SILABUS MATA PELAJARAN DASAR-DASAR DESAIN (C.1 DASAR BIDANG KEAHLIAN SENI RUPA DAN KRIYA)



17.     Silabus Mata Pelajaran Dasar Bidang Keahlian Seni Rupa dan Kriya Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan


17.1   Silabus Mata Pelajaran Dasar-dasar Desain




SILABUS MATA PELAJARAN DASAR-DASAR DESAIN

(DASAR BIDANG KEAHLIAN SENI RUPA DAN KRIYA)



Satuan Pendidikan        : SMK NEGERI 1 SAJINGAN BESAR

Kelas                                        : X


Kompetensi Inti              :

KI 1 :   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 :   Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, prosedural dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3 :   Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan prosedur, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

KI 4 :   Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.



Kompetensi dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber belajar
1.1.      Menghayati mata pelajaran dasar-dasar desain sebagai sarana untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidup umat manusia.






2.1 Menghayati sikap  cermat, teliti dan tanggungjawab dalam mengindentifikasi kebutuhan, pengembangan alternatif dan desain dalam pelajaran dasar-dasar desain
2.2. Menghayati pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dalam pengembangan desain secara menyeluruh
2.3. Menghayati pentingnya kolaborasi dan jejaring untuk menemukan solusi dalam pengembangan desain
2.4. Menghayati pentingnya bersikap jujur, disiplin serta bertanggung jawab sebagai hasil dari pembelajaran dasar-dasar desain






3.1  Memahami pengertian, fungsi, dan lingkup desain
Pengertian, fungsi, dan lingkup desain
·      Mengamati
Gambar, desain,  elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik, obyek-obyek  artifisial dalam
 bentuk 2D dan 3D
dari berbagai sumber
·       Menanya
Pengertian dan fungsi, elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,
 dalam bentuk 2D dan 3D, material,
 simetris dan asimetris, dari alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang  terkait dengan  konsep penciptaan karya/  desain
·      Mengumpulkan data
Elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, material,
 simetris dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang  terkait dengan  konsep penciptaan karya/  desain
dari berbagai sumber
·      Mengasosiasi
Mendiskusikan dan merumuskan konsep  elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,
 dalam bentuk 2D dan 3D, material,
 simetris dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang  terkait dengan  konsep penciptaan karya/  desain
·      Mengkomunikasikan
Menyajikan konsep penciptaan karya/desain dari berbagai  elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, denngan berbagai material, disusun secara
 simetris dan asimetris, dari alam dan buatan dengan  komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian serta penggabungan yang  terkait dengan konsep penciptaan karya/  desain dari berbagai sumber
 melalui berbagai  cara dan media
Melaporkan hasil pembelajaran
elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, denngan berbagai material yang  disusun secara simetris dan asimetris, yang berasal  dari alam dan buatan dengan  komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian serta penggabungan yang  terkait dengan
konsep penciptaan karya/  desain
melalui berbagai  media
·     Penugas
an
·     Tes tertulis
·     Tes praktek
·     Portofo
lio
36 x 2 x 45 menit
1.  Gombrich, E.H (1978) The Story of Art, London, Phaidon.
2.  Jaxtheimer, Bodo W.(1982) How to Paint and Draw, London, Thames and Hudson
3.  Parson, J. Michael
 ( 1987) How We Understand Art, New York, Cambridge University Press
4. Feldman, Edmund Burke (1967) Art As Image and Idea, Englewood Cliffs, Prentice-Hall, INC.
5.  Broudy, Harry S. (1987) “Theory and Practice inAesthetic Education.  Studies in Art Education,  Chicago, Rand McNally & Co.
6. Barrer, Chris (2005) Cultural Studies: Teori & Praktik. Terj. Nurhadi. Yogyakarta, Kreasi Wacana.





1.1 Mengklasifikasi berbagai jenis desain yang ada di lingkungan kerja


Berbagai jenis desain yang ada di lingkungan kerja

·       Mengamati
Gambar, desain,  elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik, obyek-obyek  artifisial dalam
 bentuk 2D dan 3D
dari berbagai sumber
·       Menanya
Pengertian dan fungsi, elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,
 dalam bentuk 2D dan 3D, material,
 simetris dan asimetris, dari alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang  terkait dengan  konsep penciptaan karya/  desain
·      Mengumpulkan data
Elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, material,
 simetris dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang  terkait dengan konsep penciptaan karya/  desain
dari berbagai sumber
·      Mengasosiasi
Mendiskusikan dan merumuskan konsep  elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,
 dalam bentuk 2D dan 3D, material,
 simetris dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang  terkait dengan konsep penciptaan karya/  desain
·       Mengkomunikasikan
Menyajikan konsep penciptaan karya/desain dari berbagai  elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, denngan berbagai material, disusun secara
 simetris dan asimetris, dari alam dan buatan dengan  komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian serta penggabungan yang  terkait dengan  konsep penciptaan karya/  desain
dari berbagai sumber
 melalui berbagai  cara dan media



3.2   Aspek-aspek desain produksi
·     Aspek-aspek desain produksi
·       Mengamati
Produksi desain,  elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik, obyek-obyek  artifisial dalam
 bentuk 2D dan 3D
dari berbagai sumber
·       Menanya
Menghasilkan elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,
 dalam bentuk 2D dan 3D, material, simetris dan asimetris, dari alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang  terkait dengan  konsep penciptaan karya/  desain
·      Mengumpulkan data
Elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, material,
 simetris dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang  terkait dengan mencipta
  konsep penciptaan karya/  desain
dari berbagai sumber
·       Mengasosiasi
Mendiskusikan dan merumuskan memproduksi konsep  elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,
 dalam bentuk 2D dan 3D, material, simetris dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang  terkait dengan penciptaan karya/  desain
·       Mengkomunikasikan
Menyajikan konsep penciptaan karya/desain dari berbagai  elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, denngan berbagai material, disusun secara
 simetris dan asimetris, dari alam dan buatan dengan  komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian serta penggabungan yang  terkait dengan penciptaan karya/  desain
dari berbagai sumber melalui berbagai  cara dan media.



