teks pelajaran
·
Sumber lain: buku yang
relevan dan internet
|
3.8 Memahami jenis, sifat dan fungsi bahan yang berasal dari limbah
4.8 Memilih bahan dari limbah untuk karya seni rupa dan kriya
|
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
· Jenis, sifat dan fungsi bahan yang berasal dari limbah
· Spesifikasi
bahan buatan dari kain
· Proses identifikasi bahan
buatan dari kain
· Teknik penyajian hasil pengujian bahan
buatan dari kain dengan berbagai metode dan media
|
Mengamati:
·
Mengamati jenis, sifat dan
fungsi bahan yang berasal dari limbah
Menanya:
·
Hal-hal yang terkait jenis, sifat dan fungsi bahan yang berasal
dari limbah
Mengumpulkan data
·
Mengumpulkan sifat dan
fungsi bahan yang berasal dari limbah
Mengasosiasi
·
Mendiskusikan jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari
limbah
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan hasil
diskusi tentang bahan buatan dari
limbah melalui berbagai cara dan media
|
Tes tertulis
Penugasan: mengamati dan
pembuatan laporan jenis, sifat dan fungsi bahan yang berasal dari limbah
Mendemonstrasikan jenis,
sifat dan fungsi bahan yang berasal dari limbah
|
6 JP
|
·
Buku teks pelajaran
·
Sumber lain: buku yang
relevan dan internet
|
3.9 Memahami jenis, sifat dan fungsi bahan pewarna
4.9 Memilih bahan pewarna untuk karya seni rupa dan kriya
|
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
· Jenis, sifat dan fungsi bahan pewarna
· Spesifikasi
bahan pewarna
· Proses identifikasi bahan
pewarna
· Teknik penyajian hasil pengujian bahan
pewarna dengan berbagai metode dan media
|
Mengamati:
·
Mengamati jenis, sifat dan
fungsi bahan pewarna
Menanya:
·
Hal-hal yang terkait jenis, sifat dan fungsi bahan pewarna
Mengumpulkan data
·
Mengumpulkan data jenis, sifat dan fungsi bahan pewarna
Mengasosiasi
·
Mendiskusikan jenis, sifat dan fungsi bahan pewarna
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan hasil
diskusi tentang bahan pewarna melalui
berbagai cara dan media
|
Tes tertulis
Penugasan: mengamati dan
pembuatan laporan tentang jenis, sifat dan fungsi bahan pewarna
Mendemonstrasikan jenis,
sifat dan fungsi bahan pewarna
|
4 JP
|
·
Buku teks pelajaran
·
Sumber lain: buku yang
relevan dan internet
|
3.10 Memahami cara penanganan bahan yang berasal dari alam untuk produk
karya seni rupa dan kriya
4.10 Melakukan penanganan bahan yang berasal dari alam sesuai prosedur
|
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
· Penanganan bahan yang berasal dari alam
· Spesifikasi
bahan yang berasal dari alam
· Proses identifikasi bahan
yang berasal dari alam
· Teknik penyajian hasil pengujian bahan
yang berasal dari alam
dengan berbagai metode dan
media
|
Mengamati:
·
Mengamati cara penanganan
bahan yang berasal dari alam untuk produk karya seni rupa dan kriya
Menanya:
·
Hal-hal yang terkait cara penanganan bahan yang berasal dari
alam untuk produk karya seni rupa dan kriya
Mengumpulkan data
·
Mengumpulkan data cara penanganan bahan yang berasal dari
alam untuk produk karya seni rupa dan kriya
Mengasosiasi
·
Mendiskusikan cara penanganan bahan yang berasal dari
alam untuk produk karya seni rupa dan kriya
