ADIWIYATA (Checklist Kajian Lingkungan Sekolah)
Checklist Kajian Lingkungan Sekolah
Nama Sekolah :
Tanggal Pelaksanaan :
Kajian Lingkungan dilakukan untuk membantu komite lingkungan untuk memulai
program Adiwiyata di sekolah dengan mengidentifikasi kondisi lingkungan dan merencanakan
program pendidikan lingkungan. Data yang diperoleh juga berfungsi untuk melengkapi rencana aksi pendidikan lingkungan
(PLH) yang akan dilakukan sekolah.
Berikut ini adalah contoh langkah-langkah
yang dapat dilakukan sekolah untuk memulai kajian lingkungan.
1. Pembentukan Komite Lingkungan.
Terdiri atas guru dan siswa. Tim bertugas melakukan perencanaan kajian lingkungan dan mengkoordinir pelaksanaannya.
2. Kajian Lingkungan
Melakukan kajian lingkungan
sederhana, dan merencanakan kegiatan
yang dapat dilakukan dalam kerangka pendidikan lingkungan hidup. Masalah lingkungan hidup yang dapat dikaji antara lain:
- Sampah
- Air
- Energi
- Makanan dan kantin sekolah.
- Keanekaragaman Hayati
Tim
kajian lingkungan dapat dibagi menjadi beberapa sub tim, yang akan fokus pada satu topik. Hasil kajian lingkungan kemudian didiskusikan
dan dapat dipamerkan di sekolah untuk meningkatkan kepedulian masyarakat
sekolah akan masalah lingkungan hidup yang ada di sekolah.
Hasil kajian lingkungan ini juga akan menjadi dokumen penting bagi tim kajian lingkungan untuk memutuskan bentuk aksi lingkungan yang
dapat dilaksanakan. Kajianl ingkungan ini juga akan membantu sekolah dan masyarakat sekitar untuk mengembangkan PLH
yang berkelanjutan.
3. Aksi Pendidikan Lingkungan
Komite melakukan pembagian tugas dan melaksanakan kegiatanaksi
PLH.
4. Monitoring dan Evaluasi
Komite lingkungan
melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kemajuan kepedulian lingkungan masyarakat sekolah, dan mempublikasikan keberhasilan yang dicapai.
5. Kurikulum
Bersama
guru-guru mengidentifikasi topik-topik pembelajaran
yang dapat mengintegrasikan aksi kajian pendidikan lingkungan yang sedang dilakukan.
6. Semboyandan logo lingkungan
Membuat
logo dansemboyansebagaibentukkampanyependidikanlingkungan di sekolah.
Contoh Lembar Pengamatan dalam melakukan Kajian Lingkungan
Topik Pengamatan: Sampah
NamaSekolah
|
Tanggal
|
|||||||
Murid
Yang Terlibat :
|
||||||||
Pertanyaan
1:
Apakah sekolah
mempunyai kebijakan yang jelas terkait sampah?
|
Pertanyaan 6
Apakah sudah ada survei sampah di
sekitar lingkungan sekolah?
|
|||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|||||
Komentar
:
|
Komentar
:
|
|||||||
Pertanyaan
2
Apakah sudah
dilakukan?
|
Pertanyaan
7
Apakah letak tempat sampah sudah pada tempat yang
tepat?
|
|||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|||||
Komentar
:
|
Komentar
:
|
|||||||
Pertanyaan
3 :
Jika tidak, apakah sekolah melakukan kegiatan untuk menyelesaikan
isu tersebut?
|
Pertanyaan 8
Apakah pernah dilakukan pengamatan terhadap siswa untuk
menentukan jenis sampah yang terdapat disekitarnya?
|
|||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|||||
Komentar
:
|
Komentar
:
|
|||||||
Pertanyaan
4
Apakah jumlah
tempat sampah mencukupi dilingkungan sekolah?
|
Pertanyaan
9
Apakah sekolah menerapkan pemberian penghargaan atau sanksi bagi
yang membuang sampah sembarangan?
|
|||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|||||
Komentar
:
|
Komentar
:
|
|||||||
Pertanyaan
5
Apakah jumlah
tempat sampah mencukupi dilingkungan sekolah?
|
Pertanyaan
10
Apakah sekolah terlibat dalam kegiatan aksi pungut sampah
di lingkungan sekitar?
|
|||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|||||
Komentar
:
|
Komentar
:
|
Hal-hal positif yang ada di sekolah dan membuat kami
senang.
|
Hal-hal yang membutuhkan aksil ingkungan
|
Topik Pengamatan: Air
Nama Sekolah
|
Tanggal
|
|||||||
Murid
Yang Terlibat :
|
||||||||
Pertanyaan
1:
Apakah sekolah
memiliki data penggunaan air
|
Pertanyaan 6
Apakah siswa mengetahui cara
menjernihkan air ?
|
|||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|||||
Komentar
:
|
Komentar
:
|
|||||||
Pertanyaan
2
Apakah sekolah
memiliki system untuk mengontrol penggunaan air?
|
Pertanyaan
7
Apakah siswa
paham dan peduli terhadap masalah siklus air?
|
|||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|||||
Komentar
:
|
Komentar
:
|
|||||||
Pertanyaan
3 :
Apabila ada keran yang rusak, apakah sekolah segera melakukan
perbaikan?
|
Pertanyaan 8
Apakah air hujan yang jatuh dari atap atau talang air
ditampung dan dimanfaatkan oleh sekolah?
