SILABUS (C.3.2) Mata Pelajaran : Pembuatan Produk Dengan Teknik Ukir



KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 SAJINGAN BESAR


Bidang keahlian               : Seni Rupa dan Kriya
Program keahlian             : Desain dan ProduksiKriya
Paket Keahlian                 : Desain dan ProduksiKriya Kayu
Mata Pelajaran                : Pembuatan Produk Dengan Teknik Ukir

KELAS:  XI
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.1     Menghayati mata pelajaran pembuatan produk dengan teknik ukir  sebagaisarana untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidup umat manusia.
2.   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1    Menunjukkan sikap cermat, teliti  dan  tanggungjawab dalam mengindentifikasikebutuhan bahan kayu masiv
2.2    Menunjukkan sikap disiplin dan tanggungjawab dalam mengikuti langkah-langkah kerja sesuai prosedur
2.3    Menunjukkan sikap peduli, responsif, dan proaktif dalam penerapan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP
2.4    Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemanfaatan bahan kayu Masiv dan pembuangan limbah
3.   Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1     Menjelaskan  jenis ukiran pada proses pembuatan produk kriya kayu
3.2     Menjelaskan cara membuat ukiran kayu pada proses pembuatan produk kriya kayu
3.3     Memilihalat pokok dan bantu serta bahan ukir kayu pada proses pembentukan sesuai teknik yang digunakan
3.4     Menjelaskan  jenis ukir datar,ukir dalam, ukir krawangan 2D 
3.5     Menjelaskan cara membuat ukir datar,ukir dalam, ukir krawangan 2D 
3.6     Memilih peralatan pokokdan bantu serta bahan pembuatan produk dengan teknik ukir
4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
4.1    Membuat produk 2D dengan teknik ukir datar
4.2    Membuat produk2D dengan teknik ukir dalam
4.3    Membuat produk 2D dengan teknik ukir krawangan
4.4    Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP



KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 SAJINGAN BESAR


Bidang keahlian               : Seni Rupa dan Kriya
Program keahlian             : Desain dan ProduksiKriya
Paket Keahlian                 : Desain dan ProduksiKriya Kayu
Mata Pelajaran                : Pembuatan Produk dengan Teknik Ukir

KELAS:  XII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.1     Menghayati mata pelajaran pembuatan produk dengan teknik ukir sebagai sarana untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidup umat manusia.
2.   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1    Menunjukkan sikap cermat, teliti  dan  tanggungjawab dalam mengindentifikasikebutuhan bahan tanah liat
2.2    Menunjukkan sikap disiplin dan tanggungjawab dalam mengikuti langkah-langkah kerja sesuai prosedur
2.3    Menunjukkan sikap peduli, responsif, dan proaktif dalam penerapan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP
2.4    Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemanfaatan bahan kayu dan pembuangan limbah
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1    Menjelaskan  jenis ukir 3D
3.2    Menjelaskan cara mengukir produk 3D
3.3    Memilih alat pokok dan bantu serta bahan produk ukir 3D

4.   Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
4.1     Membuat produk 3D dengan teknik ukir datar
4.2     Membuat produk 3D dengan teknik ukir dalam
4.3     Membuat produk 3D dengan teknik ukir krawangan
4.4     Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP




SILABUS

Satuan Pendidikan                     : SMKN 1 SAJINGAN BESAR
Bidang keahlian                         : Seni Rupa dan Kriya
Program keahlian                      : Desain dan ProduksiKriya
Paket Keahlian                          : Desain dan ProduksiKriya Kayu
Mata Pelajaran                          : Pembuatan Produk Dengan Teknik Ukir
Kelas                                        : XI

Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menghayati mata pelajaran pengolahan kayu masiv sebagaisarana untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidup umat manusia.





2.1    Menunjukkan sikap cermat, teliti  dan  tanggungjawab dalam mengindentifikasikebutuhan bahan kayu masiv





2.2    Menunjukkan sikap disiplin dan tanggungjawab dalam mengikuti langkah-langkah kerja sesuai prosedur





2.3    Menunjukkan sikap peduli, responsif, dan proaktif dalam penerapan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP





2.4    Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemanfaatan bahan kayu masiv dan pembuangan limbah





3.1    Menjelaskan Pembuatan Produk Dengan Teknik Ukir pada proses pembentukan
Pembuatan Produk Dengan Teknik Ukir pada proses pembentukan

Mengamati
Mengamati Pembuatan Produk Dengan Teknik Ukir pada proses pembentukan
Menanya
Menanyakan hal-hal yang terkait dengan  jenis ukir kayu pada proses pembentukan
Mengumpulkan data
   Mengumpulkan informasi tentang  teknik ukir 2D pada proses pembentukan
Mengasosiasikan
Mendiskusikan tentang  jenis produk 2D ukir kriya  kayu pada proses pembentukan
Mengkomunikasikan
   Membuat laporan secara lisan dan tertulis tentang   pembuatan produk ukir 2D dengan teknik ukir pada proses pembentukan
   Membuat produk ukir 2D  pembentukan dengan teknik ukir datar, teknik ukir dalam, dan teknik ukir kerawangan
Tes
Observasi
Portofolio
Tugas
108 JP