1.2  Mengklasifikasi berbagai jenis desain yang ada di lingkungan kerja

·     Jenis desain yang ada di lingkungan kerja
·       Mengamati
Desain,  elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik, obyek-obyek  artifisial dalam
 bentuk 2D dan 3D di lingkungan kerja
dari berbagai sumber
·       Menanya
Menghasilkan elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,
 dalam bentuk 2D dan 3D, material, simetris dan asimetris, dari alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang  terkait dengan penciptaan karya/  desain di lingkungan kerja
·      Mengumpulkan data
Elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, material, simetris dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang  terkait dengan mencipta
 penciptaan karya/  desain di lingkungan kerja
dari berbagai sumber
·       Mengasosiasi
Mendiskusikan dan merumuskan memproduksi konsep  elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,
 dalam bentuk 2D dan 3D, material, simetris dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang  terkait dengan penciptaan karya/  desain di lingkungan kerja
·       Mengkomunikasikan
Menyajikan konsep penciptaan karya/desain dari berbagai  elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, denngan berbagai material, disusun secara
 simetris dan asimetris, dari alam dan buatan dengan  komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian serta penggabungan yang  terkait dengan penciptaan karya/  desain dari berbagai sumber
 melalui berbagai  cara dan media di lingkungan kerja

Melaporkan hasil pembelajaran
elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, dengan berbagai material yang  disusun secara simetris dan asimetris, yang berasal  dari alam dan buatan dengan  komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian serta penggabungan yang  terkait dengan penciptaan karya/  desain melalui berbagai  media di lingkungan kerja



3.3  Memahami elemen desain terkait dengan garis, bidang, ruang, bentuk, warna , tekstur dan pencahayaan
·     Elemen desain terkait dengan garis, bidang, ruang, bentuk, warna , tekstur dan pencahayaan
·       Mengamati
Elemen-elemen senirupa  dalam bentuk 2D dan 3D
dari berbagai sumber
·       Menanya
Menghasilkan elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,
 dalam bentuk 2D dan 3D, material, simetris dan asimetris, dari alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang  terkait dengan penciptaan karya/  desain
·      Mengumpulkan data
Elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, material, simetris dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang  terkait dengan mencipta
 penciptaan karya/  desain dari berbagai sumber
·       Mengasosiasi
Mendiskusikan dan merumuskan memproduksi konsep  elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,  dalam bentuk 2D dan 3D, material, simetris dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang  terkait dengan penciptaan karya/  desain
·       Mengkomunikasikan
Menyajikan konsep penciptaan karya/desain dari berbagai  elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, denngan berbagai material, disusun secara simetris dan asimetris, dari alam dan buatan dengan  komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian serta penggabungan yang  terkait dengan penciptaan karya/  desain dari berbagai sumber  melalui berbagai  cara dan media



4.3 Membuat berbagai elemen desain untuk mengembangkan produk karya seni

·     Elemen desain untuk mengembangkan produk
karya seni
·       Mengamati
Pengembangan elemen-elemen senirupa  dalam bentuk 2D dan 3D
dari berbagai sumber
·       Menanya
Menghasilkan elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,
 dalam bentuk 2D dan 3D, material, simetris dan asimetris, dari alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang  terkait dengan penciptaan karya/  desain
·      Mengumpulkan data
Elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, material, simetris dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang  terkait dengan mencipta
 penciptaan karya/  desain dari berbagai sumber
·       Mengasosiasi
Mendiskusikan dan merumuskan memproduksi konsep  elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,  dalam bentuk 2D dan 3D, material, simetris dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang  terkait dengan penciptaan karya/  desain
·       Mengkomunikasikan
Menyajikan konsep penciptaan karya/desain dari berbagai  elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik, dalam bentuk 2D dan 3D, denngan berbagai material, disusun secara simetris dan asimetris, dari alam dan buatan dengan  komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian serta penggabungan yang  terkait dengan penciptaan karya/  desain dari berbagai sumber  melalui berbagai  cara dan media



3.4  Memahami regulasi yang terkait dalam pengembangan
        desain produk
·     Regulasi yang terkait dalam pengembangan  desain produk
·       Mengamati
Regulasi pengembangan elemen-elemen senirupa  dalam bentuk 2D dan 3D ke dalam desain dari berbagai sumber
·       Menanya
Regulasi elemen-elemen senirup, organik dan nonorganik, dalam bentuk 2D dan 3D, material, simetris dan asimetris, dari alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang  terkait dengan penciptaan karya/  desain
·      Mengumpulkan data
Elemen-elemen senirupa,  organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, material, simetris dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang  terkait dengan  penciptaan karya/  desain dari berbagai sumber
·       Mengasosiasi
Mendiskusikan dan merumuskan memproduksi konsep  elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik,  dalam bentuk 2D dan 3D, material, simetris dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang  terkait dengan penciptaan karya/  desain
·       Mengkomunikasikan
Menyajikan konsep penciptaan karya/desain dari berbagai  elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik, dalam bentuk 2D dan 3D, denngan berbagai material, disusun secara simetris dan asimetris, dari alam dan buatan dengan  komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian serta penggabungan yang  terkait dengan penciptaan karya/  desain dari berbagai sumber  melalui berbagai  cara dan media