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan hasil
diskusi tentang penanganan bahan yang berasal dari alam
untuk produk karya seni rupa dan kriya melalui berbagai cara dan media
|
Tes tertulis
Penugasan: mengamati dan
pembuatan laporan tentang penanganan bahan yang berasal dari alam untuk produk
karya seni rupa dan kriya
Mendemonstrasikan penanganan
bahan yang berasal dari alam untuk produk karya seni rupa dan kriya
|
4 JP
|
·
Buku teks pelajaran
·
Sumber lain: buku yang
relevan dan internet
|
3.11 Memahami cara penanganan bahan buatan untuk produk karya seni rupa
dan kriya
4.11 Melakukan penanganan bahan buatan sesuai prosedur
|
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
· Jenis, sifat dan fungsi bahan buatan
· Spesifikasi
bahan buatan
· Proses identifikasi bahan
buatan
· Teknik penyajian hasil pengujian bahan
buatan dengan berbagai metode dan media
|
Mengamati:
·
Mengamati cara penanganan
bahan buatan untuk produk karya seni rupa dan kriya
Menanya:
·
Hal-hal yang terkait Memahami cara penanganan bahan buatan
untuk produk karya seni rupa dan kriya
Mengumpulkan data
·
Mengumpulkan data Memahami cara penanganan bahan buatan
untuk produk karya seni rupa dan kriya
Mengasosiasi
·
Mendiskusikan Memahami cara penanganan bahan buatan
untuk produk karya seni rupa dan kriya
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan hasil
diskusi tentang penanganan bahan buatan untuk produk karya
seni rupa dan kriya melalui berbagai cara dan media
|
Tes tertulis
Penugasan: mengamati dan
pembuatan laporan tentang penanganan bahan buatan untuk produk karya seni
rupa dan kriya
Mendemonstrasikan praktek
penanganan bahan buatan untuk produk karya seni rupa dan kriya
|
4 JP
|
·
Buku teks pelajaran
·
Sumber lain: buku yang
relevan dan internet
|
3.12 Memahami cara penanganan bahan limbah untuk produk karya seni rupa
dan kriya
4.12 Melakukan penanganan bahan limbah sesuai prosedur
|
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
· Jenis, sifat dan fungsi bahan limbah
· Spesifikasi
bahan limbah
· Proses identifikasi bahan
limbah
· Teknik penyajian hasil pengujian bahan
limbahdengan berbagai metode dan media
|
Mengamati:
·
Mengamati cara penanganan
bahan limbah untuk produk karya seni rupa dan kriya
Menanya:
·
Hal-hal yang terkait cara penanganan bahan limbah untuk produk
karya seni rupa dan kriya
Mengumpulkan data
·
Mengumpulkan data cara penanganan bahan limbah untuk produk
karya seni rupa dan kriyai rupa dan kriya
Mengasosiasi
·
Mendiskusikan cara penanganan bahan limbah untuk produk
karya seni rupa dan kriya
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan hasil
diskusi tentang penanganan bahan limbahuntuk produk karya
seni rupa dan kriya melalui berbagai cara dan media
|
Tes tertulis
Penugasan: mengamati dan
pembuatan laporan tentang cara penanganan bahan limbah untuk produk karya
seni rupa dan kriya
Mendemonstrasikan cara
penanganan bahan limbah untuk produk karya seni rupa dan kriya
|
6 JP
|
·
Buku teks pelajaran
·
Sumber lain: buku yang
relevan dan internet
|
3.13 Memahami pengujian bahan sesuai standar baku
4.13 Memilih bahan untuk pengujian
bahan .
