SILABUS (C.3.5) Mata Pelajaran : Pembuatan Produk Dengan Teknik Bubut
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 SAJINGAN BESAR
Bidang keahlian : Seni Rupa dan Kriya
Program keahlian : Desain dan ProduksiKriya
Paket
Keahlian : Desain dan ProduksiKriya
Kayu
Mata
Pelajaran : Pembuatan
Produk Dengan Teknik Bubut
KELAS:
XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati mata
pelajaran pembuatan produk dengan teknik bubut sebagai sarana untuk kesejahteraan
dan kelangsungan hidup umat manusia.
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
2.1 Menunjukkan sikap
cermat, teliti dan tanggungjawab dalam mengindentifikasikebutuhan
bahan kayu masiv
2.2 Menunjukkan sikap disiplin dan tanggungjawab dalam mengikuti
langkah-langkah kerja sesuai prosedur
2.3 Menunjukkan sikap
peduli, responsif, dan proaktif dalam penerapan prosedur Keselamatan dan
Kesehatan Kerja sesuai SOP
2.4 Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang
berhubungan dengan pemanfaatan
bahan kayu masiv
|
3. Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
3.1 Menjelaskan jenis-jenis alat pokok, alat bantu dan bahan dalam
proses bubut
3.2 Menjelaskan cara penggunaan alat
pokok, alat bantu dalam teknik bubut dua senter.
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1 Merawat mesin bubut kayu
4.2 Membuat produk dengan teknik bubut dua senter
4.3
Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja teknik
bubut dua senter sesuai SOP
|
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 SAJINGAN BESAR
Bidang keahlian : Seni Rupa dan Kriya
Program keahlian : Desain dan ProduksiKriya
Paket
Keahlian : Desain dan ProduksiKriya
Kayu
Mata
Pelajaran : Pembuatan
Produk dengan Teknik Bubut
KELAS:
XII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati mata
pelajaran pembuatan produk dengan teknik bubut sebagai sarana untuk kesejahteraan
dan kelangsungan hidup umat manusia.
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif
dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan sikap
cermat, teliti dan tanggungjawab dalam
mengindentifikasikebutuhan bahan kayu masiv
2.2 Menunjukkan sikap disiplin dan tanggungjawab dalam mengikuti
langkah-langkah kerja sesuai prosedur
2.3 Menunjukkan sikap
peduli, responsif, dan proaktif dalam penerapan prosedur Keselamatan dan
Kesehatan Kerja sesuai SOP
2.4 Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang
berhubungan dengan pemanfaatan
bahan kayu masiv
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis,
dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1 Menjelaskan jenis
dan karateristik mesin bubut satu senter
3.2 Menjelaskan cara
penggunaan alat bubut satu senter
|
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung
|
4.1
Membuat produk yang
dibuat dengan teknik bubut satu senter
4.2 Membuat produk menggabungkan keteknikan bubut satu senter dan dua senter
4.3
Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja teknik
bubut satu senter sesuai SOP
|
SILABUS
Sekolah : SMK Negeri
1 Sajingan Besar
Bidang keahlian : Seni Rupa dan Kriya
Program keahlian : Desain dan ProduksiKriya
Paket
Keahlian : Desain dan ProduksiKriya
Kayu
Mata
Pelajaran : Pembuatan
Produk Dengan Teknik Bubut
Kelas : XI
Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
AlokasiWaktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menghayati mata
pelajaran pengolahan kayu sebagaisarana untuk kesejahteraan
dan kelangsungan hidup umat manusia.
|
|||||
2.1
Menunjukkan sikap cermat, teliti dan tanggungjawab dalam
mengindentifikasikebutuhan bahan kayu masiv
|
|||||
2.2
Menunjukkan sikap
disiplin dan tanggungjawab dalam mengikuti langkah-langkah kerja sesuai prosedur
|
|||||
2.3
Menunjukkan sikap peduli, responsif, dan proaktif
dalam penerapan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP
|
|||||
2.4
Menunjukkan sikap
peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemanfaatan bahan
kayu masiv
|
|||||
3.3 Menjelaskan jenis-jenis alat pokok, alat bantu dan bahan dalam
proses bubut
3.4 Menjelaskan cara penggunaan alat
pokok, alat bantu dalam teknik bubut dua senter.
