SILABUS (C.3.2) Mata Pelajaran : Pembuatan Produk Dengan Teknik Ukir
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 SAJINGAN BESAR
Bidang keahlian : Seni
Rupa dan Kriya
Program keahlian : Desain dan ProduksiKriya
Paket Keahlian :
Desain dan ProduksiKriya Kayu
Mata Pelajaran : Pembuatan Produk Dengan Teknik Ukir
KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghayati
mata pelajaran pembuatan produk dengan teknik ukir sebagaisarana untuk kesejahteraan
dan kelangsungan hidup umat manusia.
|
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan
sikap cermat, teliti dan tanggungjawab dalam mengindentifikasikebutuhan
bahan kayu masiv
2.2
Menunjukkan sikap disiplin dan tanggungjawab
dalam mengikuti langkah-langkah kerja sesuai prosedur
2.3
Menunjukkan
sikap peduli, responsif, dan proaktif dalam penerapan prosedur Keselamatan
dan Kesehatan Kerja sesuai SOP
2.4
Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan
melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemanfaatan bahan kayu Masiv dan pembuangan limbah
|
3.
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
3.1
Menjelaskan jenis ukiran pada proses pembuatan produk
kriya kayu
3.2
Menjelaskan cara membuat ukiran kayu pada proses pembuatan produk kriya kayu
3.3
Memilihalat
pokok dan bantu serta bahan ukir
kayu pada proses pembentukan sesuai teknik yang digunakan
3.4
Menjelaskan jenis ukir datar,ukir dalam, ukir krawangan
2D
3.5
Menjelaskan cara membuat ukir datar,ukir dalam, ukir krawangan
2D
3.6
Memilih peralatan pokokdan bantu serta bahan pembuatan produk dengan teknik ukir
|
4.
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Membuat produk 2D dengan teknik ukir datar
4.2
Membuat produk2D dengan teknik ukir dalam
4.3
Membuat produk 2D dengan teknik ukir krawangan
4.4
Menerapkan
Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP
|
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 SAJINGAN BESAR
Bidang keahlian : Seni Rupa dan Kriya
Program keahlian : Desain dan ProduksiKriya
Paket Keahlian : Desain dan ProduksiKriya Kayu
Mata Pelajaran : Pembuatan Produk dengan Teknik
Ukir
KELAS: XII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghayati mata
pelajaran pembuatan produk dengan teknik ukir sebagai sarana untuk kesejahteraan dan
kelangsungan hidup umat manusia.
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan sikap
cermat, teliti dan tanggungjawab dalam mengindentifikasikebutuhan
bahan tanah liat
2.2
Menunjukkan sikap disiplin dan tanggungjawab dalam
mengikuti langkah-langkah kerja sesuai prosedur
2.3
Menunjukkan sikap
peduli, responsif, dan proaktif dalam penerapan prosedur Keselamatan dan
Kesehatan Kerja sesuai SOP
2.4
Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui
kegiatan yang berhubungan dengan pemanfaatan
bahan kayu dan pembuangan limbah
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Menjelaskan jenis ukir 3D
3.2
Menjelaskan cara mengukir produk 3D
3.3
Memilih alat pokok dan bantu serta bahan produk ukir 3D
|
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung
|
4.1
Membuat produk 3D dengan teknik ukir datar
4.2 Membuat produk 3D dengan teknik ukir
dalam
4.3 Membuat produk 3D dengan teknik ukir
krawangan
4.4 Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP
|
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SAJINGAN BESAR
Bidang keahlian : Seni Rupa dan Kriya
Program keahlian : Desain dan ProduksiKriya
Paket Keahlian : Desain dan ProduksiKriya Kayu
Mata Pelajaran : Pembuatan Produk Dengan Teknik Ukir
Kelas : XI
Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menghayati mata
pelajaran pengolahan kayu masiv sebagaisarana untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidup umat manusia.
|
|||||
2.1 Menunjukkan sikap cermat, teliti dan tanggungjawab dalam
mengindentifikasikebutuhan bahan kayu masiv
|
|||||
2.2 Menunjukkan sikap disiplin dan
tanggungjawab dalam mengikuti langkah-langkah kerja sesuai prosedur
|
|||||
2.3 Menunjukkan sikap peduli, responsif, dan proaktif dalam
penerapan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP
|
|||||
2.4 Menunjukkan sikap peduli terhadap
lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemanfaatan bahan kayu masiv dan pembuangan limbah
|
|||||
3.1 Menjelaskan Pembuatan Produk Dengan Teknik Ukir pada
proses pembentukan
|
Pembuatan
Produk Dengan Teknik Ukir pada proses pembentukan
|
Mengamati
• Mengamati Pembuatan Produk Dengan Teknik Ukir pada
proses pembentukan
Menanya
• Menanyakan hal-hal yang terkait dengan jenis ukir kayu pada proses pembentukan
Mengumpulkan data
• Mengumpulkan informasi tentang teknik ukir 2D pada proses pembentukan
Mengasosiasikan
• Mendiskusikan tentang
jenis produk 2D ukir kriya kayu
pada proses pembentukan
Mengkomunikasikan
• Membuat laporan secara lisan dan tertulis tentang pembuatan produk ukir 2D dengan teknik ukir
pada proses pembentukan
• Membuat produk ukir 2D pembentukan dengan teknik ukir datar, teknik ukir dalam, dan teknik ukir kerawangan
|
Tes
Observasi
Portofolio
Tugas
|
108 JP
|
|
3.2 Menjelaskan cara pembuatan produk dengan teknik ukir pada proses pembentukan
|
|||||
3.3 Memilih alat pokok dan bantu serta bahan ukir pada
prosespembentukan sesuai teknik yang digunakan
|
|||||
4.1
Membuat produk
dengan teknik ukir datar
|
|||||
4.2
Membuat produk dengan teknik ukir dalam
|
|||||
4.3 Membuat produk dengan teknik ukir
krawangan
|
|||||
4.4
Menerapkan
Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menghayati mata
pelajaran pengolahan kayu masiv sebagai sarana untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidup umat manusia.
