SILABUS (C.3.4) Mata Pelajaran : Pembuatan Produk Dengan Teknik Sekrol



KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 SAJINGAN BESAR


Bidang keahlian               : Seni Rupa dan Kriya
Program keahlian             : Desain dan Produksi Kriya
Paket Keahlian                 : Desain dan Produksi Kriya Kayu
Mata Pelajaran                : Pembuatan Produk dengan Teknik Sekrol

KELAS:  XI
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.1     Menghayati mata pelajaran pembuatan produk dengan teknik sekrol sebagai sarana untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidup umat manusia.
2.   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1    Menunjukkan sikap cermat, teliti  dan  tanggungjawab dalam mengindentifikasi kebutuhan bahan Kayu Masiv,Kayu Lapis dan Particle ( MDV )
2.2    Menunjukkan sikap disiplin dan tanggungjawab dalam mengikuti langkah-langkah kerja sesuai prosedur
2.3    Menunjukkan sikap peduli, responsif, dan proaktif dalam penerapan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP
2.4    Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemanfaatan bahan Kayu Masiv,Kayu Lapis dan Particle ( MDF )
3.   Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1     Menjelaskan  jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrol pada proses pembentukan
3.2     Menjelaskan cara membuat produk dengan teknik sekrol pada proses pembentukan
3.3     Memilih alat pokok, alat bantu dan bahan produk sekrol pada proses pembentukan sesuai teknik yang digunakan
3.4     Menjelaskan  jenis alat pokok, alat bantu dan bahan produk sekrol pada proses pembentukan sesuai teknik yang digunakan
3.5     Menjelaskan cara penggunaan alat pokok, alat bantu sesuai dengan teknik yang digunakan
3.6     Memilih peralatan pokok dan bantu serta bahan teknik sekrol
4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
4.1    Membuat produk dengan teknik sekrol luar
4.2    Membuat produk dengan teknik sekrol dalam
4.3    Membuat produk dengan penggabungan teknik sekroluar dan sekrol dalam, sebagai unsur dekorasi pada produk fungsional  dan home decore
4.4     Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP

 KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 SAJINGAN BESAR


Bidang keahlian               : Seni Rupa dan Kriya
Program keahlian             : Desain dan Produksi Kriya
Paket Keahlian                 : Desain dan Produksi Kriya Kayu
Mata Pelajaran                : Pembuatan Produk Dengan Teknik Sekrol

KELAS:  XII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.1     Menghayati mata pelajaran pembuatan produk dengan teknik sekrol sebagai sarana untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidup umat manusia.
2.   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1    Menunjukkan sikap cermat, teliti  dan  tanggungjawab dalam mengindentifikasi kebutuhan bahan Kayu Masiv, Kayu Lapis dan Particle (MDF)
2.2    Menunjukkan sikap disiplin dan tanggungjawab dalam mengikuti langkah-langkah kerja sesuai prosedur
2.3    Menunjukkan sikap peduli, responsif, dan proaktif dalam penerapan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP
2.4    Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemanfaatan bahan Kayu Masiv, Kayu Lapis dan Particle (MDF) dan pembuangan limbah
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.1    Menjelaskan jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrol sebagai unsur dekorasi pada produk fungsional dan home decore
3.2    Menjelaskan cara membuat produk dengan teknik sekrol sebagai unsur dekorasi pada produk fungsional dan home decore
3.3    Memilih alat pokok dan bantu serta bahan produk yang dibuat dengan teknik sekrol

4.   Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
4.1     Membuat produk yang dibuat dengan teknik sekroluar,
4.2     Membuat produk yang dibuat dengan teknik sekrol dalam, 
4.3     Membuat produk yang dibuat dengan penggabungan teknik sekroluar dan teknik sekrol dalam, sebagai unsur  dekorasi pada produk fungsional dan Home decore.
4.4     Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP

SILABUS
                                                                                                                                   
Satuan Pendidikan                     : SMKN 1 SAJINGAN BESAR
Bidang keahlian                         : Seni Rupa dan Kriya
Program keahlian                      : Desain dan Produksi Kriya
Paket Keahlian                          : Desain dan Produksi Kriya Kayu
Mata Pelajaran                          : Pembuatan Produk Dengan Teknik Sekrol
Kelas                                        : XI

Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menghayati mata pelajaran pengolahan kayu  sebagai sarana untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidup umat manusia.





2.1    Menunjukkan sikap cermat, teliti  dan  tanggungjawab dalam mengindentifikasi kebutuhan bahan kayu masiv,kayu lapis dan particle (MDF)





2.2    Menunjukkan sikap disiplin dan tanggungjawab dalam mengikuti langkah-langkah kerja sesuai prosedur





2.3    Menunjukkan sikap peduli, responsif, dan proaktif dalam penerapan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP





2.4    Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemanfaatan bahan kayu masiv,kayu lapis, particle (MDF) dan pembuangan limbah





3.1    Menjelaskan  jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrol pada proses pembentukan
Pembuatan produk yang dibuat dengan teknik sekrol

Mengamati
Mengamati  jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrol pada proses pembentukan
Menanya
Menanyakan hal-hal yang terkait dengan  jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrol  pada proses pembentukan
Mengumpulkan data
   Mengumpulkan informasi tentang  jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrol pada proses pembentukan
Mengasosiasikan
Mendiskusikan tentang  jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrol pada proses pembentukan
Mengkomunikasikan
   Membuat laporan secara lisan dan tertulis tentang   jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrol pada proses pembentukan
   Membuat produk yang dibuat dengan teknik sekrol,sebagai unsur dekor benda fungsional dan home decore
Tes
Observasi
Portofolio
Tugas
54 JP

3.2    Menjelaskan cara membuat produk yang dibuat dengan teknik sekrol pada proses pembentukan
3.3    Memilih alat pokok dan bantu serta bahan produk yang dibuat dengan teknik sekrol pada proses pembentukan sesuai teknik yang digunakan
4.1    Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menghayati mata pelajaran pengolahan kayu sebagai sarana untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidup umat manusia.





