ADIWIYATA (Checklist Kajian Lingkungan Sekolah)


Checklist  Kajian Lingkungan Sekolah


Nama Sekolah                       :
Tanggal Pelaksanaan            :

Kajian Lingkungan dilakukan untuk membantu komite lingkungan untuk memulai program Adiwiyata di sekolah dengan mengidentifikasi kondisi lingkungan dan merencanakan program pendidikan lingkungan. Data yang diperoleh juga berfungsi untuk melengkapi rencana aksi pendidikan lingkungan (PLH) yang akan dilakukan sekolah.

Berikut ini adalah contoh langkah-langkah yang dapat dilakukan sekolah untuk memulai kajian lingkungan.

1.       Pembentukan Komite Lingkungan.
Terdiri atas guru dan siswa. Tim bertugas melakukan perencanaan kajian lingkungan dan mengkoordinir pelaksanaannya.

2.       Kajian Lingkungan
Melakukan kajian lingkungan sederhana, dan merencanakan kegiatan yang dapat dilakukan dalam kerangka pendidikan lingkungan hidup. Masalah lingkungan hidup yang dapat dikaji antara lain:
  • Sampah
  • Air
  • Energi
  • Makanan dan kantin sekolah.
  • Keanekaragaman Hayati

Tim kajian lingkungan dapat dibagi menjadi beberapa sub tim, yang akan fokus pada satu topik.  Hasil kajian lingkungan kemudian didiskusikan dan dapat dipamerkan di sekolah untuk meningkatkan kepedulian masyarakat sekolah akan masalah lingkungan hidup yang ada di sekolah.

Hasil kajian lingkungan ini juga akan menjadi dokumen penting bagi tim kajian lingkungan untuk memutuskan bentuk aksi lingkungan yang dapat dilaksanakan. Kajianl ingkungan ini juga akan membantu sekolah dan masyarakat sekitar untuk mengembangkan PLH yang berkelanjutan.

3.       Aksi Pendidikan Lingkungan
Komite melakukan pembagian tugas dan melaksanakan kegiatanaksi PLH.

4.       Monitoring dan Evaluasi
Komite lingkungan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kemajuan kepedulian lingkungan masyarakat sekolah, dan mempublikasikan keberhasilan yang dicapai.

5.       Kurikulum
Bersama guru-guru mengidentifikasi topik-topik pembelajaran yang dapat mengintegrasikan aksi kajian pendidikan lingkungan yang sedang dilakukan.

6.       Semboyandan logo lingkungan
Membuat logo dansemboyansebagaibentukkampanyependidikanlingkungan di sekolah.


           Contoh Lembar Pengamatan dalam melakukan Kajian Lingkungan

            Topik Pengamatan:  Sampah

NamaSekolah
Tanggal
Murid Yang Terlibat :
Pertanyaan 1:
Apakah sekolah mempunyai kebijakan yang jelas terkait sampah?
Pertanyaan 6
Apakah sudah ada survei sampah di sekitar lingkungan sekolah?
Ya

Tidak


Ya

Tidak

Komentar :

Komentar :
Pertanyaan 2
Apakah sudah dilakukan?
Pertanyaan 7
Apakah letak tempat sampah sudah pada tempat yang tepat?
Ya

Tidak


Ya

Tidak

Komentar :
Komentar :
Pertanyaan 3 :
Jika tidak, apakah sekolah melakukan kegiatan untuk menyelesaikan isu tersebut?
Pertanyaan 8
Apakah pernah dilakukan pengamatan terhadap siswa untuk menentukan jenis sampah yang terdapat disekitarnya?
Ya

Tidak


Ya

Tidak

Komentar :
Komentar :
Pertanyaan 4
Apakah jumlah tempat sampah mencukupi dilingkungan sekolah?
Pertanyaan 9
Apakah sekolah menerapkan pemberian penghargaan atau sanksi bagi yang membuang sampah sembarangan?
Ya

Tidak


Ya

Tidak

Komentar :
Komentar :
Pertanyaan 5
Apakah jumlah tempat sampah mencukupi dilingkungan sekolah?
Pertanyaan 10
Apakah sekolah terlibat dalam kegiatan aksi pungut sampah di lingkungan sekitar?
Ya

Tidak


Ya

Tidak

Komentar :
Komentar :


Hal-hal positif yang ada di sekolah dan membuat kami senang.




Hal-hal yang membutuhkan aksil ingkungan



                   Topik Pengamatan:  Air

Nama Sekolah
Tanggal
Murid Yang Terlibat :
Pertanyaan 1:
Apakah sekolah memiliki data penggunaan air
Pertanyaan 6
Apakah siswa mengetahui cara menjernihkan air ?
Ya

Tidak


Ya

Tidak

Komentar :

Komentar :
Pertanyaan 2
Apakah sekolah memiliki system untuk mengontrol penggunaan air?
Pertanyaan 7
Apakah siswa paham dan peduli terhadap masalah siklus air?
Ya

Tidak


Ya

Tidak

Komentar :
Komentar :
Pertanyaan 3 :
Apabila ada keran yang rusak, apakah sekolah segera melakukan perbaikan?
Pertanyaan 8
Apakah air hujan yang jatuh dari atap atau talang air ditampung dan dimanfaatkan oleh sekolah?
Ya

Tidak


Ya

Tidak

Komentar :
Komentar :
Pertanyaan 4
Apakah control penggunaan air juga diterapkan di toilet?
Pertanyaan 9
Apakah air hujan yang ditampung digunakan untuk menyiram tanaman?
Ya

Tidak


Ya

Tidak

Komentar :
Komentar :
Pertanyaan 5
Apakah pengontrolan penggunaan volume air yang kecildiaplikasi pula di toilet?
Pertanyaan 10
Apakah siswa telah melakukan penelitian sederhana tentang sumber polusi air?
Ya

Tidak


Ya

Tidak

Komentar :
Komentar :


Hal-hal positif yang ada di sekolah dan membuat kami senang.