4.4   Menyajikan aplikasi desain produksi secara komprehensif
·     Aplikasi desain produksi secara komprehensif
·       Mengamati
Pengembangan elemen-elemen senirupa  dalam bentuk 2D dan 3D ke dalam desain secara komprehensif dari berbagai sumber
·       Menanya
Produksi elemen-elemen senirupa, organik dan nonorganik, dalam bentuk 2D dan 3D, material, simetris dan asimetris, dari alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang  terkait dengan penciptaan karya/  desain
·      Mengumpulkan data
Elemen-elemen senirupa,  organik dan nonorganik,
dalam bentuk 2D dan 3D, material, simetris dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang  terkait dengan  penciptaan karya/  desain dari berbagai sumber
·       Mengasosiasi
Mendiskusikan dan merumuskan memproduksi konsep  elemen-elemen senirupa, organik dan nonorganik,  dalam bentuk 2D dan 3D, material, simetris dan asimetris, alam dan buatan, komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian dan penggabungan yang  terkait dengan penciptaan karya/  desain
·       Mengkomunikasikan
Menyajikan konsep penciptaan karya/desain dari berbagai  elemen-elemen senirupa organik dan nonorganik, dalam bentuk 2D dan 3D, denngan berbagai material, disusun secara simetris dan asimetris, dari alam dan buatan dengan  komposisi, fungsi, manfaat, pelestarian serta penggabungan yang  terkait dengan penciptaan karya/  desain dari berbagai sumber  melalui berbagai  cara dan media











SILABUS MATA PELAJARAN DASAR-DASAR DESAIN

(DASAR BIDANG KEAHLIAN SENI RUPA DAN KRIYA)



Satuan Pendidikan        : SMK NEGERI 1 SAJINGAN BESAR

Kelas                                        : XI


Kompetensi Inti              :



KI 1 :   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 :   Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3 :   Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

KI 4 :   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.



Kompetensi dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
belajar
1.1  Menghayati mata pelajaran dasar-dasar desain sebagai sarana untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidup umat manusia.




              

                



2.1 Menghayati sikap cermat, teliti dan tanggungjawab dalam mengindentifikasi kebutuhan, pengembangan alternatif dan desain dalam pelajaran dasar-dasar desain
2.2  Menghayati pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dalam pengembangan desain secara menyeluruh
2.3  Menghayati pentingnya kolaborasi dan jejaring untuk menemukan solusi dalam pengembangan desain
2.4  Menghayati pentingnya bersikap jujur, disiplin serta bertanggung jawab sebagai hasil dari pembelajaran dasar-dasar desain






3.1 Memahami teknik ilustrasi

§  Teknik ilustrasi

·       Mengamati Mengidentifikasi macam-macam keteknikan ilustrasi
·      Menunjukan  fungsi, ciri, jenis dan karakter ilustrasi
·      Membanding
kan gambar bentuk dengan ilustrasi
·      Menjelaskan media dalam ilustrasi
·      Menyebutkan   gaya dalam ilustrasi

§  Menanya
Mendiskusikan tentang teknik illustrasi
Mendiskusikan tentang perbandingan illustrasi dengan gambar
Lain.
§  Mengeksplor
Mengumpulkan data tentang teknik illustarsi
Dari berbagai sumber
§  Mengasosiasi:
menentukan alur kerja teknik ilustrasi

§  Mengkomunikasikan:
Menyajikan hasil teknik ilustrasi dari berbagai metode dan media
Penugasan
Tes tertulis
Tes praktek
Portofolio
36X2X45 JP
1.Buku teks pelajaran
2.Sumber lain:
3.Buku yang     relevan,dan internet
4.1 Membuat gambar ilustrasi

. gambar ilustrasi
3.2 Memahami fungsi, ciri, jenis dan cara membuat gambar karakter



§  fungsi, ciri, jenis dan cara membuat gambar karakter




       Mengamati:
      Mengamati cara membuat   karakter
§  Menanya:
  .  Mendiskusikan cara membuat gambar karakter
  .  Merefleksikan hasil gambar karakter

§  Mengeksplor : gambar karakter

§  Mengasosiasi:

menentukan alur kerja gambar karakter
§  Mengkomunikasikan
Menyajikan hasil bambar karakter dari berbagai metode dan media
Penugasan
Tes tertulis
Tes praktek
Portofolio
36X2X45 JP
1.Buku teks pelajaran
2.Sumber lain:
3.Buku yang relevan,dan internet

4.2 Membuat gambar karakter

gambar karakter



3.3 Memahami proporsi, anatomi, karakter, jenis dan komposisi tipografi dengan warna





§  Proporsi,
Anatomi,
Karakter,
Jenis dan
Komposisi tipografi dengan warna


§  Mengamati :
Me ngamati  jenis dan bentuk tipografi dengan warna
§  Menanya:
.    Mendiskusikan cara membuat tipografi dengan warna
  .  Merefleksikan hasil tipografi dengan warna

§  Mengumpulkan data
Tipografi dengan warna

§  Mengasosiasi:
menentukan alur kerja tipografi dengan warna


§  Mengkomunikasikan
Menyajikan hasil tipografi dengan warna dari berbagai metode dan media
Penugasan
Tes tertulis
Tes praktek
Portofolio
36X2X45 MENIT
1.Buku teks pelajaran
2.Sumber lain
3.Buku yang relevan,dan internet
4. Gombrich, E.H (1978) The Story of Art, London, Phaidon.
5. Jaxtheimer, Bodo W.(1982) How to Paint and Draw, London, Thames and Hudson
6. Parson, J. Michael
 ( 1987) How We Understand Art, New York, Cambridge University Press
7. Feldman, Edmund Burke (1967) Art As Image and Idea, Englewood Cliffs, Prentice-Hall, INC.
5.  Broudy, Harry S. (1987) “Theory and Practice inAesthetic Education.  Studies in Art Education,  Chicago, Rand McNally & Co.
8. Barrer, Chris (2005) Cultural Studies: Teori & Praktik. Terj. Nurhadi. Yogyakarta, Kreasi Wacana.






4.3 Membuat tipografi dengan warna






§  Tipografi dengan warna

3.4 Memahami cara mengevaluasi produk desain dilihat dari aspek nilai bahan, nilai alat , nilai teknik, nilai pakai, nilai estetik, nilai budaya, nilai ekonomi.






§  Evaluasi produk desain berdasarkan aspek: Nilai bahan,
Nilai alat , teknik,pakai,iestetik,
ibudaya,  ekonomi.


§  Mengamati:
Me ngamati  jenis dan bentuk prodak desain berdasarkan aspek: Nilai bahan,
Nilai alat , teknik,pakai,iestetik,
ibudaya,  ekonomi.