2.1    Menunjukkan sikap cermat, teliti  dan  tanggungjawab dalam mengindentifikasi kebutuhan bahan kayu masv,kayu lapis dan particle (MDF)





2.2    Menunjukkan sikap disiplin dan tanggungjawab dalam mengikuti langkah-langkah kerja sesuai prosedur





2.3    Menunjukkan sikap peduli, responsif, dan proaktif dalam penerapan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP






2.4    Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemanfaatan bahan kayu masiv, kayu lapis, particle (MDF) dan pembuangan limbah





3.1    Menjelaskan  jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrol
Produk yang dibuat dengan teknik sekrol

Mengamati
Mengamati  jenis produk yang dibuat dengan teknik scrol
Menanya
Menanyakan hal-hal yang terkait dengan  jenis  produk yang dibuat dengan teknik sekrol
Mengumpulkan data
Mengumpulkan informasi tentang  jenis  produk yang dibuat dengan teknik Mengasosiasikan
Mendiskusikan tentang  jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrol
Mengkomunikasikan
Membuat laporan secara lisan dan tertulis tentang   jenis  produk yang dibuat dengan teknik sekrol
Membuat  produk yang dibuat dengan teknik sekrol

Tes
Observasi
Portofolio
Tugas
48 JP

3.2    Menjelaskan cara membuat produk yang dibuat dengan teknik sekrol
3.3    Memilih alat pokok dan bantu serta bahan produk yang dibuat dengan teknik sekrol
4.1    Membuat produk dengan teknik sekroluar (manual)
4.2    Membuat produk dengan teknik sekrol  dalam (manual)
4.3    Membuat produk dengan teknik sekrol gabungan luar dan dalam (manual)
4.4    Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP


 SILABUS
                                                                                                                                   
Satuan Pendidikan                     : SMKN 1 SAJINGAN BESAR
Bidang keahlian                         : Seni Rupa dan Kriya
Program keahlian                      : Desain dan Produksi Kriya
Paket Keahlian                          : Desain dan Produksi Kriya Kayu
Mata Pelajaran                          : Pembuatan Produk dengan Teknik Sekrol
Kelas                                        : XII

Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

Kompetensi  Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menghayati mata pelajaran pengolahan kayu sebagai sarana untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidup umat manusia.





2.1    Menunjukkan sikap cermat, teliti  dan  tanggungjawab dalam mengindentifikasi kebutuhan bahan kayu masiv,kayu lapis dan particle (MDF)





2.2    Menunjukkan sikap disiplin dan tanggungjawab dalam mengikuti langkah-langkah kerja sesuai prosedur





2.3    Menunjukkan sikap peduli, responsif, dan proaktif dalam penerapan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP





2.4    Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemanfaatan bahan kayu dan pembuangan limbah





3.1    Menjelaskan  jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrol sebagai unsur dekorasi benda fungsional dan Home decore
Produk yang dibuat dengan teknik sekrol
Mengamati
   Mengamati  jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrolsebagai unsur dekorasi benda fungsional dan Home decore  
Menanya
Menanyakan hal-hal yang terkait dengan  jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrolsebagai unsur dekorasi benda fungsional dan Home decore
 Mengumpulkan data
   Mengumpulkan informasi tentang  jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrolsebagai unsur dekorasi benda fungsional dan Home decore  
Mengasosiasikan
  Mendiskusikan tentang  jenis produk yang dibuat dengan teknik sekrolsebagai unsur dekorasi benda fungsional dan Home decore
Mengkomunikasikan
   Membuat laporan secara lisan dan tertulis tentang   jenis  produk yang dibuat dengan teknik sekrolsebagai unsur dekorasi benda fungsional dan Home decore
   Membuat  produk yang dibuat dengan teknik sekrolsebagai unsur dekorasi benda fungsional dan Home decore
Tes
Observasi
Portofolio
Tugas
105 JP

3.2    Menjelaskan cara membuat  produk yang dibuat dengan teknik sekrolsebagai unsur dekorasi benda fungsional dan Home decore
3.3    Memilih alat pokok, bantu dan bahan produk yang dibuat dengan teknik sekrolsebagai unsur dekorasi benda fungsional dan Home decore   
4.1    Membuat  produk yang dibuat dengan teknik sekrol sebagai unsur dekorasi benda fungsional dan Home decore dengan teknik luar (masinal)  
4.2    Membuat  produk yang dibuat dengan teknik sekrolsebagai unsur dekorasi benda fungsional dan Home decore dengan teknik dalam (masinal)  
4.3    Membuat  produk yang dibuat dengan teknik sekrolsebagai unsur dekorasi benda fungsional dan Home decore dengan penggabungan teknik luar dan dalam (masinal)  
4.4    Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai SOP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SK PENGURUS KOPERASI

SOAL TEORI PRODUKTIF KRIA KAYU

Soal Latihan Tes TWK seleksi CPNS part: 2