|
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
· Jenis, sifat dan fungsi pengujian bahan
· Spesifikasi
pengujian bahan
· Proses identifikasi pengujian bahan
· Teknik penyajian hasil pengujian bahan dengan berbagai metode dan media
|
Mengamati:
·
Mengamati cara pengujian bahan sesuai standar baku
Menanya:
·
Hal-hal yang terkait cara
pengujian bahan sesuai standar baku
Mengumpulkan data
·
Mengumpulkan data cara
pengujian bahan sesuai standar baku
Mengasosiasi
·
Mendiskusikan cara
pengujian bahan sesuai standar baku
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan hasil
diskusi tentang pengujian bahan sesuai standaar melalui berbagai
cara dan media
|
Tes tertulis
Penugasan: mengamati dan
pembuatan laporan tentang pengujian bahan sesuai standar baku
Mendemonstrasikan praktek
pengujian bahan sesuai standar baku
|
6 JP
|
·
Buku teks pelajaran
·
Sumber lain: buku yang
relevan dan internet
|
3.14 Menjelaskan keselamatan kerja meliputi kecelakaan kerja, api dan
kebakaran dan alat pelindung kerja
4.14 Menerapkan keselamatan kerja
meliputi kecelakaan kerja, api dan kebakaran dan alat pelindung kerja
|
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
· Keselamatan kerja
· Pelindung keselamatan kerja
· Teknik penyajian keselamatan kerja dengan
berbagai metode dan media
|
Mengamati:
·
Mengamati cara penerapan keselamatan kerja meliputi
kecelakaan kerja, api dan kebakaran dan alat pelindung kerja
Menanya:
·
Hal-hal yang terkait cara
penerapan keselamatan kerja meliputi kecelakaan kerja, api dan
kebakaran dan alat
Mengumpulkan data
·
Mengumpulkan data cara
penerapan keselamatan kerja meliputi kecelakaan kerja, api dan
kebakaran dan alat
Mengasosiasi
·
Mendiskusikan cara
penerapan keselamatan kerja meliputi kecelakaan kerja, api dan
kebakaran dan alat
Mengkomunikasikan
· Menyajikan hasil diskusi tentang
penerapan keselamatan kerja meliputi kecelakaan kerja, api dan
kebakaran dan alat melalui berbagai
cara dan media
|
Tes tertulis
Penugasan: mengamati dan
pembuatan laporan tentang penerapan keselamatan kerja meliputi kecelakaan
kerja, api dan kebakaran dan alat pelindung kerja
Mendemonstrasikan penerapan
keselamatan kerja meliputi kecelakaan kerja, api dan kebakaran dan alat
pelindung kerja
|
6 JP
|
·
Buku teks pelajaran
·
Sumber lain: buku yang
relevan dan internet
|
3.15 Mendeskripsikan kesehatan kerja meliputi persyaratan ruang kerja
dan penyakit akibat kerja
4.15 Menerapkan kesehatan kerja.
|
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
· Persyaratan kerja
· Kesehatan kerja
· Ientifikasi
kesehatan kerja
· Teknik penyajian hasil kesehatan berbagai metode dan media
|
Mengamati:
·
Mengamati cara menerapkan kesehatan kerja meliputi
persyaratan ruang kerja dan pencegahan kecelakaan kerja
Menanya:
·
Hal-hal yang terkait cara
penerapan kesehatan kerja meliputi persyaratan ruang kerja dan
kecelakaan kerja
Mengumpulkan data
·
Mengumpulkan data cara
penerapan kesehatan kerja meliputi persyaratan ruang kerja dan
penyakit akibat kerja
Mengasosiasi
·
Mendiskusikan cara
p penerapan kesehatan kerja meliputi persyaratan ruang kerja dan
penyakit akibat kerjat
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan hasil
diskusi tentang penerapan kesehatan kerja meliputi
persyaratan ruang kerja dan penyakit akibat kerja melalui berbagai cara dan
media
|
Tes tertulis
Penugasan: mengamati dan
pembuatan laporan tentang kesehatan kerja meliputi persyaratan ruang kerja
dan pencegahan kecelakaan kerja
Mendemonstrasikan praktek
penerapan kesehatan kerja meliputi persyaratan ruang kerja dan pencegahan
kecelakaan kerja
|
6 JP
|
·
Buku teks pelajaran
·
Sumber lain: buku yang
relevan dan internet
|
SILABUS MATA
PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN
(DASAR BIDANG
KEAHLIAN SENI RUPA DAN KRIYA)
Satuan Pendidikan :
SMK
Kelas : XI
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber belajar
|
|
1.1 Menghayati
mata pelajaran pengetahuan bahan sebagai sarana untuk kesejahteraan dan
kelangsungan hidup umat manusia.
