SILABUS (C.3.4) Mata Pelajaran : Pembuatan Produk Dengan Teknik Sekrol
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 SAJINGAN BESAR
Bidang keahlian : Seni Rupa dan Kriya
Program keahlian : Desain dan Produksi
Kriya
Paket
Keahlian : Desain dan Produksi
Kriya
Kayu
Mata
Pelajaran : Pembuatan
Produk dengan Teknik Sekrol
KELAS:
XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati mata
pelajaran pembuatan produk dengan teknik sekrol sebagai sarana untuk kesejahteraan
dan kelangsungan hidup umat manusia.
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
2.1 Menunjukkan sikap
cermat, teliti dan tanggungjawab dalam mengindentifikasi kebutuhan
bahan Kayu Masiv,Kayu Lapis dan Particle
( MDV )
2.2 Menunjukkan sikap disiplin dan tanggungjawab dalam mengikuti
langkah-langkah kerja sesuai prosedur
2.3 Menunjukkan sikap
peduli, responsif, dan proaktif dalam penerapan prosedur Keselamatan dan
Kesehatan Kerja sesuai SOP
2.4 Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang
berhubungan dengan pemanfaatan
bahan Kayu Masiv,Kayu Lapis dan Particle
( MDF )
|
3. Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
3.1 Menjelaskan jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrol pada proses pembentukan
3.2 Menjelaskan cara membuat
produk dengan teknik sekrol pada proses pembentukan
3.3 Memilih alat
pokok, alat bantu dan bahan produk sekrol pada
proses pembentukan sesuai teknik yang digunakan
3.4 Menjelaskan jenis alat pokok, alat bantu dan bahan produk
sekrol pada proses pembentukan sesuai teknik yang digunakan
3.5 Menjelaskan cara penggunaan alat
pokok, alat bantu sesuai dengan teknik yang digunakan
3.6 Memilih peralatan pokok dan bantu serta bahan teknik sekrol
|
4.1 Membuat produk dengan teknik sekrol luar
4.2 Membuat produk dengan teknik sekrol
dalam
4.3 Membuat produk dengan penggabungan teknik sekroluar dan sekrol dalam, sebagai unsur dekorasi pada produk
fungsional dan home decore
4.4
Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP
|
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 SAJINGAN BESAR
Bidang keahlian : Seni Rupa dan Kriya
Program keahlian : Desain dan Produksi
Kriya
Paket
Keahlian : Desain dan Produksi
Kriya
Kayu
Mata
Pelajaran : Pembuatan
Produk Dengan Teknik Sekrol
KELAS: XII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati mata
pelajaran pembuatan produk dengan teknik sekrol sebagai sarana untuk kesejahteraan
dan kelangsungan hidup umat manusia.
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
2.1 Menunjukkan sikap
cermat, teliti dan tanggungjawab dalam mengindentifikasi kebutuhan
bahan Kayu Masiv, Kayu Lapis dan Particle
(MDF)
2.2 Menunjukkan sikap disiplin dan tanggungjawab dalam mengikuti
langkah-langkah kerja sesuai prosedur
2.3 Menunjukkan sikap
peduli, responsif, dan proaktif dalam penerapan prosedur Keselamatan dan
Kesehatan Kerja sesuai SOP
2.4 Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang
berhubungan dengan pemanfaatan
bahan Kayu Masiv, Kayu Lapis dan Particle
(MDF) dan pembuangan limbah
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis,
dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1 Menjelaskan jenis
produk yang dibuat dengan teknik sekrol
sebagai unsur dekorasi pada produk fungsional dan home decore
3.2 Menjelaskan cara membuat produk dengan teknik sekrol sebagai unsur dekorasi pada produk fungsional dan home decore
3.3 Memilih alat pokok dan bantu serta bahan produk
yang dibuat dengan teknik sekrol
|
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung
|
4.1 Membuat produk yang dibuat dengan teknik sekroluar,
4.2
Membuat produk yang
dibuat dengan teknik sekrol dalam,
4.3 Membuat produk yang dibuat dengan penggabungan teknik sekroluar dan
teknik sekrol dalam, sebagai unsur dekorasi pada produk fungsional dan Home decore.