§  Menanya:
.    Mendiskusikan cara membuat prodak desain berdasarkan aspek: Nilai bahan,
Nilai alat , teknik,pakai,iestetik,
ibudaya,  ekonomi.

  .  Merefleksikan hasil prodak desain berdasarkan aspek: Nilai bahan,
Nilai alat , teknik,pakai,iestetik,
ibudaya,  ekonomi.


§  Mengeksplor:
  prodak desain berdasarkan aspek: Nilai bahan,
Nilai alat , teknik,pakai,iestetik,
ibudaya,  ekonomi.

§  Mengasosiasi:
menentukan alur kerja pembuatan prodak desain berdasarkan aspek: Nilai bahan,
Nilai alat , teknik,pakai,iestetik,
ibudaya,  ekonomi.


§  Mengkomunikasikan:
  Menyajikan hasil prodak desain berdasarkan aspek: Nilai bahan,
Nilai alat , teknik,pakai,iestetik,
ibudaya,  ekonomi.

Penugasan
Tes tertulis
Tes praktek
Portofolio
36X2X45 JP
4.4 Mengevaluasi produk disain terkait dengan nilai bahan, nilai alat , nilai teknik, nilai pakai, nilai estetik, nilai budaya, nilai ekonomi.











Produk desain










17.2   Silabus Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan




SILABUS MATA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN

(DASAR BIDANG KEAHLIAN SENI RUPA DAN KRIYA)



Satuan Pendidikan        : SMK

Kelas                                        : X


Kompetensi Inti              :

KI 1 :   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 :   Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, prosedural dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3 :   Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan prosedur, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

KI 4 :   Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.1    Mengidentifikasi jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya
4.1 Memilih bahan alam dari tanaman untuk karya seni rupa dan kriya
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)

·      Jenis, sifat dan fungsi bahan  alam dari tanaman
·      Spesifikasi bahan  alam dari tanaman
·      Proses identifikasi bahan  alam dari tanaman
·      Teknik penyajian hasil identifikasi jenis-jenis dan spesifikasi bahan  alam dari tanaman melalui berbagai metode dan media
Mengamati:
·         Mengamati Jenis, bahan alam dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya
Menanya:
·         Menanyakan hal-hal yang terkait  Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya

Mengumpulkan data
·      Mendokumentasi jenis-jenis dan spesifikasi bahan alami dan buatan dari berbagai sumber
Mengasosiasi
·     Mendiskusikan dan merumuskan jenis-jenis dan spesifikasi bahan alami dan buatan
Mengkomunikasikan
·      Menyajikan hasil identifikasi bahan alami dan buatan melalui berbagai cara dan media
Tes tertulis

Penugasan: mengamati dan pembuatan laporan tentang Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya

Mendemonstrasikan praktek Memilih Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya

4 JP
·         Buku  teks pelajaran
·         Sumber lain: buku yang relevan dan internet
3.2 Memahami jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari tanah , semen dan pasir untuk produk karya seni rupa dan kriya
4.2 Memilih bahan alam dari tanah, semen, dan pasir untuk karya seni rupa dan kriya
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
·      Jenis, sifat dan fungsi bahan  alam dari tanah , semen dan pasir
·      Proses eksperimen bahan  alam dari tanah , semen dan pasir
·      Teknik penyajian hasil identifikasi sifat,  fungsi, dan eksperimen bahan  alam dari tanah , semen dan pasir dengan berbagai metode dan media
Mengamati:
·    Mengamati Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari tanah , semen dan pasir untuk produk karya seni rupa dan kriya

Menanya:
·      Ruang lingkup jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari tanah , semen dan pasir untuk produk karya seni rupa dan kriya

Mengumpulkan data
·      Mengumpulkan  data Sifat dan fungsi bahan  alam dari tanah , semen dan pasir dari berbagai sumber

Mengasosiasi
·     Mendiskusikan dan merumuskan eksperimen bahan 

Mengkomunikasikan
·      Menyajikan hasil identifikasi sifat,  fungsi, dan eksperimen bahan dengan berbagai metode dan media
Tes tertulis
Penugasan: mengamati dan pembuatan laporan tentang Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari tanah , semen dan pasir untuk produk karya seni rupa dan kriya
Mendemonstrasikan praktek Memilih
Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari tanah , semen dan pasir untuk produk karya seni rupa dan kriya
4 JP
·         Buku  teks pelajaran
·         Sumber lain: buku yang relevan dan internet
3.3 Memahami jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari hewan untuk produk karya seni rupa dan kriya
4.3 Memilih bahan alam dari hewan untuk karya seni rupa dan kriya
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
·      Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari hewan
·      Proses pengolahan bahan  alam dari hewan
·      Teknik pengkombina-sian bahan  alam dari hewan
·     Teknik pengolahan bahan  alam dari hewan
·     Teknik penyajian hasil pengolahan, pengkombinasian bahan  alam dari hewan dengan berbagai metode dan media
Mengamati:
·         Mengamati Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari hewan untuk produk karya seni rupa dan kriya
Menanya:
·         Ruang lingkup  Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari hewan untuk produk karya seni rupa dan kriya
Mengumpulkan data
·    Mengumpulkan  data Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari hewan untuk produk karya seni rupa dan kriya dari berbagai sumber
Mengasosiasi
·    Mendiskusikan  Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari hewan untuk produk karya seni rupa dan kriya

Mengkomunikasikan
·     Menyajikan hasil indentifikasi Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari hewan melalui berbagai cara dan media
Tes tertulis
Penugasan: mengamati dan pembuatan laporan tentang Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari hewan untuk produk karya seni rupa dan kriya
Mendemonstrasikan praktek Memilih
bahan alam dari Jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari hewan untuk produk karya seni rupa dan kriya
4 JP
·         Buku  teks pelajaran
·         Sumber lain: buku yang relevan dan internet
3.4 Memahami  jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari logam
4.4 Memilih bahan alam dari logam untuk karya seni rupa dan kriya