2.1 Menghayati sikap cermat, teliti dan
tanggungjawab dalam mengindentifikasi kebutuhan, pengembangan pengetahuan
bahan
2.2 Menghayati pentingnya menjaga kelestarian
lingkungan dalam pengembangan pengetahuan bahan secara menyeluruh
2.3 Menghayati pentingnya kolaborasi dan jejaring
untuk menemukan solusi dalam pengembangan pengetahuan bahan
2.4 Menghayati pentingnya bersikap jujur,
disiplin serta bertanggung jawab sebagai hasil dari pembelajaran pengetahuan
bahan
|
||||||
3.1 Mengidentifikasi jenis, sifat dan fungsi bahan pewarna
4.1 Memilih bahan pewarna untuk karya seni rupa
dan kriya
|
|
Mengamati:
§ Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
tentang jenis perwarna
§ Mengamati Jenis dab bentuk
fisik bahan pewarna
Menanya:
§ Menanyakan hal-hal yang terkait Jenis, sifat dan fungsi bahan pewarna
§ Mencari contoh bahan pewarna
Mengumpulkan data
§ Mendokumentasi jenis-jenis dan spesifikasi bahan
pewarna
§ Membuat eksperimen bahan warna
Mengasosiasi
· Menentukan beberapa bahan pewarna.
Mengkomunikasikan
· Menyajikan hasil identifikasi, spesifikasi bahan
pewarna melalui berbagai cara dan media
|
Penugasan
Tes tertulis
Tes praktek
Portofolio
|
8 JP
|
·
Buku teks pelajaran
·
Sumber lain: buku yang relevan,dan internet
|
|
3.2 Memahami cara penanganan bahan yang berasal
dari alam untuk produk karya seni rupa dan kriya
4.2 Melakukan
penanganan bahan dari alam yang disiapkan untuk produk karya seni rupa dan
kriya
|
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
· Penanganan bahan dari alam
|
Mengamati:
Mengamati cara penanganan bahan yang berasal dari alam
Menanya:
Mendikusikan proses
penanganan bahan dari alam.
Merefleksikan hasil
pengamtan penanganan bahan dari alam.
Mengumpulkan data
Melakukan
pengumpulan data penanganan bahan dari alam dari berbagai sumber
Mengasosiasi
Menentukan
alur kerja penanganan bahan dari alam
Mengkomunikasikan
Menyajikan hasil
penanganan bahan dari alam dengan berbagai metode dan media
|
Penugasan
Tes tertulis
Tes praktek
Portofolio
|
16 JP
|
·
Buku teks pelajaran
·
Sumber
lain: buku yang relevan,
·
dan internet
|
|
3.3 Memahami cara penanganan bahan buatan untuk
produk karya seni rupa dan kriya
4.3 Melakukan penanganan bahan buatan yang
disiapkan untuk produk karya seni rupa dan kriya
|
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
· Penanganan bahan
buatan
|
Mengamati:
Mengamati cara penanganan bahan yang berasal dari bahan buatan
Menanya:
Mendikusikan proses penanganan bahan buatan.
Merefleksikan hasil pengamtan penanganan bahan buatan.
Mengumpulkan data
Melakukan
pengumpulan data penanganan bahan buatan dari berbagai sumber
Mengasosiasi
Menentukan alur kerja penanganan bahan buatan.
Mengkomunikasikan
Menyajikan hasil
penanganan bahan buatan dengan berbagai metode dan media.
|
Penugasan
Tes tertulis
Tes praktek
Portofolio
|
16 JP
|
·
Buku teks pelajaran
·
Sumber
lain: buku yang relevan,
·
dan internet
|
|
3.4 Memahami cara penanganan bahan limbah untuk
produk karya seni rupa dan kriya
4.4 Melakukan penanganan bahan dari limbah yang
disiapkan untuk produk karya seni rupa dan kriya
|
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
· Penanganan bahan yang berasal dari bahan limbah
|
Mengamati:
Mengamati cara penanganan bahan yang berasal dari bahan limbah.