|
|||||
2.1 Menunjukkan sikap cermat, teliti dan tanggungjawab dalam
mengindentifikasikebutuhan bahan tanah liat
|
|||||
2.2 Menunjukkan sikap disiplin dan
tanggungjawab dalam mengikuti langkah-langkah kerja sesuai prosedur
|
|||||
2.3 Menunjukkan sikap peduli, responsif, dan proaktif dalam
penerapan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP
|
|||||
2.4 Menunjukkan sikap peduli terhadap
lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemanfaatan bahan kayu masiv dan pembuangan limbah
|
|||||
3.1 Menjelaskan
jenis ukir datar, ukir dalam
dan ukir kerawangan
|
Pembuatan produk ukir dua dimensi bentuk ukir datar, dalam
dan krawangan.
|
Mengamati
• Mengamati jenis
produk ukir 2D
Menanya
• Menanyakan hal-hal yang terkait dengan jenis produk ukir 2D
Mengumpulkan data
• Mengumpulkan informasi tentang jenis produk ukir 2D
Mengasosiasikan
• Mendiskusikan tentang
jenis produk ukir 2D
Mengkomunikasikan
• Membuat laporan secara lisan dan tertulis tentang jenis produk ukir 2D
•
Membuat produk ukir 2D dengan teknik ukir datar, ukir
dalam dan ukir kerawangan
|
Tes
Observasi
Portofolio
Tugas
|
96 JP
|
|
3.2
Memilih alat pokok dan bantu serta bahan kayu masiv
|
|||||
3.3
Memilih alat pokok dan bantu serta bahan kayu masiv
|
|||||
4.1 Membuat produk 2D dengan teknik
ukir datar
|
|||||
4.2 Membuat produk 2D dengan teknik ukir dalam
|
|||||
4.3 Membuat produk 2D dengan teknik
ukir kerawangan
|
|||||
4.4 Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP
|
|||||
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMKN 1 SAJINGAN BESAR
Bidang keahlian : Seni Rupa dan Kriya
Program keahlian : Desain dan ProduksiKriya
Paket Keahlian : Desain dan ProduksiKriya Kayu
Mata Pelajaran : Pembuatan Produk Dengan
Teknik Ukir
Kelas : XII
Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menghayati mata
pelajaran pengolahan kayu masiv sebagai sarana untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidup umat manusia.
|
|||||
2.1 Menunjukkan sikap cermat, teliti dan tanggungjawab dalam
mengindentifikasikebutuhan bahan kayu masiv
|
|||||
2.2 Menunjukkan sikap disiplin dan
tanggungjawab dalam mengikuti langkah-langkah kerja sesuai prosedur
|
|||||
2.3 Menunjukkan sikap peduli, responsif, dan proaktif dalam
penerapan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP
|
|||||
2.4
Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui
kegiatan yang berhubungan dengan pemanfaatan
bahan kayu masiv dan pembuangan limbah
|
|||||
3.1
Menjelaskan jenis produk ukir 3D
|
Pembuatan
produk ukir tiga dimensi bentuk ukir
datar, dalam dan krawangan.
|
Mengamati
•
Mengamati jenis produk ukir 3D
Menanya
• Menanyakan hal-hal yang terkait dengan jenis produk ukir 3D
Mengumpulkan data
• Mengumpulkan informasi tentang jenis produk ukir 3D
Mengasosiasikan
•
Mendiskusikan
tentang jenis produk ukir 3D
Mengkomunikasikan
• Membuat laporan secara lisan dan tertulis tentang jenis produk ukir 3D
• Membuat produk ukir 3D dengan teknik ukir datar,
teknik ukir dalam dan teknik ukir kerawangan.
|
Tes
Observasi
Portofolio
Tugas
|
227 JP
|
|
3.2
Menjelaskan cara mengukir 3D
|
|||||
3.3
Memilih alat pokok dan bantu serta bahan ukir 3D
|
|||||
4.1
Membuat produk 3D teknik ukir
|
|||||
4.2
Membuat produk ukir 3D dengan teknik ukir datar
|
|||||
4.3
Membuat produk ukir 3D dengan teknik ukir dalam
|
|||||
4.4
Membuat produk ukir 3D dengan teknik ukir kerawangan
|
|||||
4.5
Menerapkan
Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP
|
|||||
Komentar
Posting Komentar