(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
·      Jenis, sifat dan fungsi bahan  alam dari logam
·      Spesifikasi  bahan alam dari logam
·      Proses identifikasi  bahan alam dari logam 
·     Teknik penyajian hasil pengujian bahan alam dari logam dengan berbagai metode dan media
Mengamati:
·      Mengamati jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari logam
Menanya:
·     Hal-hal yang terkait dengan  jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari logam 
Mengumpulkan data
·      Mengumpulkan data  jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari logam
Mengasosiasi
·     Mendiskusikan hasil  bahan alam dari logam
Mengkomunikasikan
·     Menyajikan  hasil  diskusi bahan alam dari logam

Tes tertulis
Penugasan: mengamati dan pembuatan laporan tentang jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari logam
Mendemonstrasikan praktek Memilih
jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari logam

4 JP
·         Buku teks pelajaran
·         Sumber lain: buku yang relevan dan internet
3.5 Memahami jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari kulit
4.5 Memilih bahan alam dari kulit untuk karya seni rupa dan kriya
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
·      Jenis, sifat dan fungsi bahan  alam dari kulit
·      Spesifikasi  bahan alam dari kulit
·      Proses identifikasi  bahan alam dari kulit 
·    Teknik penyajian hasil pengujian bahan  alam dari kulit dengan berbagai metode dan media
Mengamati:
·         Mengamati jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari kulit
 Menanya:
·     Hal-hal yang terkait   jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari kulit
Mengumpulkan data
·         Mengumpulkan data jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari kulit
Mengasosiasi
·     Mendiskusikan  jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari kulit
Mengkomunikasikan
·      Menyajikan hasil  diskusi tentang bahan alam dari kulit
Tes tertulis
Penugasan: mengamati dan pembuatan laporan tentang jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari kulit
Mendemonstrasikan praktek Memilih jenis, sifat dan fungsi bahan alam dari kulit

4 JP
·         Buku teks pelajaran
·         Sumber lain: buku yang relevan dan internet

3.6 Memahami jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari plastic
4.6 Memilih bahan buatan dari plastic untuk karya seni rupa dan kriya
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
·      Jenis, sifat dan fungsi bahan  buatan dari plastic
·      Spesifikasi  bahan buatan dari plastic
·      Proses identifikasi  bahan buatan dari plastic
·    Teknik penyajian hasil pengujian bahan   buatan dari plastic dengan berbagai metode dan media
Mengamati:
·         Mengamati jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari plastic
Menanya:
·         Hal-hal yang terkait  jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari plastic

Mengumpulkan data
·         Mengumpulkan sifat dan fungsi bahan buatan dari plastic
Mengasosiasi
·         Mendiskusikan  jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari plastic

Mengkomunikasikan
·      Menyajikan hasil diskusi  tentang bahan buatan dari plastici melalui berbagai cara dan media
Tes tertulis
Penugasan: mengamati dan pembuatan laporan tentang jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari plastic
Mendemonstrasikan praktek Memilih jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari plastic

4 JP
·         Buku teks pelajaran
·         Sumber lain: buku yang relevan dan internet
3.7 Memahami jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari kain
4.7 Memilih bahan buatan dari kain untuk karya seni rupa dan kriya
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)

·      Jenis, sifat dan fungsi bahan  buatan dari kain
·      Spesifikasi  bahan  buatan dari kain
·      Proses identifikasi  bahan  buatan dari kain
·      Teknik penyajian hasil pengujian  bahan  buatan dari kain dengan berbagai metode dan media
Mengamati:
·         Mengamati jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari kain

Menanya:
·         Hal-hal yang terkait  jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari kain

Mengumpulkan data
·         Mengumpulkan data  jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari kain
Mengasosiasi
·         Mendiskusikan  jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari kain

Mengkomunikasikan
·         Menyajikan hasil diskusi  tentang bahan buatan dari Kain melalui berbagai cara dan media
Tes tertulis

Penugasan: mengamati dan pembuatan laporan jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari kain

Mendemonstrasikan memilih dan menentukan, sifat dan fungsi bahan buatan dari kain

4 JP
·         Buku  teks pelajaran
·         Sumber lain: buku yang relevan dan internet
3.8 Memahami jenis, sifat dan fungsi bahan yang berasal dari limbah
4.8 Memilih bahan dari limbah untuk karya seni rupa dan kriya

(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
·      Jenis, sifat dan fungsi bahan  yang berasal dari limbah
·      Spesifikasi  bahan  buatan dari kain

·      Proses identifikasi  bahan  buatan dari kain
·      Teknik penyajian hasil pengujian  bahan  buatan dari kain dengan berbagai metode dan media
Mengamati:
·         Mengamati jenis, sifat dan fungsi bahan yang berasal dari limbah

Menanya:
·         Hal-hal yang terkait  jenis, sifat dan fungsi bahan yang berasal dari limbah

Mengumpulkan data
·         Mengumpulkan sifat dan fungsi bahan yang berasal dari limbah

Mengasosiasi
·         Mendiskusikan  jenis, sifat dan fungsi bahan buatan dari limbah

Mengkomunikasikan
·         Menyajikan hasil diskusi  tentang bahan buatan dari limbah melalui berbagai cara dan media
Tes tertulis

Penugasan: mengamati dan pembuatan laporan jenis, sifat dan fungsi bahan yang berasal dari limbah

Mendemonstrasikan jenis, sifat dan fungsi bahan yang berasal dari limbah
6 JP
·         Buku  teks pelajaran
·         Sumber lain: buku yang relevan dan internet
3.9 Memahami jenis, sifat dan fungsi bahan pewarna
4.9 Memilih bahan pewarna untuk karya seni rupa dan kriya
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)

·      Jenis, sifat dan fungsi bahan  pewarna
·      Spesifikasi  bahan  pewarna

·      Proses identifikasi  bahan  pewarna
·      Teknik penyajian hasil pengujian  bahan  pewarna dengan berbagai metode dan media
Mengamati:
·         Mengamati jenis, sifat dan fungsi bahan pewarna