3.2    Menjelaskan cara pembuatan produk dengan teknik ukir pada proses pembentukan





3.3    Memilih alat pokok dan bantu serta bahan ukir pada prosespembentukan sesuai teknik yang digunakan




4.1    Membuat produk   dengan teknik ukir datar




4.2    Membuat produk dengan teknik ukir dalam




4.3    Membuat produk dengan teknik ukir krawangan




4.4    Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP





Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menghayati mata pelajaran pengolahan kayu masiv sebagai sarana untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidup umat manusia.





2.1    Menunjukkan sikap cermat, teliti  dan  tanggungjawab dalam mengindentifikasikebutuhan bahan tanah liat





2.2    Menunjukkan sikap disiplin dan tanggungjawab dalam mengikuti langkah-langkah kerja sesuai prosedur





2.3    Menunjukkan sikap peduli, responsif, dan proaktif dalam penerapan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP





2.4    Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemanfaatan bahan kayu masiv dan pembuangan limbah





3.1    Menjelaskan    jenis ukir datar,  ukir dalam dan ukir kerawangan
Pembuatan produk  ukir dua dimensi bentuk ukir datar, dalam dan krawangan.
Mengamati
Mengamati  jenis produk ukir 2D
Menanya
Menanyakan hal-hal yang terkait dengan  jenis produk ukir 2D
Mengumpulkan data
   Mengumpulkan informasi tentang  jenis produk ukir  2D
Mengasosiasikan
   Mendiskusikan tentang  jenis produk ukir 2D Mengkomunikasikan
   Membuat laporan secara lisan dan tertulis tentang   jenis produk ukir  2D
   Membuat produk ukir 2D dengan teknik ukir datar, ukir dalam dan ukir kerawangan
Tes
Observasi
Portofolio
Tugas
96 JP

3.2    Memilih alat pokok dan bantu serta bahan kayu masiv






3.3    Memilih alat pokok dan bantu serta bahan kayu masiv
4.1    Membuat produk 2D dengan teknik ukir datar





4.2    Membuat produk 2D dengan teknik ukir dalam





4.3    Membuat produk 2D dengan teknik ukir kerawangan





4.4    Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP



























 SILABUS

Satuan Pendidikan                     : SMKN 1 SAJINGAN BESAR
Bidang keahlian                         : Seni Rupa dan Kriya
Program keahlian                      : Desain dan ProduksiKriya
Paket Keahlian                          : Desain dan ProduksiKriya Kayu
Mata Pelajaran                          : Pembuatan Produk Dengan Teknik Ukir
Kelas                                        : XII

Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menghayati mata pelajaran pengolahan kayu masiv sebagai sarana untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidup umat manusia.





2.1    Menunjukkan sikap cermat, teliti  dan  tanggungjawab dalam mengindentifikasikebutuhan bahan kayu masiv






2.2    Menunjukkan sikap disiplin dan tanggungjawab dalam mengikuti langkah-langkah kerja sesuai prosedur





2.3    Menunjukkan sikap peduli, responsif, dan proaktif dalam penerapan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP





2.4    Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemanfaatan bahan kayu masiv dan pembuangan limbah





3.1    Menjelaskan  jenis produk ukir 3D
Pembuatan produk  ukir tiga dimensi bentuk ukir datar, dalam dan krawangan.
Mengamati
   Mengamati  jenis produk ukir 3D
Menanya
Menanyakan hal-hal yang terkait dengan  jenis produk ukir  3D
Mengumpulkan data
   Mengumpulkan informasi tentang  jenis produk ukir 3D
Mengasosiasikan
   Mendiskusikan tentang  jenis produk ukir 3D
Mengkomunikasikan
   Membuat laporan secara lisan dan tertulis tentang   jenis produk ukir 3D
   Membuat produk ukir 3D dengan teknik ukir datar, teknik ukir dalam dan teknik ukir kerawangan.
Tes
Observasi
Portofolio
Tugas
227 JP

3.2    Menjelaskan cara mengukir 3D
3.3    Memilih alat pokok dan bantu serta bahan ukir 3D
4.1    Membuat produk 3D teknik ukir
4.2    Membuat produk ukir 3D dengan teknik ukir datar
4.3    Membuat produk ukir 3D dengan teknik ukir dalam
4.4    Membuat produk ukir 3D dengan teknik ukir kerawangan
4.5    Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SK PENGURUS KOPERASI

SOAL TEORI PRODUKTIF KRIA KAYU

Soal Latihan Tes TWK seleksi CPNS part: 2