4.4
Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP
|
SILABUS
Satuan Pendidikan :
SMKN 1
SAJINGAN BESAR
Bidang keahlian : Seni Rupa dan Kriya
Program keahlian : Desain dan Produksi
Kriya
Paket
Keahlian : Desain dan Produksi
Kriya
Kayu
Mata
Pelajaran : Pembuatan
Produk Dengan Teknik Sekrol
Kelas : XI
Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menghayati mata
pelajaran pengolahan kayu sebagai sarana untuk kesejahteraan
dan kelangsungan hidup umat manusia.
|
|
|
|
|
|
2.1
Menunjukkan sikap cermat, teliti dan tanggungjawab dalam mengindentifikasi kebutuhan
bahan kayu masiv,kayu lapis dan particle
(MDF)
|
|
|
|
|
|
2.2
Menunjukkan sikap
disiplin dan tanggungjawab dalam mengikuti langkah-langkah kerja sesuai prosedur
|
|
|
|
|
|
2.3
Menunjukkan sikap peduli, responsif, dan proaktif
dalam penerapan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP
|
|
|
|
|
|
2.4
Menunjukkan sikap
peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemanfaatan bahan
kayu masiv,kayu lapis, particle
(MDF) dan pembuangan limbah
|
|
|
|
|
|
3.1
Menjelaskan
jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrol pada proses pembentukan
|
Pembuatan produk
yang dibuat dengan teknik sekrol
|
Mengamati
• Mengamati jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrol pada proses pembentukan
Menanya
• Menanyakan
hal-hal yang terkait dengan jenis produk
yang dibuat dengan teknik sekrol pada proses pembentukan
Mengumpulkan
data
•
Mengumpulkan informasi tentang jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrol
pada proses pembentukan
Mengasosiasikan
•
Mendiskusikan tentang
jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrol pada proses pembentukan
Mengkomunikasikan
•
Membuat laporan secara lisan dan tertulis tentang jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrol pada proses pembentukan
•
Membuat produk yang
dibuat dengan teknik sekrol,sebagai unsur dekor benda fungsional dan home decore
|
Tes
Observasi
Portofolio
Tugas
|
54 JP
|
|
3.2
Menjelaskan cara membuat produk yang
dibuat dengan teknik sekrol pada proses pembentukan
|
|||||
3.3
Memilih alat pokok dan bantu serta bahan produk yang dibuat dengan teknik sekrol pada proses pembentukan
sesuai teknik yang digunakan
|
|||||
4.1 Menerapkan
Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menghayati mata
pelajaran pengolahan kayu sebagai sarana untuk kesejahteraan
dan kelangsungan hidup umat manusia.
|
|
|
|
|
|
2.1
Menunjukkan sikap cermat, teliti dan tanggungjawab dalam mengindentifikasi kebutuhan
bahan kayu masv,kayu lapis dan particle
(MDF)
|
|
|
|
|
|
2.2
Menunjukkan sikap
disiplin dan tanggungjawab dalam mengikuti langkah-langkah kerja sesuai prosedur
|
|
|
|
|
|
2.3
Menunjukkan sikap peduli, responsif, dan proaktif
dalam penerapan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP
|
|
|
|
|
|
2.4
Menunjukkan sikap
peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemanfaatan bahan
kayu masiv, kayu lapis, particle
(MDF) dan pembuangan limbah
|
|
|
|
|
|
3.1
Menjelaskan
jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrol
|
Produk yang dibuat dengan teknik sekrol
|
Mengamati
• Mengamati jenis produk yang dibuat dengan teknik scrol
Menanya
• Menanyakan
hal-hal yang terkait dengan jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrol
Mengumpulkan
data
• Mengumpulkan
informasi tentang jenis produk yang dibuat dengan teknik Mengasosiasikan
• Mendiskusikan
tentang jenis produk yang dibuat
dengan teknik sekrol
Mengkomunikasikan
• Membuat laporan
secara lisan dan tertulis tentang
jenis produk yang dibuat dengan
teknik sekrol
• Membuat produk yang dibuat dengan teknik sekrol
|
Tes
Observasi
Portofolio
Tugas
|
48 JP
|
|
3.2
Menjelaskan cara membuat produk yang dibuat
dengan teknik sekrol
|
|||||
3.3 Memilih alat pokok dan bantu serta bahan produk yang dibuat dengan
teknik sekrol
|
|||||
4.1
Membuat produk dengan teknik sekroluar (manual)
|
|||||
4.2
Membuat produk dengan teknik sekrol dalam (manual)
|
|||||
4.3
Membuat produk dengan
teknik sekrol gabungan luar dan
dalam (manual)
|
|||||
4.4
Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP
|
|||||
|
SILABUS
Satuan Pendidikan :
SMKN 1
SAJINGAN BESAR
Bidang keahlian : Seni Rupa dan Kriya
Program keahlian : Desain dan Produksi
Kriya
Paket
Keahlian : Desain dan Produksi
Kriya
Kayu
Mata
Pelajaran : Pembuatan
Produk dengan Teknik Sekrol
Kelas : XII
Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menghayati mata
pelajaran pengolahan kayu sebagai sarana untuk kesejahteraan
dan kelangsungan hidup umat manusia.