Menanya:
·         Hal-hal yang terkait  jenis, sifat dan fungsi bahan pewarna

Mengumpulkan data
·         Mengumpulkan data  jenis, sifat dan fungsi bahan pewarna

Mengasosiasi
·         Mendiskusikan  jenis, sifat dan fungsi bahan pewarna

Mengkomunikasikan
·         Menyajikan hasil diskusi  tentang bahan pewarna melalui berbagai cara dan media
Tes tertulis


Penugasan: mengamati dan pembuatan laporan tentang jenis, sifat dan fungsi bahan pewarna

Mendemonstrasikan jenis, sifat dan fungsi bahan pewarna
4 JP
·         Buku  teks pelajaran
·         Sumber lain: buku yang relevan dan internet


3.10 Memahami cara penanganan bahan yang berasal dari alam untuk produk karya seni rupa dan kriya
4.10 Melakukan penanganan bahan yang berasal dari alam sesuai prosedur

(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)

·      Penanganan bahan yang berasal dari alam
·      Spesifikasi  bahan  yang berasal dari alam

·      Proses identifikasi  bahan  yang berasal dari alam
·      Teknik penyajian hasil pengujian  bahan  yang berasal dari alam
dengan berbagai metode dan media
Mengamati:
·         Mengamati cara penanganan bahan yang berasal dari alam untuk produk karya seni rupa dan kriya

Menanya:
·         Hal-hal yang terkait   cara penanganan bahan yang berasal dari alam untuk produk karya seni rupa dan kriya

Mengumpulkan data
·         Mengumpulkan data   cara penanganan bahan yang berasal dari alam untuk produk karya seni rupa dan kriya

Mengasosiasi
·         Mendiskusikan   cara penanganan bahan yang berasal dari alam untuk produk karya seni rupa dan kriya

Mengkomunikasikan
·         Menyajikan hasil diskusi  tentang  penanganan bahan yang berasal dari alam untuk produk karya seni rupa dan kriya melalui berbagai cara dan media
Tes tertulis

Penugasan: mengamati dan pembuatan laporan tentang penanganan bahan yang berasal dari alam untuk produk karya seni rupa dan kriya

Mendemonstrasikan penanganan bahan yang berasal dari alam untuk produk karya seni rupa dan kriya

4 JP
·         Buku  teks pelajaran
·         Sumber lain: buku yang relevan dan internet

3.11 Memahami cara penanganan bahan buatan untuk produk karya seni rupa dan kriya
4.11 Melakukan penanganan bahan buatan sesuai prosedur
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)

·      Jenis, sifat dan fungsi bahan buatan
·      Spesifikasi  bahan  buatan

·      Proses identifikasi  bahan  buatan
·      Teknik penyajian hasil pengujian  bahan  buatan dengan berbagai metode dan media
Mengamati:
·         Mengamati cara penanganan bahan buatan untuk produk karya seni rupa dan kriya

Menanya:
·         Hal-hal yang terkait   Memahami cara penanganan bahan buatan untuk produk karya seni rupa dan kriya

Mengumpulkan data
·         Mengumpulkan data   Memahami cara penanganan bahan buatan untuk produk karya seni rupa dan kriya

Mengasosiasi
·         Mendiskusikan   Memahami cara penanganan bahan buatan untuk produk karya seni rupa dan kriya

Mengkomunikasikan
·         Menyajikan hasil diskusi  tentang  penanganan bahan buatan untuk produk karya seni rupa dan kriya melalui berbagai cara dan media
Tes tertulis

Penugasan: mengamati dan pembuatan laporan tentang penanganan bahan buatan untuk produk karya seni rupa dan kriya

Mendemonstrasikan praktek penanganan bahan buatan untuk produk karya seni rupa dan kriya 
4 JP
·         Buku  teks pelajaran
·         Sumber lain: buku yang relevan dan internet
3.12 Memahami cara penanganan bahan limbah untuk produk karya seni rupa dan kriya
4.12 Melakukan penanganan bahan limbah sesuai prosedur
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)

·      Jenis, sifat dan fungsi bahan limbah
·      Spesifikasi  bahan  limbah

·      Proses identifikasi  bahan  limbah
·      Teknik penyajian hasil pengujian  bahan  limbahdengan berbagai metode dan media
Mengamati:
·         Mengamati cara penanganan bahan limbah untuk produk karya seni rupa dan kriya

Menanya:
·         Hal-hal yang terkait   cara penanganan bahan limbah untuk produk karya seni rupa dan kriya

Mengumpulkan data
·         Mengumpulkan data   cara penanganan bahan limbah untuk produk karya seni rupa dan kriyai rupa dan kriya

Mengasosiasi
·         Mendiskusikan   cara penanganan bahan limbah untuk produk karya seni rupa dan kriya

Mengkomunikasikan
·         Menyajikan hasil diskusi  tentang  penanganan bahan limbahuntuk produk karya seni rupa dan kriya melalui berbagai cara dan media
Tes tertulis

Penugasan: mengamati dan pembuatan laporan tentang cara penanganan bahan limbah untuk produk karya seni rupa dan kriya

Mendemonstrasikan cara penanganan bahan limbah untuk produk karya seni rupa dan kriya
6 JP
·         Buku  teks pelajaran
·         Sumber lain: buku yang relevan dan internet
3.13 Memahami pengujian bahan sesuai standar baku
4.13 Memilih bahan untuk pengujian  bahan .
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)

·      Jenis, sifat dan fungsi pengujian bahan
·      Spesifikasi  pengujian bahan
·      Proses identifikasi  pengujian bahan
·      Teknik penyajian hasil pengujian  bahan dengan berbagai metode dan media
Mengamati:
·         Mengamati cara  pengujian bahan sesuai standar baku

Menanya:
·         Hal-hal yang terkait   cara  pengujian bahan sesuai standar baku

Mengumpulkan data
·         Mengumpulkan data   cara  pengujian bahan sesuai standar baku