|
|||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|||||
Komentar
:
|
Komentar
:
|
|||||||
Pertanyaan 4
Apakah control penggunaan air juga diterapkan di
toilet?
|
Pertanyaan
9
Apakah
air hujan yang ditampung digunakan untuk menyiram tanaman?
|
|||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|||||
Komentar
:
|
Komentar
:
|
|||||||
Pertanyaan
5
Apakah pengontrolan
penggunaan volume air yang kecildiaplikasi pula di toilet?
|
Pertanyaan
10
Apakah siswa telah melakukan penelitian sederhana tentang sumber polusi
air?
|
|||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|||||
Komentar
:
|
Komentar
:
|
Hal-hal positif yang ada di sekolah dan membuat kami
senang.
|
Hal-hal yang membutuhkan aksi lingkungan
|
Topik Pengamatan: Keanekaragaman Hayati
NamaSekolah
|
Tanggal
|
||||||||
Murid
Yang Terlibat :
|
|||||||||
Pertanyaan
1:
Apakah sekolah
memiliki panduan etika untuk menghargai dan merawat makhluk hidup?
|
Pertanyaan 6
Apakah siswa mendapatkan kesempatan
untuk melakukan observasi dan belajar di alam melalui berbagai kegiatan
sekolah
|
||||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||||||
Komentar
:
|
Komentar
:
|
||||||||
Pertanyaan
2
Apakah sekolah
menyediakan areal yang memfasilitasi berkembangnya keanekaragaman hayati?
|
Pertanyaan
7
Apakah setiap
tahun sekolah mengadakan kegiatan untuk memperkenalkan keanekaragaman hayati
di tingkat local?
|
||||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||||||
Komentar
:
|
Komentar
:
|
||||||||
Pertanyaan
3 :
Apakah setiap
orang yang berkunjung kesekolah dapat mudah mengenali bahwa sekolah peduli pada
semua makhluk hidup?
|
Pertanyaan 8
Apakah ada hal-hal lain yang dapat dilakukan sekolah
untuk menjadikan halaman sekolah dan areal sekitarnya sebagai tempat untuk
mengembangkan keanekaragaman hayati?
|
||||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||||||
Komentar
:
|
Komentar
:
|
||||||||
Pertanyaan
4
Apakah ada
sistem monitoring terhadap kehidupan makhluk
hidup (hewan dan tumbuhan) di sekolah dan juga habitatnya?
|
Pertanyaan
9
Apakah ada
ekosistem (sungai, danau, hutan, pantai, dll) yang mudah dijangkau oleh sekolah
dan dapat diadopsi, dimonitor dan dirawat oleh sekolah?
|
||||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||||||
Komentar
:
|
Komentar
:
|
||||||||
Pertanyaan 5
Apakah hasil monitoring dikumpulkan dalam bentuk data
lengkap?
|
Pertanyaan
10
Apakah halaman sekolahdan area di sekitar sekolah dapat dipakai oleh
siswa untuk menanam dan merawat tanaman?
|
||||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||||||
Komentar
:
|
Komentar
:
|
||||||||
Hal-hal positif yang ada di sekolah dan membuat kami
senang.
|
Hal-hal yang membutuhkan aksi lingkungan
|
Topik Pengamatan:
Makanan dan lingkungan sekolah
Nama Sekolah
|
Tanggal
|
|||||||||
Murid
Yang Terlibat :
|
||||||||||
Pertanyaan
1:
Apakah sekolah
memiliki criteria (bebas pewarna, bebas pengawet, bebas MSG, dll) untuk makanan
yang diijinkan dijual di sekolah
|
Pertanyaan 6
Apakah sekolah membuat kompos dari
limbah kantin?
|
|||||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|||||||
Komentar
:
|
Komentar
:
|
|||||||||
Pertanyaan
2
Apakah sekolah menyediakan program pembinaan untuk para
penjual makanan di kantin sekolah?
|
Pertanyaan 7
Apakah sekolah memonitor jenis dan jumlah sampah kemasan
makanan?
|
|||||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|||||||
Komentar
:
|
Komentar
:
|
|||||||||
Pertanyaan
3 :
Apakah sekolah memiliki sistem pengontrolan kualitasmakanan yang dijual di kantin sekolah.
|
Pertanyaan 8
Apakah sekolah menyediakan program bagi siswa untuk belajar
mengolah makanan dan minuman sehat?
|
|||||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|||||||
Komentar
:
|
Komentar
:
|
|||||||||
Pertanyaan
4
Apakah sekolah melakukan survey tentang limbah dari kantin,
danmendiskusikantentang system dan teknologi untuk mengurangi limbah dari tersebut?
|
Pertanyaan
9
Apakah sekolah memfasilitasi siswa untuk peduli
terhadap isu produki pangan dunia, dan memberikan kesempatan pada siswa
melakukan aksi pendidkan untuk menjamin bahwa makanan yang mereka konsumsi
tidak memberikan dampak negatif terhadap produksi pangan dunia?
|
|||||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|||||||
Komentar
:
|
Komentar
:
|
|||||||||
Pertanyaan 5
Apakah sekolah meyediakan makanan yang diproduksi dari halaman
sekolah?
|
Pertanyaan 10
Apakah siswa belajar mengenai budaya makanan internasional
dan membandingkannya dengan budaya makanan lokal
|
|||||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|||||||
Komentar
:
|
Komentar
:
|
|||||||||
Hal-hal positif yang ada di sekolah dan membuat
kami senang.
|
Hal-hal yang membutuhkan aksi lingkungan
|
Komentar
Posting Komentar