|
|
|
|
|
|
2.1
Menunjukkan sikap cermat, teliti dan tanggungjawab dalam mengindentifikasi kebutuhan
bahan kayu masiv,kayu lapis dan particle
(MDF)
|
|
|
|
|
|
2.2
Menunjukkan sikap
disiplin dan tanggungjawab dalam mengikuti langkah-langkah kerja sesuai prosedur
|
|
|
|
|
|
2.3
Menunjukkan sikap peduli, responsif, dan proaktif
dalam penerapan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP
|
|
|
|
|
|
2.4 Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang
berhubungan dengan pemanfaatan
bahan kayu dan pembuangan limbah
|
|
|
|
|
|
3.1 Menjelaskan jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrol
sebagai unsur dekorasi benda fungsional dan Home decore
|
Produk yang dibuat dengan teknik sekrol
|
Mengamati
•
Mengamati jenis
produk yang dibuat dengan teknik sekrolsebagai unsur dekorasi benda
fungsional dan Home decore
Menanya
• Menanyakan
hal-hal yang terkait dengan jenis
produk yang dibuat dengan teknik sekrolsebagai unsur dekorasi benda
fungsional dan Home decore
Mengumpulkan
data
•
Mengumpulkan informasi tentang jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrolsebagai
unsur dekorasi benda fungsional dan Home
decore
Mengasosiasikan
• Mendiskusikan
tentang jenis produk yang dibuat
dengan teknik sekrolsebagai unsur dekorasi benda fungsional dan Home decore
Mengkomunikasikan
•
Membuat laporan secara lisan dan tertulis tentang jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrolsebagai
unsur dekorasi benda fungsional dan Home
decore
•
Membuat produk yang dibuat dengan teknik sekrolsebagai
unsur dekorasi benda fungsional dan Home
decore
|
Tes
Observasi
Portofolio
Tugas
|
105 JP
|
|
3.2 Menjelaskan cara membuat produk yang
dibuat dengan teknik sekrolsebagai unsur dekorasi benda fungsional dan Home decore
|
|||||
3.3 Memilih alat pokok, bantu dan bahan produk yang
dibuat dengan teknik sekrolsebagai unsur dekorasi benda fungsional dan Home decore
|
|||||
4.1 Membuat produk yang dibuat dengan teknik sekrol sebagai unsur dekorasi benda
fungsional dan Home decore dengan
teknik luar (masinal)
|
|||||
4.2 Membuat produk yang dibuat dengan teknik sekrolsebagai
unsur dekorasi benda fungsional dan Home
decore dengan teknik dalam (masinal)
|
|||||
4.3 Membuat produk yang dibuat dengan teknik sekrolsebagai
unsur dekorasi benda fungsional dan Home
decore dengan penggabungan teknik luar dan dalam (masinal)
|
|||||
4.4 Menerapkan
Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP
|
Komentar
Posting Komentar