Mengasosiasi
·         Mendiskusikan   cara  pengujian bahan sesuai standar baku

Mengkomunikasikan
·         Menyajikan hasil diskusi  tentang  pengujian bahan sesuai standaar melalui berbagai cara dan media
Tes tertulis

Penugasan: mengamati dan pembuatan laporan tentang pengujian bahan sesuai standar baku

Mendemonstrasikan praktek pengujian bahan sesuai standar baku
6 JP
·         Buku teks pelajaran
·         Sumber lain: buku yang relevan dan internet

3.14 Menjelaskan keselamatan kerja meliputi kecelakaan kerja, api dan kebakaran dan alat pelindung kerja
4.14 Menerapkan keselamatan kerja  meliputi kecelakaan kerja, api dan kebakaran dan alat pelindung kerja

(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)

·      Keselamatan kerja

·      Pelindung keselamatan kerja
·      Teknik penyajian keselamatan kerja dengan berbagai metode dan media

Mengamati:
·         Mengamati cara  penerapan keselamatan kerja meliputi kecelakaan kerja, api dan kebakaran dan alat pelindung kerja

Menanya:
·         Hal-hal yang terkait   cara  penerapan keselamatan kerja meliputi kecelakaan kerja, api dan kebakaran dan alat

Mengumpulkan data
·         Mengumpulkan data   cara  penerapan keselamatan kerja meliputi kecelakaan kerja, api dan kebakaran dan alat

Mengasosiasi
·         Mendiskusikan   cara  penerapan keselamatan kerja meliputi kecelakaan kerja, api dan kebakaran dan alat

Mengkomunikasikan
·      Menyajikan hasil diskusi  tentang   penerapan keselamatan kerja meliputi kecelakaan kerja, api dan kebakaran dan alat  melalui berbagai cara dan media
Tes tertulis

Penugasan: mengamati dan pembuatan laporan tentang penerapan keselamatan kerja meliputi kecelakaan kerja, api dan kebakaran dan alat pelindung kerja

Mendemonstrasikan penerapan keselamatan kerja meliputi kecelakaan kerja, api dan kebakaran dan alat pelindung kerja
6 JP
·         Buku  teks pelajaran
·         Sumber lain: buku yang relevan dan internet
3.15  Mendeskripsikan kesehatan kerja meliputi persyaratan ruang kerja dan penyakit akibat kerja
4.15 Menerapkan kesehatan kerja.
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)

·      Persyaratan kerja
·      Kesehatan kerja

·      Ientifikasi  kesehatan kerja
·      Teknik penyajian hasil kesehatan  berbagai metode dan media
Mengamati:
·         Mengamati cara  menerapkan kesehatan kerja meliputi persyaratan ruang kerja dan pencegahan kecelakaan kerja

Menanya:
·         Hal-hal yang terkait   cara  penerapan kesehatan kerja meliputi persyaratan ruang kerja dan kecelakaan kerja

Mengumpulkan data
·         Mengumpulkan data   cara  penerapan kesehatan kerja meliputi persyaratan ruang kerja dan penyakit akibat kerja

Mengasosiasi
·         Mendiskusikan   cara  p penerapan kesehatan kerja meliputi persyaratan ruang kerja dan penyakit akibat kerjat

Mengkomunikasikan
·         Menyajikan hasil diskusi  tentang   penerapan kesehatan kerja meliputi persyaratan ruang kerja dan penyakit akibat kerja melalui berbagai cara dan media
Tes tertulis

Penugasan: mengamati dan pembuatan laporan tentang kesehatan kerja meliputi persyaratan ruang kerja dan pencegahan kecelakaan kerja

Mendemonstrasikan praktek penerapan kesehatan kerja meliputi persyaratan ruang kerja dan pencegahan kecelakaan kerja

6 JP
·         Buku  teks pelajaran
·         Sumber lain: buku yang relevan dan internet








SILABUS MATA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN

(DASAR BIDANG KEAHLIAN SENI RUPA DAN KRIYA)



Satuan Pendidikan        : SMK

Kelas                                        : XI


Kompetensi Inti              :



KI 1 :   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 :   Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3 :   Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

KI 4 :   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber belajar
1.1 Menghayati mata pelajaran pengetahuan bahan sebagai sarana untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidup umat manusia.
2.1 Menghayati sikap cermat, teliti dan tanggungjawab dalam mengindentifikasi kebutuhan, pengembangan pengetahuan bahan
2.2 Menghayati pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dalam pengembangan pengetahuan bahan secara menyeluruh
2.3 Menghayati pentingnya kolaborasi dan jejaring untuk menemukan solusi dalam pengembangan pengetahuan bahan
2.4 Menghayati pentingnya bersikap jujur, disiplin serta bertanggung jawab sebagai hasil dari pembelajaran pengetahuan bahan





3.1    Mengidentifikasi jenis, sifat dan fungsi bahan pewarna
4.1 Memilih bahan pewarna untuk karya seni rupa dan kriya
(Faktual,Konseptual,
Prosedural)
Bahan pewarna

Mengamati:
§  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang jenis perwarna
§  Mengamati Jenis dab bentuk fisik  bahan pewarna

Menanya:
§  Menanyakan hal-hal yang terkait  Jenis, sifat dan fungsi bahan pewarna
§  Mencari contoh bahan pewarna

Mengumpulkan data
§  Mendokumentasi jenis-jenis dan spesifikasi bahan pewarna
§  Membuat eksperimen bahan warna

Mengasosiasi
·     Menentukan beberapa  bahan pewarna.

Mengkomunikasikan
·      Menyajikan hasil identifikasi, spesifikasi bahan pewarna melalui berbagai cara dan media
Penugasan
Tes tertulis
Tes praktek
Portofolio

8 JP
·         Buku teks pelajaran
·         Sumber  lain: buku yang relevan,dan internet
3.2 Memahami cara penanganan bahan yang berasal dari alam untuk produk karya seni rupa dan kriya
4.2 Melakukan penanganan bahan dari alam yang disiapkan untuk produk karya seni rupa dan kriya
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
·      Penanganan  bahan dari alam
Mengamati:
Mengamati cara penanganan  bahan yang berasal dari alam  

Menanya:
Mendikusikan proses penanganan bahan dari alam.