3.1 Menjelaskan teknik
bubut satu senter.
4.1
Merawat mesin bubut
kayu.
4.2
Membuat produk yang
dibuat dengan teknik bubut satu senter
4.3
Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam tenik
bubut dua senter sesuai SOP
|
Pembuatan produk
yang dibuat dengan teknik bubut dua senter
|
Mengamati
• Proses pembuatan
produk dengan teknik bubut dua senter
Menanya
• Menanyakan
hal-hal yang terkait teknik bubut dua senter dan proses kerjanya
Mengumpulkan
data
• Mengumpulkan
informasi tentang teknik bubut dua senter
Mengasosiasikan
• Mendiskusikan
tentang teknik bubut dua senter dan proses kerjanya
Mengkomunikasikan
•
Membuat laporan secara lisan dan tertulis tentang teknik
bubut dua senter dan proses kerjanya
•
Membuat Produk kriya
kayu dengan teknik bubut dua senter
|
Tes
Observasi
Portofolio
Tugas
|
102 JP
|
SILABUS
Sekolah : SMK Negeri
1 Sajingan Besar
Satuan Pendidikan :
SMK
Bidang keahlian : Seni Rupa dan Kriya
Program keahlian : Desain dan ProduksiKriya
Paket
Keahlian : Desain dan ProduksiKriya
Kayu
Mata
Pelajaran : Pembuatan
Produk Dengan Teknik Bubut
Kelas : XII
Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menghayati mata
pelajaran pengolahan kayu sebagai sarana untuk kesejahteraan
dan kelangsungan hidup umat manusia.
|
|||||
2.1
Menunjukkan sikap cermat, teliti dan tanggungjawab dalam
mengindentifikasikebutuhan bahan kayu masiv
|
|||||
2.2
Menunjukkan sikap
disiplin dan tanggungjawab dalam mengikuti langkah-langkah kerja sesuai prosedur
|
|||||
2.3
Menunjukkan sikap peduli, responsif, dan proaktif
dalam penerapan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP
|
|||||
2.4 Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang
berhubungan dengan pemanfaatan
bahan kayu dan pembuangan limbah
|
|||||
3.3
Menjelaskan jenis dan karateristik mesin bubut satu
senter
3.1
Menjelaskan cara
penggunaan alat bubut satu senter
4.1 Membuat produk yang dibuat dengan teknik bubut satu senter
4.2 Membuat produk menggabungkan keteknikan bubut satu senter dan dua senter
4.3 Menerapkan
Keselamatan dan Kesehatan Kerja teknik bubut satu senter sesuai SOP
|
Pembuatan produk dengan teknik satu
senter.
Pembuatan produk menggabungkan
keteknikan bubut satu senter dan dua senter
|
Mengamati
• Proses pembuatan
produk dengan teknik bubut satu senter
Menanya
• Menanyakan
hal-hal yang terkait teknik bubut satu senter dan proses kerjanya
Mengumpulkan
data
• Mengumpulkan
informasi tentang teknik bubut satu senter
Mengasosiasikan
• Mendiskusikan
tentang teknik bubut satu senter dan proses kerjanya
Mengkomunikasikan
•
Membuat laporan secara lisan dan tertulis tentang teknik bubut satu senter dan proses kerjanya
•
Membuat Produk kriya
kayu dengan teknik bubut satu senter
•
Membuat Produk kriya
kayu dengan menggabungkan teknik bubut
satu senter dan dua senter
|
Tes
Observasi
Portofolio
Tugas
|
105 JP
|
Komentar
Posting Komentar