Hal-hal yang membutuhkan aksi lingkungan



                Topik Pengamatan:  Keanekaragaman Hayati

NamaSekolah
Tanggal
Murid Yang Terlibat :
Pertanyaan 1:
Apakah sekolah memiliki panduan etika untuk menghargai dan merawat makhluk hidup?
Pertanyaan 6
Apakah siswa mendapatkan kesempatan untuk melakukan observasi dan belajar di alam melalui berbagai kegiatan sekolah
Ya

Tidak


Ya

Tidak

Komentar :


Komentar :
Pertanyaan 2
Apakah sekolah menyediakan areal yang memfasilitasi berkembangnya keanekaragaman hayati?
Pertanyaan 7
Apakah setiap tahun sekolah mengadakan kegiatan untuk memperkenalkan keanekaragaman hayati di tingkat local?
Ya

Tidak


Ya

Tidak

Komentar :
Komentar :
Pertanyaan 3 :
Apakah setiap orang yang berkunjung kesekolah dapat mudah mengenali bahwa sekolah peduli pada semua makhluk hidup?
Pertanyaan 8
Apakah ada hal-hal lain yang dapat dilakukan sekolah untuk menjadikan halaman sekolah dan areal sekitarnya sebagai tempat untuk mengembangkan keanekaragaman hayati?
Ya

Tidak


Ya

Tidak

Komentar :
Komentar :

Pertanyaan 4
Apakah ada sistem  monitoring terhadap kehidupan makhluk hidup (hewan dan tumbuhan) di sekolah dan juga habitatnya?
Pertanyaan 9
Apakah ada ekosistem (sungai, danau, hutan, pantai, dll) yang mudah dijangkau oleh sekolah dan dapat diadopsi, dimonitor dan dirawat oleh sekolah?
Ya

Tidak


Ya

Tidak

Komentar :
Komentar :
Pertanyaan 5
Apakah hasil monitoring dikumpulkan dalam bentuk data lengkap?
Pertanyaan 10
Apakah halaman sekolahdan area di sekitar sekolah dapat dipakai oleh siswa untuk menanam dan merawat tanaman?
Ya

Tidak


Ya

Tidak

Komentar :
Komentar :












Hal-hal positif yang ada di sekolah dan membuat kami senang.




Hal-hal yang membutuhkan aksi lingkungan






                                                       Topik Pengamatan:  Makanan dan lingkungan sekolah

Nama Sekolah
Tanggal
Murid Yang Terlibat :
Pertanyaan 1:
Apakah sekolah memiliki criteria (bebas pewarna, bebas pengawet, bebas MSG, dll) untuk makanan yang diijinkan dijual di sekolah
Pertanyaan 6
Apakah sekolah membuat kompos dari limbah kantin?
Ya

Tidak


Ya

Tidak


Komentar :

Komentar :
Pertanyaan 2
Apakah sekolah menyediakan program pembinaan untuk para penjual makanan di kantin sekolah?
Pertanyaan 7
Apakah sekolah memonitor jenis dan jumlah sampah kemasan makanan?
Ya

Tidak


Ya

Tidak


Komentar :
Komentar :
Pertanyaan 3 :
Apakah sekolah memiliki sistem pengontrolan kualitasmakanan  yang dijual di kantin sekolah.
Pertanyaan 8
Apakah sekolah menyediakan program bagi siswa untuk belajar mengolah makanan dan minuman sehat?
Ya

Tidak


Ya

Tidak


Komentar :
Komentar :
Pertanyaan 4
Apakah sekolah melakukan survey tentang limbah dari kantin, danmendiskusikantentang system dan teknologi untuk mengurangi limbah dari tersebut?
Pertanyaan 9
Apakah sekolah memfasilitasi siswa untuk peduli terhadap isu produki pangan dunia, dan memberikan kesempatan pada siswa melakukan aksi pendidkan untuk menjamin bahwa makanan yang mereka konsumsi tidak memberikan dampak negatif terhadap produksi pangan dunia?
Ya

Tidak


Ya

Tidak


Komentar :
Komentar :
Pertanyaan 5
Apakah sekolah meyediakan makanan yang diproduksi dari halaman sekolah?
Pertanyaan 10
Apakah siswa belajar mengenai budaya makanan internasional dan membandingkannya dengan budaya makanan lokal
Ya

Tidak


Ya

Tidak


Komentar :
Komentar :












Hal-hal positif yang ada di sekolah dan membuat kami senang.


Hal-hal yang membutuhkan aksi lingkungan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SK PENGURUS KOPERASI

SK PENJAGA SEKOLAH