Merefleksikan hasil pengamtan penanganan bahan dari alam.

Mengumpulkan data
Melakukan  pengumpulan data penanganan bahan  dari alam dari berbagai sumber

Mengasosiasi
Menentukan  alur kerja penanganan bahan dari alam  

Mengkomunikasikan
Menyajikan hasil  penanganan bahan dari alam dengan berbagai metode dan media
Penugasan
Tes tertulis
Tes praktek
Portofolio

16 JP
·         Buku teks pelajaran
·          Sumber  lain: buku yang relevan,
·         dan internet
3.3 Memahami cara penanganan bahan buatan untuk produk karya seni rupa dan kriya

4.3 Melakukan penanganan bahan buatan yang disiapkan untuk produk karya seni rupa dan kriya

(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
·      Penanganan  bahan  buatan  

Mengamati:
Mengamati cara penanganan  bahan yang berasal dari bahan buatan  

Menanya:
Mendikusikan proses penanganan bahan  buatan.

Merefleksikan hasil pengamtan penanganan bahan buatan.

Mengumpulkan data
Melakukan  pengumpulan data penanganan bahan  buatan  dari berbagai sumber
Mengasosiasi
Menentukan  alur kerja penanganan bahan buatan.

Mengkomunikasikan
Menyajikan hasil  penanganan bahan  buatan  dengan berbagai metode dan media.
  
Penugasan
Tes tertulis
Tes praktek
Portofolio

16 JP
·         Buku teks pelajaran
·          Sumber  lain: buku yang relevan,
·         dan internet
3.4 Memahami cara penanganan bahan limbah untuk produk karya seni rupa dan kriya
4.4 Melakukan penanganan bahan dari limbah yang disiapkan untuk produk karya seni rupa dan kriya

(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
·      Penanganan  bahan yang berasal dari bahan limbah  


Mengamati:
Mengamati cara penanganan  bahan yang berasal dari  bahan limbah.

Menanya:
Mendikusikan proses penanganan bahan yang berasal dari  bahan limbah.

Merefleksikan hasil pengamAtan penanganan  bahan ang berasal dari bahan limbah.

Mengumpulkan data
Melakukan  pengumpulan data penanganan bahan  yabg berasal dari dari han limbah  dari  berbagai sumber.

Mengasosiasi
Menentukan  alur kerja penanganan bahan  yang berasal dari bahan dari limbah.

Mengkomunikasikan
Menyajikan hasil  penanganan bahan yang berasal dari bahan dari limbah dengan berbagai metode dan media.
Penugasan
Tes tertulis
Tes praktek
Portofolio

12 JP
·         Buku teks pelajaran
·          Sumber  lain: buku yang relevan,
·         dan internet
3.5 Memahami pengujian bahan sesuai standar baku
4.5 Melakukan pengujian bahan sesuai standar baku
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)
·      Pengujian bahan
Mengamati:
·      Mengamatii hasil pengujian bahan sesuai standar baku

Menanya:
·     Menanyakan  hal-hal yang terkait   dengan pengujian bahan  sesuai standar baku

Mengumpulkan data
·         Mengumpulan data mengenai pengujian bahan standar baku

Mengasosiasi
·     Mendiskusikan dan merumuskan hasil pengujian bahan standar baku

Mengkomunikasikan
·      Menyajikan hasil  diskusi tentang pengujian bahan standar baku
Penugasan
Tes tertulis
Tes praktek
Portofolio

12 JP
·         Buku teks pelajaran
·          Sumber  lain: buku yang relevan,
·         dan internet
3.6 Menjelaskan keselamatan kerja meliputi kecelakaan kerja, api dan kebakaran dan alat pelindung kerja
4.6    Mengoperasikan peralatan keselamatan kerja untuk mencegah kebakaran

(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)

·    Keselamatan dan kesehatan Kerja
Mengamati:
Mengamati berbagai  kecelakaan kerja , Mengamati peralatan k3

Menanya:
Menanyakan  hal-hal yang terkait dg peralatan kesehatan kerja.

Mendiskusikan  dampak adanya kecelakaan kerja.  

Mengumpulkan data
Mengumpulan data mengenai proses /teknik pengoperasian alat keselaman kerja

Mengasosiasi
Menentukan  cara mengatasi kesehatan kerja.
Membuat sebuah rambu-rambu kesehatan kerja.

Mengkomunikasikan
·      Menyajikan hasil diskusi  tentang pencegahan k3, mempresentasikan penggunaan alat keselamatan kerja melalui berbagai cara dan media
Penugasan
Tes tertulis
simulasi

6 JP
·         Buku teks pelajaran
·          Sumber  lain: buku yang relevan,
·         dan internet
3.7    Mendeskripsikan kesehatan kerja meliputi persyaratan ruang kerja dan penyakit akibat kerja
4.7 Menilai kesehatan area kerja
(Faktual,
Konseptual,
Prosedural)

Persyaratan ruang kerja dan penyakit akibat kerja
Mengamati:
Mengamati  lay out ruang kerja.
Mengidentifikasi jenis penyakit akibat kerja.

Menanya:
Mendiskusikan  pencegahan penyakit akibat kerja.

Mengumpulkan data
Mengumpulkan data   persyaratan ruang kerja.
Merangkum  berbagai penyakit yang timbul  akibat kerja.

Mengasosiasi
Menentukan tata tertib penggunaan ruang kerja.

Membuat  gambar langkah-langkah  penanganan kecelakaan kerja.

Mengkomunikasikan
Menyajikan hasil diskusi  tentang  persyaratan ruang kerja dan penyakit akibat kerja melalui berbagai cara dan media
Penugasan
Tes tertulis
Portofolio
6 JP
·         Buku teks pelajaran
·          Sumber  lain: buku yang relevan,
·         dan internet


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SK PENGURUS KOPERASI

SOAL TEORI PRODUKTIF KRIA KAYU

Soal Latihan Tes TWK seleksi CPNS part: 2