Menanya:
Mendikusikan proses penanganan bahan yang berasal
dari bahan limbah.
Merefleksikan hasil pengamAtan penanganan bahan ang berasal dari bahan limbah.
Mengumpulkan data
Melakukan
pengumpulan data penanganan bahan yabg berasal
dari dari han limbah dari
berbagai sumber.
Mengasosiasi
Menentukan alur kerja penanganan bahan yang berasal dari bahan dari limbah.
Mengkomunikasikan
Menyajikan hasil
penanganan bahan yang berasal dari bahan dari limbah dengan berbagai
metode dan media.
|
Penugasan
Tes tertulis
Tes praktek
Portofolio
|
12 JP
|
·
Buku teks pelajaran
·
Sumber
lain: buku yang relevan,
·
dan internet
|
|
3.5 Memahami pengujian bahan sesuai standar baku
4.5 Melakukan pengujian bahan sesuai standar baku
|
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
· Pengujian bahan
|
Mengamati:
· Mengamatii hasil pengujian bahan
sesuai standar baku
Menanya:
· Menanyakan
hal-hal yang terkait dengan pengujian bahan sesuai standar baku
Mengumpulkan data
·
Mengumpulan
data mengenai pengujian bahan standar baku
Mengasosiasi
· Mendiskusikan dan
merumuskan hasil pengujian bahan standar baku
Mengkomunikasikan
· Menyajikan hasil diskusi tentang
pengujian bahan standar baku
|
Penugasan
Tes tertulis
Tes praktek
Portofolio
|
12 JP
|
·
Buku teks pelajaran
·
Sumber
lain: buku yang relevan,
·
dan internet
|
|
3.6 Menjelaskan keselamatan kerja meliputi
kecelakaan kerja, api dan kebakaran dan alat pelindung kerja
4.6 Mengoperasikan peralatan keselamatan kerja
untuk mencegah kebakaran
|
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
· Keselamatan dan kesehatan Kerja
|
Mengamati:
Mengamati
berbagai kecelakaan kerja , Mengamati
peralatan k3
Menanya:
Menanyakan hal-hal yang terkait dg peralatan kesehatan
kerja.
Mendiskusikan dampak adanya kecelakaan kerja.
Mengumpulkan data
Mengumpulan data mengenai
proses /teknik pengoperasian alat keselaman kerja
Mengasosiasi
Menentukan cara mengatasi kesehatan kerja.
Membuat sebuah rambu-rambu
kesehatan kerja.
Mengkomunikasikan
· Menyajikan hasil diskusi tentang pencegahan k3, mempresentasikan
penggunaan alat keselamatan kerja melalui berbagai cara dan media
|
Penugasan
Tes tertulis
simulasi
|
6 JP
|
·
Buku teks pelajaran
·
Sumber
lain: buku yang relevan,
·
dan internet
|
|
3.7 Mendeskripsikan kesehatan kerja meliputi
persyaratan ruang kerja dan penyakit akibat kerja
4.7 Menilai kesehatan area kerja
|
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
Persyaratan ruang kerja dan
penyakit akibat kerja
|
Mengamati:
Mengamati lay
out ruang kerja.
Mengidentifikasi jenis penyakit akibat kerja.
Menanya:
Mendiskusikan pencegahan penyakit akibat kerja.
Mengumpulkan data
Mengumpulkan data persyaratan ruang kerja.
Merangkum
berbagai penyakit yang timbul
akibat kerja.
Mengasosiasi
Menentukan tata tertib
penggunaan ruang kerja.
Membuat gambar langkah-langkah penanganan kecelakaan kerja.
Mengkomunikasikan
Menyajikan hasil diskusi tentang persyaratan ruang kerja dan
penyakit akibat kerja melalui berbagai cara dan media
|
Penugasan
Tes tertulis
Portofolio
|
6 JP
|
·
Buku teks pelajaran
·
Sumber
lain: buku yang relevan,
·
dan internet
|
Komentar
Posting Komentar